logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Manfaat Tamanu Oil untuk Kulit dan Rambut

open-summary

Manfaat tamanu oil yang bisa dirasakan untuk kulit wajah adalah mencegah jerawat dan menghindari kerutan. Pemakaian yang rutin juga mampu melembapkan kulit kering dan kusam.


close-summary

30 Mei 2020

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat tamanu oil

Tampil lebih menarik dengan pemakaian yang rutin

Table of Content

  • Apa itu tamanu oil?
  • Manfaat tamanu oil
  • Kapan menggunakan tanamu oil?
  • Penggunaan tamanu oil untuk wajah dengan aman
  • Catatan dari SehatQ

Apabila Anda gemar menggunakan minyak alami untuk merawat kulit, tamanu oil atau minyak tamanu mungkin sudah akrab di telinga – selain jenis minyak alami lain, seperti, jojoba dan rosehip. Manfaat tamanu oil untuk wajah memang tidak kalah menyehatkan dibandingkan manfaat minyak tamanu bagi kesehatan secara umum. 

Advertisement

Apa itu tamanu oil?

Minyak tamanu atau tamanu oil adalah minyak yang diolah dari tamanu atau nyamplung. Nama latih dari tanaman ini adalah Calophyllum inophyllum

Jenis minyak ini sudah lama digunakan untuk pengobatan tradisional di berbagai wilayah di dunia, mulai dari Asia hingga Kepulauan Pasifik.

Manfaat tamanu oil untuk wajah ternyata beraneka ragam
Tamanu oil diolah dari tanaman tamanu atau nyamplung

Saat ini, manfaat tamanu oil tengah menginjak popularitasnya. Bahkan, beberapa studi menyebutkan minyak tamanu berpotensi untuk mencegah pertumbuhan tumor hingga melawan infeksi vagina.

Tak hanya untuk kesehatan tubuh secara umum, manfaat tamanu oil untuk wajah ternyata juga tidak kalah melimpah. 

Manfaat tamanu oil

Sampai saat ini, penelitian tentang manfaat tamanu oil untuk wajah masih sangat terbatas. Jadi, perlu diingat bahwa manfaat tamanu oil untuk wajah mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya. Berikut ini beberapa potensi manfaat tamanu oil untuk kulit dan kecantikan yang beberapa di antaranya masih perlu diteliti lebih lanjut:

1. Menangani jerawat

Salah satu manfaat tamanu oil untuk wajah adalah menangani jerawat. Tamanu oil dilaporkan memiliki sifat antibakteri dan pemulihan luka yang bertujuan untuk melawan aktivitas bakteri penyebab jerawat, yakni Propionibacterium acnes dan Propionibacterium granulosum

Selain itu, manfaat tamanu oil untuk kulit berjerawat juga muncul berkat kandungan sifat anti peradangan di dalamnya sehingga diyakini membantu menangani jerawat yang meradang.

2. Memudarkan bekas jerawat

Memudarkan bekas jerawat jadi manfaat tamanu oil untuk wajah
Bekas jerawat bisa hilang berkat kandungan antioksidan pada tamanu oil

Selain mengobati jerawat meradang, manfaat tamanu oil juga mampu memudarkan bekas jerawat. Manfaat tamanu oil dipercaya dapat membantu regenerasi kulit serta memulihkan bekas luka. 

Minyak ini dapat membantu merangsang pembentukan sel baru serta produksi komponen pada kulit, termasuk kolagen dan glycosaminoglycan (GAG). Kedua komponen ini penting untuk memudarkan bekas jerawat.

Manfaat tamanu oil untuk wajah juga berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan diyakini berperan dalam penanganan bekas jerawat serta jerawat itu sendiri.

3. Memudarkan kerutan

Radikal bebas yang disebabkan oleh paparan faktor lingkungan seperti matahari dan polusi dapat menimbulkan elastisitas kulit berkurang. Kondisi ini yang memunculkan tanda-tanda penuaan. 

Efek buruk akibat radikal bebas ini dapat diatasi dengan penggunaan tamanu oil secara rutin. Manfaat tamanu oil satu ini memang berasal dari kandungan asam lemak pada minyak alami untuk menangkal radikal bebas penyebab timbulnya kerutan pada kulit wajah. 

Kemampuannya untuk merangsang pembentukan kolagen dan GAG pun diyakini mampu memperlambat tanda-tanda penuaan serta membantu regenerasi kulit.

Tamanu oil juga membantu penyerapan sinar ultraviolet (UV) dan menghambat kerusakan DNA hingga 85% akibat pancaran radiasi sinar UV. 

Dengan ini, manfaat tamanu oil diyakini berpotensi untuk mencegah kerutan.

Anda bisa mendapatkan manfaat minyak tamanu ini dari sejumlah produk perawatan kulit, termasuk produk anti aging.

4. Diyakini membantu melembapkan kulit kering

Manfaat tamanu oil untuk wajah adalah melembapkan kulit kering
Tamanu oil dipercaya membantu melembapkan kulit kering

Beberapa jenis minyak tertentu diklaim dapat mengatasi kulit kering. Salah satunya adalah tamanu oilHal ini berkat kandungan lemak yang tinggi di dalamnya yang dipercaya dapat melembapkan kulit kering. Namun, tamanu oil manfaat ini masih memerlukan riset lebih lanjut secara mendalam guna membuktikan keefektifannya. 

5. Meredakan eksim

Kandungan antiradang di dalam minyak tamanu diklaim dapat membantu meredakan penyakit kulit yang menimbulkan gejala peradangan, seperti eksim, psoriasis, atau rosacea. 

Meski demikian, tamanu oil manfaat ini masih bersifat anedoktal sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan kemanjurannya. Bagi penderita eksim, psoriasis, dan rosacea, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan tamanu oil. 

6. Berpotensi untuk memudarkan bekas luka

Memudarkan bekas luka juga menjadi manfaat tamanu oil lainnya. Tamanu oil dilaporkan memiliki sifat yang mampu memulihkan bekas luka di kulit (wound healing). 

Berbagai kandungan dalam minyak alami untuk mengurangi peradangan dan merangsang pembentukan kolagen ini dapat memicu pertumbuhan jaringan kulit baru. Sebuah laporan ilmiah yang dipublikasikan pada 2016 mengungkapkan bahwa minyak tamanu juga digunakan untuk memulihkan bekas luka pascaoperasi.

7. Menyamarkan stretch marks

Manfaat tamanu oil adalah menyamarkan stretch marks
Stretch marks diyakini bisa disamarkan dengan penggunaan tamanu oil

Beberapa orang ada yang menggunakan tamanu oil manfaat sebagai cara menyamarkan stretch marksKandungan antioksidan, antiradang, dan sifat melembapkan di dalamnya dipercaya dapat menyamarkan stretch marks.  Akan tetapi, lagi-lagi belum ada hasil penelitian yang cukup untuk membuktikan penggunaan tamanu oil untuk kulit ini. 

8. Mengatasi luka bakar akibat sinar matahari (sunburn)

Tamanu oil banyak digunakan oleh orang-orang untuk mengatasi luka bakar akibat paparan sinar matahari (sunburn)Meski tamanu oil mengandung antibakteri di dalamnya, belum ada hasil riset yang dapat membuktikan manfaat minyak tamanu satu ini.

9. Mengurangi rambut rontok

Tanamu oil bisa juga digunakan pada kulit kepala. Gunanya untuk menyuburkan kulit kepala sehingga rambut bisa tumbuh subur. Pemakaian yang teratur juga akan mengurangi kondisi rambut rontok.

Kapan menggunakan tanamu oil?

Bagi Anda yang tertarik menggunakan tamanu oil, salah satu cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak alami ini secara langsung pada permukaan kulit, termasuk kulit wajah. 

Anda juga dapat mencampurkan minyak tamanu dengan krim perawatan kulit wajah atau minyak esensial lainnya untuk dijadikan sebagai pelembap, masker wajah, atau sampo dan kondisioner guna mendapat hasil maksimal yang diinginkan. 

Penting untuk menghindari area mata dan bibir saat menggunakan tamanu oil untuk kulit wajah.Tamanu oil tidak boleh dikonsumsi dengan cara diminum atau dimakan.

Penggunaan tamanu oil untuk wajah dengan aman

Walau dianggap aman untuk mengoleskan tamanu oil untuk wajah, penting untuk diingat bahwa pengunaan minyak alami ini tetap dapat menimbulkan risiko alergi. 

Jika Anda ragu terhadap kemungkinan efek samping dari penggunaan tamanu oil, oleskan minyak alami ini dalam jumlah sedikit pada area lengan terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda dapat melihat reaksinya terhadap kulit.

Apabila muncul reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, terasa perih dan gatal, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, sebaiknya hentikan penggunaannya. Sebaliknya, jika tidak ada reaksi alergi yang ditimbulkan, Anda bisa menggunakan tamanu oil dengan jumlah bertahap. 

Meski manfaat tamanu oil dapat menyembuhkan bekas luka, pastikan Anda tidak mengoleskannya pada luka yang terbuka. Luka terbuka yang besar harus ditangani oleh dokter. Apabila Anda memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, seperti kacang almond, hazelnut, dan kenari, sebaiknya hindari penggunaan tamanu oil.

Baca juga: Manfaat Baby Oil untuk Wajah Serta Cara Aman Menggunakannya

Catatan dari SehatQ

Manfaat tamanu oil untuk wajah memang memiliki sejumlah potensi yang melimpah, seperti mengatasi jerawat, mencegah kerutan, hingga menyamarkan bekas luka. 

Namun, pastikan Anda berhati-hati dalam penggunaan tamanu oil karena dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat tamanu oil untuk wajah, tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

perawatan kulitjerawatkulit dan kecantikanproduk kecantikan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved