Manfaat Tahitian Noni, Minuman Tropis yang Menyehatkan Tubuh

Salah satu manfaat Tahitian noni adalah menyehatkan jantung perokok.
Tahitian noni adalah jus mengkudu yang dianggap memiliki banyak manfaat kesehatan.

Di Indonesia, buah mengkudu dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Begitu pula di negara Tahiti. Masyarakat di sana menjadikan buah mengkudu sebagai obat herbal dengan nama Tahitian noni. Ternyata, manfaat dan kandungan nutrisinya sangat luar biasa. Mari kenali manfaat Tahitian noni berikut ini.

Manfaat Tahitian noni, apa saja?

Jus Tahitian noni yang dijual di pasaran biasanya sudah dicampur dengan buah anggur dan blueberry. Hal ini dilakukan guna memberikan rasa manis alami, supaya lidah bisa menerima rasa pahit buah mengkudu. Lantas, apa saja manfaat Tahitian noni itu?

1. Mengandung antioksidan

Tahitian noni dikenal kaya akan kandungan antioksidannya. Beberapa antioksidan utama dalam Tahitian noni adalah beta karoten, iridoid, vitamin C dan E. Antioksidan ini sangat dibutuhkan untuk mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Tubuh Anda membutuhkan antioksidan untuk menjaga kesehatan yang optimal.

2. Mengurangi kerusakan sel akibat merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang harus segera dihentikan. Bagi Anda yang baru-baru ini berhenti merokok, ternyata mengonsumsi Tahitian noni bisa membantu Anda mengurangi kerusakan sel akibat merokok, lho.
Merokok bisa membuat tubuh terpapar dengan radikal bebas, sehingga bisa menimbulkan kerusakan sel dan menyebabkan stres oksidatif.

Dalam sebuah studi, para perokok berat yang menjadi responden meminum 118 mililiter (ml) Tahitian noni setiap harinya. Setelah satu bulan, terdapat penurunan kadar radikal bebas di dalam tubuh mereka.

3. Menyehatkan jantung perokok

Merokok dapat menyebabkan kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat pesat. Itulah sebabnya, rokok tidak hanya berbahaya untuk paru-paru, tapi juga jantung.

Sebuah studi menunjukkan, meminum Tahitian noni sebanyak 188 ml dalam satu bulan, menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan tanda peradangan di dalam tubuh perokok.

Meski begitu, jangan jadikan Tahitian noni sebagai alasan Anda untuk tetap merokok. Jauhilah barang yang bisa membunuh Anda secara perlahan tersebut.

4. Meningkatkan ketahanan saat olahraga

Masyarakat di Kepulauan Pasifik percaya bahwa Tahitian noni bisa memberikan ketahanan tubuh saat sedang beraktivitas fisik, salah satunya berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan, para atlet pelari jarak jauh meminum 100 ml Tahitian noni sebanyak dua kali dalam sehari. Hasilnya, mereka mengalami peningkatan ketahanan energi hingga 21%.

5. Meredakan nyeri sendi

Meredakan nyeri sendi adalah manfaat Tahitian noni selanjutnya. Sebuah studi membuktikan, dari semua penderita arthritis degeneratif pada tulang belakang, sekitar 60% yang menjadi responden tidak lagi merasakan nyeri sendi setelah mengonsumsi 15 ml Tahitian noni sebanyak dua kali dalam sehari.

Dalam riset lain, penderita osteoarthritis juga merasakan penurunan nyeri sendi setelah meminum 89 ml Tahitian noni. Hal ini disebabkan oleh antioksidan yang dikandung dalam buah mengkudu Tahiti.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengkudu
Manfaat tahitian noni bisa berdampak pada sistem imun

Sama seperti kebanyakan buah, Tahitian noni kaya akan vitamin C. Setidaknya, ada 33% rekomendasi asupan harian (RAH) vitamin C dalam 100 ml Tahitian noni.

Vitamin C bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara menjaga sel tubuh dari radikal bebas. Antioksidan seperti beta karoten yang dimiliki Tahitian noni juga mampu meningkatkan sistem imun Anda.

7. Pelembap alami

Menurut seorang dokter spesialis kulit, Tahitian noni bisa menjadi pelembap alami jika dioleskan ke kulit. Sebab, Tahitian noni mengandung banyak antioksidan yang menguntungkan kesehatan kulit. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengonfirmasi manfaat Tahitian noni yang satu ini.

8. Mengatasi penuaan dini

Tahitian noni mengandung vitamin C dan selenium, yang bisa melawan radikal bebas. Kulit pun akan lebih sehat, terutama elastisitas kulit yang lebih terjaga dan mencegah penuaan dini.

9. Mencegah kanker

Tahitian noni mengandung banyak nutrisi pencegah kanker. Apalagi, Tahitian noni sudah terbukti bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memiliki komponen yang bisa melawan tumor. Itulah sebabnya, manfaat Tahitian noni dipercaya untuk mencegah kanker.

Kandungan nutrisi Tahitian noni

Mengkudu
Tahitian noni mengandung banyak nutrisi penting

Setelah mengetahui beberapa manfaat Tahitian noni, mari kenali kandungan nutrisinya, supaya Anda semakin “akrab” dengan buah ini. Berikut ini adalah kandungan nutrisi dari 100 ml Tahitian noni:

  • Kalori: 47
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Protein: kurang dari 1 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Gula: 8 gram
  • Vitamin C: 33% dari RAH
  • Biotin: 17% dari RAH
  • Folat: 6% dari RAH
  • Magnesium: 4% dari RAH
  • Kalium: 3% dari RAH
  • Kalsium: 3% dari RAH
  • Vitamin E: 3% dari RAH

Setelah memahami kandungan nutrisinya, Anda pasti tidak heran kalau manfaat Tahitian noni sangat beragam, kan?

Dosis, keamanan, dan efek samping Tahitian noni

Informasi mengenai dosis aman Tahitian noni masih beragam. Sebuah penelitian menyebutkan, orang dewasa yang sehat tidak mengalami efek samping saat meminum 750 ml Tahitian noni setiap harinya.

Namun beberapa tahun lalu, sejumlah kasus keracunan hati ditemukan setelah mengonsumsi Tahitian noni. Meski begitu, menurut lembaga The European Food Safety Authority (EFSA), hal itu diakibatkan oleh kandungan lain yang diminum bersamaan dengan Tahitian noni.

Orang dengan penyakit ginjal atau gagal ginjal sebaiknya menghindari Tahitian noni, karena minuman ini mengandung banyak kalium.

Selain itu, Tahitian noni juga bisa mengganggu efektivitas pengobatan tekanan darah tinggi atau obat-obatan yang digunakan untuk memperlambat pembekuan darah. Berkonsultasilah dengan dokter untuk meminta saran sebelum mengonsumsi Tahitian noni, saat sedang menjalani pengobatan tersebut.

Catatan dari SehatQ:

Ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi Tahitian noni. Sebab, beberapa orang tidak boleh meminumnya karena bisa memperparah penyakit yang sedang diderita. Selain itu, beberapa produk Tahitian noni juga mengandung kadar gula tinggi.

Walau Tahitian noni bisa menyehatkan tubuh perokok, jangan jadikan minuman ini sebagai alasan untuk tetap merokok. Sebab, merokok adalah kebiasaan buruk yang sangat merugikan, bahkan mengancam nyawa.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/noni-juice#nutrition
Diakses pada 20 Februari 2020

Food NDTV. https://food.ndtv.com/food-drinks/10-amazing-benefits-of-noni-juice-drink-up-1471362
Diakses pada 20 Februari 2020

Artikel Terkait