10 Manfaat Susu Kurma, Mulai dari Booster ASI Hingga Obat Sembelit

Ada banyak manfaat susu kurma yang belum banyak orang tahu
Ilustrasi susu kurma yang dicampur dengan kayu manis

Siapa sih yang tidak mengenal buah kurma? Meski buah kurma tergolong populer di Indonesia, tidak banyak orang yang tahu betapa banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Buah ini erat kaitannya dengan bulan Ramadan, namun Anda tidak perlu menunggu selama itu untuk mengonsumsinya. Selain dikonsumsi langsung dalam bentuk buah, Anda juga dapat meraciknya menjadi susu kurma untuk menikmati manfaat sekaligus mencoba cara baru untuk menikmati buah ini.

Manfaat susu kurma

Berikut beberapa manfaat susu kurma yang bisa Anda nikmati:

1. Jantung sehat

Kurma dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dan mengatasi penyumbatan yang terjadi di arteri. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kalium dalam kurma terbukti efektif melawan penyakit jantung.

2. Booster ASI

Selain enak dan kenyal, kurma yang diolah menjadi susu dapat memberikan manfaat sebagai booster ASI. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurma yang ditambahkan sebagai suplemen pada diet ibu menyusui dapat meningkatkan produksi ASI, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan ibu secara keseluruhan.

Beberapa kandungan pada kurma seperti tryptophan, diyakini dapat menghasilkan serotonin yang merupakan hormon kebahagiaan. Kondisi tersebut dapat membuat ibu lebih tenang dan jauh dari stres.

Selain itu serotonin juga dapat mencegah turunnya kadar prolaktin yang diperlukan untuk produksi susu ibu. Kondisi ibu yang jauh dari stres dan memiliki kadar prolaktin yang tinggi, dapat membuat produksi ASI meningkat dan volume ASI pun semakin banyak.

3. Mengobati sembelit

Susu kurma diyakini dapat mengatasi sembelit. Untuk menikmati manfaat ini, campurkan 5-6 kurma ke dalam 500 ml susu. Masak campuran ini dan biarkan hingga dingin. Minumlah dengan perut kosong di pagi hari.

Serat dalam susu kurma dipercaya dapat mencegah sembelit. Serat akan menyisakan air dalam sistem pencernaan yang membuat kotoran menjadi lebih lembut dan lebih mudah untuk dikeluarkan.

4. Tulang yang kuat

Susu dikenal baik untuk tulang karena kaya akan kalsium. Dengan mencampurnya dengan kurma, nutrisi yang didapatkan tentunya akan semakin baik bagi tulang.

Kurma juga tinggi akan kalsium, selenium, tembaga, dan magnesium. Bukan hanya memperkuat tulang, nutrisi ini juga penting untuk menjaga kekuatan gigi dan mencegah osteoporosis.

5. Mengobati anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah membuat jaringan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Susu kurma dipercaya dapat mengatasi kondisi ini karena kurma kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel darah merah dan sirkulasi darah dalam tubuh.

6. Meningkatkan fungsi seksual

Manfaat susu kurma lainnya adalah dapat menyembuhkan gangguan seksual. Kurma kaya akan asam amino yang diyakini dapat meningkatkan fungsi seksual.

Buah ini juga dikenal sebagai afrodisiak alami yang dapat merangsang daya seksual seseorang. Padanan kurma dan susu membuatnya kaya akan flavonoid yang dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

7. Menjaga kesehatan sistem saraf

Kombinasi kurma dengan susu dipercaya mampu menjaga kesehatan sistem saraf Anda. Kurma kaya akan vitamin B, kalium, dan natrium, yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

8. Kulit sehat

Meminum susu kurma adalah cara alami untuk membuat kulit Anda halus dan bercahaya. Kandungan vitamin C dan D di dalamnya memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet. Nutrisi tersebut juga bisa mencegah penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan kulit kering.

Di samping itu, kurma mengandung fitohormon yang dapat memberikan efek antipenuaan secara signifikan. Buah asal Timur Tengah ini juga dikenal bisa mencegah pertumbuhan melanin (pigmen yang memberi warna pada tubuh) di dalam tubuh sehingga dapat membuat kulit Anda lebih cerah.

9. Menjaga kesehatan otak

Suatu studi yang dilakukan pada binatang percobaan menemukan bahwa kurma dapat mengurangi aktivitas protein beta-amyloid, yang dapat mengurangi kerja otak karena membentuk plak di otak. Meskipun telah  terbukti pada hewan, hingga kini belum ada penelitian pada manusia.

10. Membantu ibu hamil melahirkan normal

Jika Anda tengah hamil dan menginginkan proses kelahiran yang normal, mungkin Anda akan direkomendasikan untuk mengonsumsi susu kurma ini. Pasalnya, beberapa penelitian telah membuktikan kurma dapat mengurangi kebutuhan induksi pada persalinan.

Dalam sebuah studi, 69 wanita yang mengonsumsi 6 buah kurma per harinya selama 4 minggu memiliki peluang 20 persen lebih besar untuk melahirkan normal dibandingkan dengan wanita yang tidak memakan kurma.

Studi tersebut juga menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kurma saat hamil dapat membantu melunakan serviks sehingga membantu mempercepat pembukaan.

Resep susu kurma dan dosis yang disarankan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat susu kurma adalah:

  • 4-5 buah kurma utuh
  • 1 cangkir susu sapi
  • Bubuk kayu manis secukupnya (jika Anda ingin menguatkan rasanya).

Cara membuatnya cukup sederhana, yakni campurkan bahan-bahan di atas ke dalam blender hingga halus dan tercampur rata. Minumlah secangkir setiap harinya. Jika ada susu kurma yang tersisa, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas.

Selamat mencoba!

RESEARCHGATE. https://www.researchgate.net/publication/320682730_Effects_of_the_date_palm_fruit_Phoenix_dactylifera_L_on_prolactin_IGF-1_and_stress_factors_in_lactating_female_rats_and_its_impact_on_their_litters'_development
Diakses pada 12 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21280989
Diakses pada 12 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4994443/
Diakses pada 12 Maret 2020

NUTRITIONRIDE. https://nutritionride.com/benefits-of-dates-with-milk/
Diakses pada 12 Maret 2020

THECONTENTEDCOMPANY. https://thecontentedcompany.com/blogs/news/tbt-one-from-the-archive-top-10-lactogenic-food-dates-food-for-breastfeeding
Diakses pada 12 Maret 2020

HEALTHLINE. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-dates#section5
Diakses pada 12 Maret 2020

MAPI. https://www.mapi.com/ayurvedic-recipes/beverages/date-milk-shake.html
Diakses pada 12 Maret 2020

Artikel Terkait