7 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah yang Menakjubkan dan Cara Membuat Maskernya

(0)
06 Jan 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat teh hijau untuk wajah beragam mulai dari mengatasi jerawat dan mencegah penuaan diniManfaat teh hijau untuk wajah bisa didapat dari ampasnya yang sudah tidak digunakan lagi
Bagi Anda penggemar minuman teh hijau, jangan terburu-buru membuang ampas teh saat mengonsumsinya. Sebab, ada banyak manfaat teh hijau untuk wajah yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Apa saja manfaat green tea untuk wajah?

Manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit terawat

Manfaat teh hijau untuk kesehatan ternyata tidak hanya didapat dengan cara mengonsumsi minuman teh hijau, melainkan juga bisa diolah menjadi produk perawatan wajah. Salah satunya adalah masker wajah. Berbagai kandungan teh hijau di dalamnya menawarkan manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit yang lebih terawat.

1. Melawan penuaan dini

Manfaat teh hijau untuk wajah adalah mengatasi jerawat dan kulit berminyak
Teh hijau sering dijadikan sebagai masker wajah 
Salah satu manfaat teh hijau untuk wajah adalah memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Hal ini karena teh hijau mengandung molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Menurut sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Medical College of Georgia di Amerika Serikat, EGCG memiliki khasiat untuk meremajakan sel kulit mati.EGCG dapat melawan tanda-tanda penuaan dengan melindungi kulit dan memperbaiki sel kulit wajah, serta membantu mengatasi kulit kusam agar terlihat lebih sehat.Tak hanya EGCG, khasiat vitamin B2 dalam teh hijau dapat membantu menjaga kadar kolagen pada kulit. Dengan adanya vitamin B2, kulit kencang dapat terjaga sehingga membuatnya lebih awet muda.

2. Mengatasi jerawat dan kulit berminyak

Manfaat teh hijau untuk wajah berjerawat ternyata benar adanya. Teh hijau secara umum memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan anti peradangan. Berkat sifatnya tersebut, potensi manfaat ampas teh hijau untuk wajah berjerawat dan kulit berminyak dapat muncul. Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Anda mungkin tahu kalau produksi minyak berlebih dapat menjadi salah satu penyebab jerawat timbul.Tak sampai di situ, kandungan polifenol sebagai manfaat teh hijau untuk wajah juga mampu melawan infeksi dengan cara merusak membran bakteri. Dengan kemampuannya tersebut, manfaat ampas teh hijau untuk wajah berjerawat bisa Anda coba guna menghentikan infeksi bakteri penyebab jerawat membandel.

3. Melembapkan kulit

Manfaat teh hijau untuk wajah adalah melembapkan kulit
Kulit terasa lebih lembap berkat masker teh hijau
Melembapkan kulit juga menjadi manfaat teh hijau untuk wajah. Teh hijau kaya dengan berbagai macam vitamin, termasuk vitamin E. Fungsi vitamin E telah dikenal berkhasiat untuk menjaga hidrasi dan kelembapan kulit.Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam The Dermatologic Therapy, para partisipan yang mengoleskan ekstrak teh hijau pada area lengan mengaku kulitnya terasa lebih lembap dan lembut (tidak lagi kasar kering bersisik). 

4. Membantu melawan kanker kulit

Manfaat teh hijau untuk wajah diyakini dapat membantu melawan kanker kulit. Selain EGCG, teh hijau juga mengandung epicatechin gallate (ECG). Molekul tersebut juga memiliki efek antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, penyebab sel tubuh rusak. Radikal bebas inilah yang dapat memicu penyakit, termasuk kanker kulit.Menurut hasil studi, efek antioksidan EGCG dapat memperbaiki kerusakan DNA pada sel kulit akibat sinar ultraviolet (UV) dari matahari sekaligus melindungi kulit.

5. Meredakan kulit kemerahan dan iritasi

Manfaat teh hijau untuk wajah bisa meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit
Teh hijau mengandung zat antiradang untuk mengatasi kulit memerah dan iritasi
Manfaat masker teh hijau lainnya adalah meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit. Manfaat teh hijau ini muncul berkat sifat antiradang yang berasal dari kandungan polifenol. Bahkan, mengoleskan masker ampas teh hijau juga dipercaya meringankan luka sayatan kecil dan kondisi sunburn atau luka bakar akibat terpapar sinar matahari.Beberapa studi juga mengungkapkan potensi manfaat masker teh hijau untuk mengatasi iritasi akibat berbagai masalah kulit, seperti psoriasis, dermatitis, dan rosacea.

6. Mengurangi sebum berlebihan

Manfaat teh hijau untuk wajah selanjutnya adalah mengurangi produksi sebum berlebih. Sebuah studi membuktikan sekitar 22 pria sebagai partisipan mencoba menggunakan ekstrak teh hijau untuk wajah. Dalam 60 hari, ternyata sekresi sebum di wajah dapat berkurang secara signifikan. Produksi sebum berlebih di wajah rentan menyebabkan munculnya jerawat. Jadi, tak ada salahnya mencoba manfaat teh hijau untuk wajah berjerawat agar produksi sebum berlebih di wajah Anda dapat dikendalikan.

7. Mengatasi area mata sembap

Manfaat ampas teh hijau untuk wajah ternyata juga dapat mengatasi area mata membengkak atau sembap. Anda cukup mengompres area mata dengan kantong teh hijau dingin yang sudah tidak digunakan selama 30 menit untuk mendapatkan manfaat green tea untuk wajah satu ini. Sebuah artikel ilmiah yang dimuat dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, kandungan kafein dalam teh hijau dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan yang terjadi. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifan manfaat ampas teh hijau ini. 

Cara memperoleh manfaat masker teh hijau dan madu serta bahan alami lainnya

Manfaat teh hijau untuk wajah bisa didapat dengan cara membuat masker wajah
Anda bisa membuat masker teh hijau dan bahan-bahan alami lainnya
Untuk mendapatkan berbagai manfaat teh hijau untuk wajah di atas, Anda bisa menerapkan cara membuat masker teh hijau di rumah dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara membuat masker teh hijau dan bahan alaminya sesuai jenis kulit wajah. 

1. Masker teh hijau dan madu untuk kulit kering

Bagi pemilik kulit kering, Anda bisa mendapatkan manfaat masker teh hijau dan madu. Anda cukup menyiapkan berbagai alat dan bahan sebagai berikut:
  • 1 sdt teh hijau
  • 1 sdt bubuk soda kue
  • 1 sdt madu
  • Air (opsional)
  • Mangkuk kecil
  • Sendok ukur
Setelah alat dan bahan siap, Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat masker teh hijau dan madu berikut ini:
  • Ambil kantong teh hijau yang baru saja Anda seduh dan tidak digunakan kembali, lalu masukkan ampas daunnya ke dalam mangkuk.
  • Tambahkan soda kue dan madu ke dalam mangkuk untuk membuatnya menjadi pasta. Jika campuran tersebut terlalu kental, tambahkan beberapa tetes air. Aduk merata.
  • Bersihkan wajah sebelum memperoleh manfaat masker teh hijau dan madu tersebut agar masker teh hijau dapat menembus pori-pori kulit secara maksimal.
  • Oleskan masker teh hijau dan madu secara merata pada permukaan wajah dengan jari-jari tangan atau kuas bersih.
  • Pijat kulit wajah dengan lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran dari pori-pori.
  • Diamkan masker teh hijau dan madu di kulit wajah selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat.
Untuk memperoleh manfaat masker teh hijau dan madu yang optimal, Anda bisa mengoleskan masker green tea dan madu 1-3 kali dalam seminggu. 

2. Masker teh hijau dan daun mint untuk kulit normal dan kulit kombinasi

Pemilik kulit normal dan kulit kombinasi bisa membuat masker teh hijau dan mint. Kandungan pada daun mint dapat memberi efek menenangkan pada kulit Anda. Anda bisa menyiapkan 2 sendok makan bubuk green tea, 2 sendok makan daun mint yang sudah dihaluskan, 1 sendok makan madu. Cara membuat masker teh hijau dan daun mint adalah sebagai berikut:
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan seluruh bahan di atas. Aduk merata sampai menjadi pasta kental yang lembut.
  • Oleskan masker teh hijau pada permukaan wajah Anda menggunakan jari-jari tangan atau kuas bersih. Hindari area mata dan bibir.
  • Diamkan masker sampai mengering selama 10-15 menit. 
  • Bilas wajah menggunakan air dingin, lalu keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuknya perlahan menggunakan handuk bersih. 

3. Masker teh hijau dan tepung beras untuk kulit berminyak

Masker wajah dari teh hijau, lemon, dan tepung beras bisa digunakan oleh Anda yang memiliki kulit berminyak. Lemon kaya akan vitamin C yang dapat mengatasi peradangan dan hiperpigmentasi. Sedangkan, tepung beras memiliki tekstur kasar yang dapat membantu pengelupasan kulit. Anda bisa menyiapkan bahan-bahan, seperti 2 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan bubuk green tea, dan 1 sendok makan air lemon. Cara membuat masker teh hijau, lemon, dan tepung beras ini adalah sebagai berikut:
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan seluruh bahan di atas. Aduk merata sampai menjadi pasta kental yang lembut.
  • Oleskan masker teh hijau pada permukaan wajah Anda menggunakan jari-jari tangan atau kuas bersih, tetapi hindari area mata dan bibir.
  • Diamkan masker sampai mengering selama kurang lebih 15 menit. 
  • Bilas wajah menggunakan air dingin, lalu keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah dengan handuk bersih. 
Selain cara membuat masker wajah teh hijau secara alami di rumah, Anda juga bisa membeli masker teh hijau siap pakai. Walau begitu, pastikan bahan yang digunakan mengandung teh hijau 100% dan aman digunakan untuk semua jenis kulit. Anda juga tidak disarankan untuk membeli masker teh hijau yang mengandung pewangi, pewarna, atau pengawet buatan.

Efek samping menggunakan masker ampas teh hijau untuk wajah

Manfaat teh hijau untuk wajah bisa diperoleh melalui ampas atau bubuk green tea
Masker wajah teh hijau bisa menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang
Dengan beragam manfaat ampas teh hijau untuk wajah di atas, apakah Anda tertarik untuk mencoba masker wajah dari bahan alami ini di rumah? Jika iya, tunggu dulu.Teh hijau memang sangat kaya dengan senyawa polifenol yang mengandung banyak zat antiradang. Tak hanya polifenol, teh hijau juga mengandung berbagai vitamin yang bermanfaat untuk dijadikan sebagai masker wajah.Meski demikian, jika Anda baru pertama kali untuk mencoba manfaat ampas teh hijau untuk wajah, coba oleskan sedikit terlebih dahulu ke area kulit siku.
Manfaat teh hijau untuk wajah belum tentu untuk semua tipe kulit wajah
Orang dengan alergi teh jenis apa pun, sebaiknya tidak coba pakai masker teh hijau
Efek samping penggunaan ampas teh hijau untuk wajah umumnya kecil. Akan tetapi, jika muncul reaksi alergi, Anda mungkin tidak cocok merasakan manfaat ampas teh hijau untuk wajah.Reaksi alergi akibat penggunaan masker green tea yang dioleskan ke kulit dapat berupa kulit kemerahan, rasa gatal, pembengkakan, dan sensasi rasa terbakar.Apabila Anda memiliki kulit yang sensitif dan memiliki riwayat alergi teh jenis apa pun, Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba manfaat teh hijau untuk wajah.Masih penasaran ingin coba manfaat teh hijau untuk wajah? Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/green-tea-face-mask
Diakses pada 6 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-green-tea-for-skin#green-tea-and-the-skin-around-your-eyes
Diakses pada 6 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23742288
Diakses pada 6 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3077767/
Diakses pada 6 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5384166/
Diakses pada 6 Januari 2020
Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2003/04/030425071800.htm
Diakses pada 6 Januari 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/green-tea-face-packs-for-different-skin-types/
Diakses pada 1 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-green-tea-for-skin#green-tea-and-the-skin-around-your-eyes
Diakses pada 21 Oktober 2020
Journal of Applied Pharmaceutical Science. https://www.japsonline.com/admin/php/uploads/20_pdf.pdf
Diakses pada 21 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait