logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Mengenal Manfaat Porang atau Iles-Iles untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi Alergi

open-summary

Tanaman porang (iles-iles) dan manfaatnya bagi kesehatan cukup banyak. Selain suplemen, tanaman ini juga bisa diolah menjadi tepung untuk bahan baku pembuatan shirataki. Manfaat tanaman porang mulai dari menjaga berat badan hingga mengelola diabetes.


close-summary

8 Apr 2021

| Rena Widyawinata

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

manfaat tanaman porang iles-iles

Manfaat tanaman porang (iles-iles) bagi kesehatan amat beragam

Table of Content

  • Manfaat porang atau tanaman iles-iles
  • Catatan dari SehatQ

Mendengar nama tanaman porang atau iles-iles mungkin beberapa di antara Anda akan mengernyitkan dahi. Namun, bagaimana jika shirataki? Ya, tanaman porang adalah bahan baku utama pembuatan shirataki. Tak hanya sedang ramai ditekuni para pecinta tumbuhan, manfaat porang bagi kesehatan juga tak bisa dipandang sebelah mata. 

Advertisement

Tanaman porang, alias iles-iles, memiliki nama latin Amorphophallus muelleri Blume. Umbi-umbian porang diketahui kaya kandungan karbohidrat mannan (glucomannan) yang berguna bagi kesehatan. 

Biasanya, porang digunakan untuk bahan baku utama pembuatan shirataki. Selain untuk shirataki, glucomannan yang terkandung dalam tanaman ini juga dapat diolah dalam bentuk suplemen.

Baca Juga

  • BAB Warna Hitam, Apa Saja Penyebab yang Perlu Diketahui?
  • Ini Rekomendasi Aplikasi Olahraga di Rumah Agar Tubuh Tetap Fit
  • Sudah Sehatkah Cara Chat Anda Kepada Pasangan?

Manfaat porang atau tanaman iles-iles

Tanaman porang manfaatnya berasal dari kandungan nutrisi penting di dalamnya. Umbi porang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, hingga serat pangan yang baik untuk kesehatan.

Manfaat umbi porang juga tak lain karena kandungan glukomanan yang tinggi. Glukomanan adalah senyawa yang biasa digunakan untuk pembuatan sejumlah bahan makanan sehat, seperti mie, kure kering, roti, bakso, ice cream, hingga makanan tiruan untuk vegetarian.

Manfaat porang untuk kesehatan yang tidak boleh dilewatkan adalah:

1. Membantu menurunkan berat badan

manfaat tanaman pporang untuk berat badan
Glukomanan dalam tanaman porang bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Shirataki yang terbuat dari olahan porang bermanfaat dalam membantu program penurunan berat badan Anda. Ini karena kandungan glukomanan, yakni serat larut air, di dalamnya.

Meski tidak spesifik menyebutkan bahwa glucomannan dalam shirataki dapat menurunkan berat badan, makanan tinggi serat diketahui sangat berguna untuk mengendalikan nafsu makan Anda.

Makanan mengandung serat akan lebih lama dicerna oleh tubuh. Dengan demikian, Anda pun akan merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda terhindar dari keinginan makan terus-terusan.

Penelitian yang dilakukan dalam Journal of the American College of Nutrition juga menyebutkan bahwa suplemen glucomannan dapat menurunkan berat badan.

Meski demikian, jumlah penurunan yang ditunjukkan belum menampilkan hasil yang signifikan. Konsumsi glucomannan yang berasal dari iles-iles tetap bermanfaat untuk menurunkan berat badan, terutama untuk Anda yang memiliki program diet rendah kalori. 

Akan tetapi, tetap harus dibarengi dengan perubahan gaya hidup secara keseluruhan dan olahraga. Berkonsultasi dengan ahli gizi dapat membantu Anda menemukan formula yang tepat untuk program penurunan berat badan.

2. Pengobatan diabetes

tanaman porang dan manfaatnya untuk diabetes
Tanaman porang dan manfaatnya untuk mengendalikan gula darah

Manfaat porang untuk diabetes juga disebabkan oleh kandungan glucomannan di dalamnya. Sebuah tinjauan yang dimuat dalam Diabetes research and clinical practice menyebutkan bahwa suplemen glucomannan diketahui dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada diabetesi (orang dengan diabetes).

Cara kerjanya, glucomannan cocok untuk menekan produksi hormon ghrelin, yakni hormon yang berperan dalam memunculkan rasa lapar. Nafsu makan Anda menjadi lebih terkendali, sehingga asupan gula yang masuk juga dapat dikontrol.

Tak hanya itu, tepung iles-iles yang diolah dalam bentuk shirataki juga lebih lambat diserap tubuh karena kandungan seratnya. 

Normalnya, karbohidrat yang diserap tubuh akan diubah menjadi gula. Penyerapan karbohidrat yang berjalan perlahan tidak akan membuat gula darah melonjak secara drastis.

Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter dulu jika ingin mengonsumsi suplemen glukomanan. Ini karena bisa saja ada obat diabetes lain yang Anda konsumsi, yang mungkin berinteraksi satu sama lain.

3. Mengatasi alergi

tanaman porang untuk alergi
Tanaman porang (iles-iles) juga bermanfaat untuk alergi

Selain diabetes, sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat glukomanan dalam tanaman porang juga berkhasiat untuk mengatasi alergi. Ini karena dari penelitian diketahui bahwa pemberian glukomanan mampu menekan reaksi alergi.

Meski demikian, studi ini masih terbatas dilakukan pada hewan. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji seberapa ampuh konsumsi glukomanan dari tanaman iles-iles dalam mengatasi alergi pada manusia.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition juga mencatat manfaat tanaman porang lainnya, yakni dapat menurunkan kolesterol.

Glukomanan dalam umbi porang terbukti dapat menurunkan jumlah kolesterol total, LDL, dan trigliserida. Sementara itu, jumlah HDL (kolesterol baik) tidak terpengaruh akibat konsumsi jenis serat yang satu ini.

Selain itu, peneliti juga mencatat bahwa kandungan tanaman porang yang satu ini meningkatkan jumlah kolesterol yang dikeluarkan melalui feses. Itu sebabnya, jumlah kolesterol yang diserap ke dalam darah menjadi lebih sedikit.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

iles-iles dan sistem pencernaan
Tanaman iles-iles membantu menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat porang lainnya diketahui dapat menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini karena kandungan glukomanan yang tinggi dalam tanaman ini dapat berpotensi sebagai prebiotik

Prebiotik sendiri diketahui berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Dengan begitu, pencernaan Anda menjadi lebih lancar, sekaligus mencegah risiko sembelit alias konstipasi.

6. Mengatasi sembelit

Manfaat tanaman porang untuk kesehatan pencernaan tidak hanya sebatas menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Akan tetapi, tanaman ini juga diketahui dapat mengatasi masalah susah BAB pada orang dewasa dan anak-anak.

Dalam sebuah studi, diketahui bahwa suplemen glukomanan dapat mengobati konstipasi parah pada 45% anak yang mengonsumsinya.

Apabila telah mengonsumsi obat pencahar, suplemen glukomanan tetap dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi susah buang air besar.

Catatan dari SehatQ

Sejauh ini, manfaat tanaman porang, yakni dalam bentuk glukomanannya telah diteliti dengan dosis yang terukur. Jika Anda berencana mengonsumsi iles-iles ini, baik dalam bentuk tepung atau shirataki, pastikan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Bila berniat meminum suplemen glukomanan, cobalah konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Terlebih bila Anda sedang berada dalam pengobatan tertentu, seperti diabetes. Glukomanan mungkin berinteraksi dengan obat diabetes.

Jika ada keraguan, Anda bisa mencoba untuk berkonsultasi online dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

serathidup sehatpola hidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved