Atasi Jerawat dan Penuaan Dini dengan Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

Manfaat teh hijau untuk wajah dapat beragam, termasuk atasi jerawat dan penuaan dini
Teh hijau berkhasiat untuk mengatasi beragam masalah wajah

Jika Anda adalah penggemar teh hijau, bekas teh nya jangan sampai dibuang. Sebab, ada beragam manfaat teh hijau untuk wajah yang mungkin tak pernah Anda dengar sebelumnya

Teh ini memang sangat kaya dengan senyawa polifenol, yang memiliki sifat antiperadangan. Tak hanya polifenol, teh hijau juga mengantongi berbagai vitamin yang bermanfaat untuk wajah dan kulit. Apa saja?

Manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit yang bisa dicoba di rumah

Tak hanya menghangatkan tubuh, ini manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit yang lebih terawat:

1. Melawan penuaan dini

Teh hijau mengandung molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Menurut studi yang dilakukan ahli di Medical College of Georgia di Amerika Serikat, EGCG memiliki khasiat untuk meremajakan sel kulit mati.

EGCG dapat melawan tanda-tanda penuaan dengan melindungi dan memperbaiki sel kulit wajah, serta membantu mengatasi kulit kusam agar terlihat lebih sehat.

Tak hanya EGCG, vitamin B2 dalam teh hijau membantu menjaga kadar kolagen di kulit. Dengan adanya vitamin B2, kekencangan kulit dapat terjaga dan membuatnya lebih terlihat muda.

2. Mengatasi jerawat dan kulit berminyak

Teh hijau secara umum memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antiperadangan. Dengan sifatnya tersebut, teh hijau memiliki potensi khasiat untuk menangani masalah kulit yang mungkin paling membuat Anda pusing: jerawat dan kulit berminyak.

masker teh hijau
Teh hijau sering dijadikan masker sebagai bagian dari perawatan wajah

Kandungan polifenol dalam teh hijau, saat diaplikasikan ke kulit, dapat mengurangi produksi minyak di kulit. Anda mungkin tahu, minyak berlebih tersebut dapat memicu jerawat.

Tak sampai di situ, polifenol dalam teh hijau juga mampu melawan infeksi dengan merusak membran bakteri. Dengan kemampuannya tersebut, teh hijau bisa Anda coba untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat membandel.

3. Melembapkan kulit

Teh hijau kaya dengan beragam vitamin, termasuk vitamin E. Vitamin E telah dikenal berkhasiat untuk menjaga hidrasi dan kelembapan kulit.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam The Dermatologic Theraphy, partisipan riset yang mengoleskan ekstrak teh hijau di area lengan merasakan kulit mereka lebih lembap, serta kekasaran kulit yang menurun.

4. Membantu melawan kanker kulit

Selain EGCG, teh hijau juga mengandung epicatechin gallate (ECG). Molekul ini juga memiliki efek antioksidan yang dapat melawan radikal bebas berlebih, si perusak sel tubuh. Radikal bebas juga dapat memicu penyakit, termasuk di antaranya kanker kulit.

Menurut studi tahun 2010 silam, efek antioksidan EGCG dapat memperbaiki kerusakan DNA pada sel kulit akibat sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

5. Meredakan kulit kemerahan dan iritasi

Manfaat teh hijau untuk wajah lainnya adalah meredakan kemerahan dan iritasi, berkat sifat antiradangnya dari polifenolnya. Bahkan, mengaplikasikan teh hijau juga dipercaya meringankan luka sayatan kecil dan kondisi sunburn.

Beberapa studi juga mengungkapkan potensi teh hijau untuk mengatasi iritasi karena beragam masalah kulit, seperti iritasi karena psoriasis, dermatitis, dan rosacea.

Cara membuat masker teh hijau untuk mendapatkan manfaatnya

Untuk mendapatkan berbagai manfaat teh hijau untuk wajah di atas, membuatnya menjadi masker amat mudah untuk dilakukan. Anda tinggal menyiapkan bahan dan alat berikut:

  • 1 sdt teh hijau
  • 1 sdt bubuk soda kue
  • 1 sdt madu
  • Air (opsional)
  • Mangkuk pengaduk
  • Sendok pengukur

Untuk membuat masker teh hijau, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Ambil kantong teh hijau yang baru saja Anda seduh, masukkan ampas daunnya ke mangkuk.
  • Tambahkan soda kue dan madu ke mangkuk, untuk membuatnya menyerupai pasta. Jika campuran tersebut terlalu kental, tambahkan beberapa tetes air.
  • Bersihkan wajah sebelum mengoleskan pasta tersebut agar masker teh hijau bisa menembus pori-pori.
  • Oleskan masker secara merata di wajah, kemudian pijat dengan lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran dari pori-pori.
  • Diamkan masker di kulit wajah selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.
  • Untuk hasil dan manfaat teh hijau yang optimal, Anda bisa mengoleskan masker tersebut 1-3 kali dalam seminggu.
adonan teh hijau
Anda tinggal mencampurkan daun teh hijau dengan sedikit madu dan baking soda

Anda juga bisa membeli masker teh hijau siap pakai. Walau begitu, pastikan bahan yang digunakan adalah 100% teh hijau dan aman untuk semua jenis kulit. Anda juga tidak disarankan untuk membeli masker teh hijau yang mengandung pewangi, pewarna, dan pengawet buatan.

Adakah efek samping ampas teh hijau untuk wajah?

Risiko penggunaan teh hijau untuk wajah umumnya kecil. Walau begitu, jika Anda pertama kali untuk mencoba khasiat teh ini di wajah, Anda disarankan untuk mengoleskan sedikit dulu ke kulit siku.

Reaksi alergi teh hijau yang dioleskan ke kulit dapat berupa kulit kemerahan, rasa gatal, pembengkakan, dan sensasi terbakar.

Apabila Anda memiliki kulit yang sensitif dan memiliki riwayat alergi setelah minum teh hijau, Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, sebelum mencoba manfaat teh hijau untuk wajah ini.

Dengan beragam manfaat teh hijau untuk wajah di atas, apakah Anda tertarik untuk mencobanya di rumah?

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/green-tea-face-mask
Diakses pada 6 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-green-tea-for-skin#green-tea-and-the-skin-around-your-eyes
Diakses pada 6 Januari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23742288
Diakses pada 6 Januari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3077767/
Diakses pada 6 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed