Mengenal Tanaman Porang (Iles-Iles) dan Manfaatnya yang Baik bagi Kesehatan


Tanaman porang (iles-iles) dan manfaatnya bagi kesehatan cukup banyak. Selain suplemen, tanaman ini juga bisa diolah menjadi tepung untuk bahan baku pembuatan shirataki. Manfaat tanaman porang mulai dari menjaga berat badan hingga mengelola diabetes.

(0)
08 Apr 2021|Rena Widyawinata
manfaat tanaman porang iles-ilesManfaat tanaman porang (iles-iles) bagi kesehatan amat beragam
Mendengar nama tanaman porang atau iles-iles mungkin beberapa di antara Anda akan mengernyitkan dahi. Namun, bagaimana jika shirataki? Ya, iles-iles adalah bahan baku utama pembuatan shirataki. Tak hanya sedang ramai ditekuni para pencinta tumbuhan, manfaat tanaman porang bagi kesehatan juga tak bisa dipandang sebelah mata. 

Manfaat tanaman porang (iles-iles)

Tanaman porang, alias iles-iles, memiliki nama latin Amorphophallus muelleri Blume. Umbi porang diketahui kaya kandungan karbohidrat mannan (glucomannan) yang berguna bagi kesehatan. Biasanya, tanaman ini dapat diolah menjadi tepung iles-iles yang merupakan bahan baku utama pembuatan shirataki. Selain untuk shirataki, glucomannan yang terkandung dalam tanaman ini juga dapat diolah dalam bentuk suplemen.Tanaman porang dan manfaatnya bagi kesehatan cukup beragam, antara lain:

1. Membantu menurunkan berat badan

manfaat tanaman pporang untuk berat badan
Glukomanan dalam tanaman porang bermanfaat untuk menurunkan berat badan
Shirataki yang terbuat dari tanaman porang bermanfaat dalam membantu program penurunan berat badan Anda. Ini karena kandungan glukomanan, yakni serat larut air, di dalamnya.Meski tidak spesifik menyebutkan bahwa glucomannan dalam shirataki dapat menurunkan berat badan, makanan tinggi serat diketahui sangat berguna untuk mengendalikan nafsu makan Anda.Makanan mengandung serat akan lebih lama dicerna oleh tubuh. Dengan demikian, Anda pun akan merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda terhindar dari keinginan makan terus-terusan.Penelitian yang dilakukan dalam Journal of the American College of Nutrition juga menyebutkan bahwa suplemen glucomannan dapat menurunkan berat badan.Meski demikian, jumlah penurunan yang ditunjukkan belum menampilkan hasil yang signifikan. Konsumsi glucomannan yang berasal dari iles-iles tetap bermanfaat untuk menurunkan berat badan, terutama untuk Anda yang memiliki program diet rendah kalori. Akan tetapi, tetap harus dibarengi dengan perubahan gaya hidup secara keseluruhan dan olahraga. Berkonsultasi dengan ahli gizi dapat membantu Anda menemukan formula yang tepat untuk program penurunan berat badan.

2. Pengobatan diabetes

tanaman porang dan manfaatnya untuk diabetes
Tanaman porang dan manfaatnya untuk mengendalikan gula darah
Tanaman porang dan manfaatnya untuk diabetes juga disebabkan oleh kandungan glucomannan di dalamnya. Sebuah tinjauan yang dimuat dalam Diabetes research and clinical practice menyebutkan bahwa suplemen glucomannan diketahui dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada diabetesi (orang dengan diabetes).Cara kerjanya, glucomannan mampu menekan produksi hormon ghrelin, yakni hormon yang berperan dalam memunculkan rasa lapar. Nafsu makan Anda menjadi lebih terkendali, sehingga asupan gula yang masuk juga dapat dikontrol.Tak hanya itu, tepung iles-iles yang diolah dalam bentuk shirataki juga lebih lambat diserap tubuh karena kandungan seratnya. Normalnya, karbohidrat yang diserap tubuh akan diubah menjadi gula. Penyerapan karbohidrat yang berjalan perlahan tidak akan membuat gula darah melonjak secara drastis.Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter dulu jika ingin mengonsumsi suplemen glukomanan. Ini karena bisa saja ada obat diabetes lain yang Anda konsumsi, yang mungkin berinteraksi satu sama lain.

3. Mengatasi alergi

tanaman porang untuk alergi
Tanaman porang (iles-iles) juga bermanfaat untuk alergi
Selain diabetes, sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat glukomanan dalam tanaman porang juga berkhasiat untuk mengatasi alergi. Ini karena dari penelitian diketahui bahwa pemberian glukomanan mampu menekan reaksi alergi.Meski demikian, studi ini masih terbatas dilakukan pada hewan. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji seberapa ampuh konsumsi glukomanan dari tanaman iles-iles dalam mengatasi alergi pada manusia.

4. Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition juga mencatat manfaat tanaman porang lainnya, yakni dapat menurunkan kolesterol.Glukomanan dalam umbi porang terbukti dapat menurunkan jumlah kolesterol total, LDL, dan trigliserida. Sementara itu, jumlah HDL (kolesterol baik) tidak terpengaruh akibat konsumsi jenis serat yang satu ini.Selain itu, peneliti juga mencatat bahwa kandungan tanaman porang yang satu ini meningkatkan jumlah kolesterol yang dikeluarkan melalui feses. Itu sebabnya, jumlah kolesterol yang diserap ke dalam darah menjadi lebih sedikit.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

iles-iles dan sistem pencernaan
Tanaman iles-iles membantu menjaga kesehatan pencernaan
Iles-iles juga diketahui berkhasiat menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini karena kandungan glukomanan yang tinggi dalam tanaman ini dapat berpotensi sebagai prebiotikPrebiotik sendiri diketahui berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Dengan begitu, pencernaan Anda menjadi lebih lancar, sekaligus mencegah risiko sembelit alias konstipasi.

6. Mengatasi sembelit

Manfaat tanaman porang untuk kesehatan pencernaan tidak hanya sebatas menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Akan tetapi, tanaman ini juga diketahui dapat mengatasi masalah susah BAB pada orang dewasa dan anak-anak.Dalam sebuah studi, diketahui bahwa suplemen glukomanan dapat mengobati konstipasi parah pada 45% anak yang mengonsumsinya.Apabila telah mengonsumsi obat pencahar, suplemen glukomanan tetap dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi susah buang air besar.

Catatan dari SehatQ

Sejauh ini, manfaat tanaman porang, yakni dalam bentuk glukomanannya telah diteliti dengan dosis yang terukur. Jika Anda berencana mengonsumsi iles-iles ini, baik dalam bentuk tepung atau shirataki, pastikan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.Bila berniat meminum suplemen glukomanan, cobalah konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Terlebih bila Anda sedang berada dalam pengobatan tertentu, seperti diabetes. Glukomanan mungkin berinteraksi dengan obat diabetes.Jika ada keraguan, Anda bisa mencoba untuk berkonsultasi online dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluargga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
serathidup sehatpola hidup sehat
Carpathian Journal of Food Science and Technology. https://www.researchgate.net/publication/318662120_Kinetic_study_of_solid_fermentation_of_Amorphophallus_oncophyllus_flour_using_Aspergillus_niger_And_Its_Prebiotic_potential
Diakses tanggal 8 April 2021
Diabetes research and clinical practice. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19108925/
Diakses tanggal 8 April 2021
Journal of the American College of Nutrition. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24533610/
Diakses tanggal 8 April 2021
LIPI. http://lipi.go.id/publikasi/potensi-umbi-porang-amorphophallus-muelleri-blume-sebagai-pangan-fungsional-untuk-menunjang-ketahanan-pangan-indonesia/6229
Diakses tanggal 8 April 2021
Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/prebiotics-probiotics-and-your-health/art-20390058
Diakses tanggal 8 April 2021
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/14993586/
Diakses tanggal 8 April 2021
Obesity (Silver Spring) https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2940117/
Diakses tanggal 8 April 2021
STUDIES ON ANTI-ALLERGY EFFECT OF GLUCOMANNAN EXTRACT FROM PORANG (Amorphophallus oncophyllus) TUBER. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/163441
Diakses tanggal 8 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait