9 Manfaat Teh Kayu Manis untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Kanker!

(0)
18 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Teh kayu manis memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, salah satunya turunkan gula darah.Selain beraroma wangi, ternyata teh kayu manis juga memiliki manfaat untuk kesehatan.
Kayu manis adalah rempah yang diambil dari ranting pohon Cinnamomum. Aroma harumnya menjadikan kayu manis sebagai bumpu dapur yang serbaguna. Selain itu, rempah ini juga dapat dinikmati dalam bentuk teh. Sayangnya, masih jarang yang tahu kalau teh kayu manis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat teh kayu manis yang luar biasa

Teh kayu manis mengandung berbagai senyawa alami yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya bahkan sudah terbukti secara ilmiah. Mari kenali berbagai manfaat teh kayu manis berikut ini.

1. Mengandung antioksidan yang melimpah

Teh kayu manis mengandung berbagai macam antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Inilah alasan mengapa teh kayu manis dinilai ampuh mencegah diabetes, kanker, hingga penyakit jantung.Sebuah penelitian membuktikan bahwa teh kayu manis dapat meningkatkan kapasitas total antioksidan sehingga lebih banyak radikal bebas yang bisa diatasi.

2. Menyehatkan jantung

Teh kayu manis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang tidak boleh diremehkanb
Selain harum aromanya, teh kayu manis juga bermanfaat untuk kesehatan
Teh kayu manis terbukti mengandung senyawa yang dapat meredakan peradangan, tekanan darah, trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL).Lebih dari itu, teh ini dipercaya ampuh dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL). Faktor-faktor inilah yang menyebabkan teh kayu manis baik untuk kesehatan jantung.Salah satu jenis kayu manis bernama cassia, mengandung coumarin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan penggumpalan darah.Namun ingat, mengonsumsi coumarin dalam jumlah banyak dapat membahayakan fungsi organ hati dan meningkatkan risiko perdarahan. Maka dari itu, jangan mengonsumi teh kayu manis secara berlebihan.

3. Menurunkan gula darah

Kayu manis dianggap bisa menyamai fungsi insulin, yaitu hormon yang bertanggung jawab dalam mengeluarkan gula dari aliran darah dan masuk ke dalam jaringan tubuh.Tidak hanya itu, berbagai senyawa yang dikandung teh kayu manis dinilai ampuh menurunkan gula darah dengan memaksimalkan fungsi insulin di dalam tubuh.Teh ini juga dikenal bisa memperlambat proses pemecahan karbohidrat di dalam usus sehingga naiknya gula darah setelah makan dapat dicegah.

4. Melawan bakteri dan jamur

Teh kayu manis mengandung zat antibakteri dan antijamur. Di dalam sebuah tes tabung, kayu manis terbukti mengandung cinnamaldehyde, yakni komponen aktif yang dapat mencegah perkembangan bakteri dan jamur, seperti Staphylococcus, Salmonella, dan E. coli.Ditambah lagi, zat antibakteri teh kayu manis dapat mengatasi bau mulut dan gigi berlubang.

5. Meredakan nyeri haid

Masih jarang yang tahu bahwa teh kayu manis mengandung zat analgesik dan antikoagulan yang dapat meredakan rasa nyeri dan kram saat menstruasi. Sebuah studi membuktikan, teh kayu manis juga dipercaya dapat mengurangi tingkat keparahan masa haid.

6. Mencegah penuaan kulit

Teh kayu manis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan
Teh kayu manis dipercaya dapat mencegah penuaan kulit
Berbagai penelitian juga membuktikan bahwa teh kayu manis dapat merangsang pembentukan kolagen dan meningkatkan hidrasi sekaligus elastisitas kulit. Berbagai faktor ini membuat teh kayu manis dipercaya bisa mencegah penuaan pada kulit.

7. Mencegah kanker

Tes tabung membuktikan bahwa ekstrak kayu manis dapat membunuh berbagai macam sel kanker, termasuk kanker kulit. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaatnya yang satu ini.

8. Menjaga fungsi otak

Tes tabung dan studi hewan uji menyatakan bahwa teh kayu manis dapat menjaga sel otak dari penyakit Alzheimer. Tidak hanya itu, kayu manis juga dinilai efektif dalam meningkatkan fungsi motorik pasien Parkinson.

9. Meningkatkan sistem imun

Berbagai senyawa organik yang dikandung teh kayu manis memiliki sifat antivirus, antijamur, dan antiseptik. Inilah alasan mengapa teh kayu manis dipercaya bisa meningkatkan sistem imun.Terlebih lagi, teh kayu manis juga mengandung antioksidan yang bisa menetralisir dan membunuh patogen asing sehingga infeksi dan penyakit dapat dicegah.

Cara membuat teh kayu manis

Setelah mengetahui berbagai manfaat teh kayu manis di atas, kini saatnya Anda memahami cara membuatnya di rumah.Terdapat beberapa bahan yang dibutuhkan, di antaranya kayu manis (baik dalam bentuk batang atau bubuk), air mendidih, satu cangkir susu (opsional), dan satu sendok makan madu (opsional).Setelah semua bahannya sudah terkumpul, ikutilah langkah-langkahnya ini:
  • Rebuslah air dan masukkan kayu manis ke dalamnya
  • Biarkan kayu manis terendam selama 8-10 menit
  • Jika Anda menggunakan kayu manis berbentuk batang, jangan buang batangnya karena masih bisa digunakan lagi
  • Tuangkan ke dalam cangkir dan tambahkan susu atau madu.
Selain mudah dibuat, teh kayu manis memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencobanya dengan resep tambahan pilihan Anda.Bagi Anda yang khawatir dengan masalah kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehattehhidup sehatbuah dan sayuran
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266069
Diakses pada 2 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/cinnamon-tea-benefits
Diakses pada 2 Januari 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/beverage/cinnamon-tea.html
Diakses pada 2 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait