8 Manfaat Susu Murni Bagi Kesehatan, Lebih Bagus Dibanding Susu Lainnya?

Susu murni mengandung lebih banyak omega 3 dibandingkan susu olahan.
Kandungan vitamin E dan zat besi pada susu murni mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Ada begitu banyak nutrisi di dalam susu murni yang bermanfaat bagi kesehatan. Sebab, susu murni belum mengalami pengolahan, termasuk proses pasteurisasi. Oleh karena itu, kandungan susu murni yang terjaga ini, menyebabkan susu ini memiliki beragam nutrisi yang lebih tinggi ketimbang susu olahan.

Manfaat susu murni bagi kesehatan

Tak heran, mengonsumsi susu murni dapat memberikan sejumlah manfaat yang lebih signifikan ketimbang mengonsumsi susu olahan. Apaa saja manfaat susu murni bagi kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Mencegah risiko penyakit jantung

Susu murni merupakan sumber kalium yang berfungsi memperlebar tekanan darah, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan kalium dalam susu murni juga berfungsi mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung.

Susu murni pun mengandung omega 3 dan omega 6 yang seimbang dan dapat memberikan manfaat optimal bagi kesehatan. Dibanding susu olahan, susu murni memiliki 56% omega 3 yang lebih banyak ketimbang susu olahan. Kandungan lemak baik ini dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti penyakit jantung.

2. Mencegah kanker

Tingginya kandungan omega 3 di dalam susu murni juga berperan dalam mencegah pertumbuhan sel kanker.Selain omega3, kandungan vitamin A, vitamin D, kalium, dan laktosa dalam susu murni juga bermanfaat sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dan mencegah risiko penyakit kanker.

3. Menjaga kesehatan otak

Mengonsumsi susu murni bisa meningkatkan
perkembangan otak serta fungsi memorinya.

Kandungan omega 3 dalam susu murni juga berperan meningkatkan perkembangan otak. Penelitian yang dilakukan lembaga Academy of Nutrition and Dietetics mengungkapkan, omega 3 dalam susu murni mampu meningkatkan fungsi memori pada otak. Selain itu, susu murni juga mengandung vitamin E dan zat besi yang berperan penting dalam pertumbuhan otak.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin E dan zat besi dalam susu murni juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, susu juga mengandung vitamin A, asam linoleat dan omega 3 yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi berbagai penyakit, peradangan serta alergi.

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat susu murni bagi kesehatan selanjutnya yaitu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan vitamin D dan kalsium yang tinggi di dalam susu murni dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang serta mencegah terjadinya osteoporosis. Tak hanya itu, susu murni juga mengandung vitamin A yang baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang.

6. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin A dan asam laktat dalam susu murni berfungsi menghaluskan kulit, meghilangkan sel kulit mati dan meremajakan kulit sehingga tetap segar.

Mengoleskan susu murni pada wajah dan kulit setiap hari dapat menjadi cara alami menjaga kesehatan kulit. Selain itu, susu murni juga mengandung vitamin E yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit.

7. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang disebut retinol di dalam susu juga berfungsi menjaga kesehatan mata. Susu murni juga mengandung antioksidan, seperti lutein dan zeaxanthin tiga kali lebih banyak dibandingkan susu olahan. Keduanya mampu mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

8. Membentuk otot

Susu murni pun bisa membantu Anda membentuk otot. Kandungan protein berkualitas tinggi, asam amino esensial, asam linoleat dalam susu murni berperan dalam mempertahankan massa otot sehat, yang mendukung sistem metabolisme dan dapat menurunkan berat badan.

Jangan minum susu murni, jika Anda memiliki kondisi ini

Meski memiliki segudang khasiat bagi kesehatan, susu murni dan berbagai produk olahan berbahan susu dapat menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan pada individu dengan kondisi berikut ini.

  • Intoleransi laktosa:

    Intoleransi laktosa merupakan gangguan pencernaan yang terjadi ketika tubuh tidak dapat mencerna laktosa, salah satu jenis gula yang terdapat dalam susu dan produk olahannya.
    Individu yang mengalami intoleransi laktosa akan merasakan beberapa gejala seperti kembung dan diare saat mengonsumsi produk olahan berbahan susu.
  • Alergi susu:

    Alergi susu merupakan reaksi tubuh terhadap satu atau lebih protein dalam susu. Kondisi ini menyebabkan asma, gangguan pencernaan hingga eksim dan ruam gatal.
  • Kelebihan kalsium:

    Kondisi medis yang jarang terjadi ini biasanya menimpa individu yang gemar mengonsumsi suplemen kalsium. Individu dengan kalsium berlebih sangat tidak disarankan minum susu, karena dapat menyebabkan berbagai efek samping seperti penyakit jantung, sembelit, batu ginjal dan gagal ginjal.

Catatan dari SehatQ:

Sebaiknya jangan mengonsumsi susu murni mentah-mentah. Sebab, ada potensi bakteri di dalamnya. Lebih baik Anda merebusnya terlebih dahulu, sebelum mengonsumsinya. Jika Anda mendapati adanya “kepala susu” atau lapisan tipis di permukaan saat merebus susu murni, hal tersebut normal terjadi. “Kepala susu” ini juga aman dikonsumsi.

Organic Facts.
https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/milk.html
Diakses pada 17 Februari 2020

Organic Facts.
https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/organic-milk.html
Diakses pada 17 Februari 2020

NHS.
https://www.nhs.uk/news/food-and-diet/organic-milk-is-healthier-than-conventional-milk-study-says/
Diakses pada 17 Februari 2020

Medical News Today.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/273451#concerns_and_precautions
Diakses pada 17 Februari 2020

Futurity.
https://www.futurity.org/milk-glutathione-879052/
Diakses pada 17 Februari 2020

Artikel Terkait