Mengenal Manfaat Susu Kunyit untuk Kesehatan, Bukan Hanya Menghangatkan Tubuh


Manfaat susu kunyit untuk kesehatan begitu beragam, bukan hanya bisa menghangatkan tubuh, kunyit dicampur susu juga bisa menjaga kesehatan tulang hingga menurunkan risiko kanker. Ini cara membuat susu kunyit yang ternyata mudah dilakukan dengan bahan sederhana.

0,0
28 Dec 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat susu kunyit untuk kesehatanSusu kunyit dapat menjadi pilihan bernutrisi untuk menghangatkan musim hujan
Musim hujan identik dengan hawa dingin dan minuman hangat. Minuman hangat yang kerap dipilih untuk menghangatkan tubuh ini salah satunya adalah susu kunyit. Bukan hanya menghangatkan tubuh, manfaat susu kunyit untuk kesehatan begitu ragam, hingga dikenal dengan nama golden milk. 
Manfaat susu campur kunyit di antaranya seperti, mengurangi nyeri sendi hingga menurunkan risiko kanker. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Manfaat susu kunyit atau golden milk bagi kesehatan tubuh

Kurkumin menjadi salah satu zat aktif dalam susu kunyit dan rempah lainnya, termasuk juga  zat dalam jahe, kayu manis, dan susu, yang menjadi bahan-bahan untuk membuat golden milk.Ragam kandungan tersebut memperkaya manfaat minum susu kunyit untuk kesehatan Anda, seperti:

1. Mengurangi peradangan dan nyeri sendi

Kandungan dalam susu kunyit memiliki sifat antiinflamasi atau antiradang. Manfaat inilah yang berpotensi membantu dalam mengikis nyeri pada sendi, misalnya karena osteoarthritis dan radang sendi.Rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan antiradang, seperti susu kunyit, juga menurunkan risiko Anda untuk terkena berbagai penyakit kronis. Contohnya, kanker, penyakit jantung, Alzheimer, dan sindrom metabolik.

2. Membantu dalam meningkatkan fungsi otak

Manfaat susu kunyit berikutnya berkaitan dengan otak. Pasalnya, minuman hangat ini dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.Sebuah studi menemukan bahwa kurkumin dapat mendorong produksi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF penting untuk kemampuan kognitif karena meningkatkan produksi sel otak.Jahe juga menjadi bahan penyerta dalam susu kunyit atau golden milk. Kandungan jahe diyakini dapat membantu dalam memelihara daya ingat dan melindungi otak dari gangguan yang berhubungan dengan faktor usia.Meski begitu, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk mengonfirmasi khasiat kandungan susu kunyit ini.

3. Memperbaiki mood

Studi tertentu mengungkapkan bahwa kurkumin mampu memperbaiki suasana hati (mood), bahkan mengurangi gejala depresi. Dengan manfaat susu kunyit yang satu ini, tak ada salahnya menyeruputnya saat merasa murung di musim hujan.

4. Memelihara kesehatan jantung

Bahan untuk membuat ke golden milk, seperti kunyit, jahe, dan kayu manis, telah dikaitkan dengan perlindungan jantung. Dalam sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Annals of Family Medicine, konsumsi 120 mg kayu manis per hari dapat menurunkan indikator penyakit jantung, yaitu kolesterol jahat dan trigliserida.
Susu kunyit amat bermanfaat
Susu kunyit dilaporkan bermanfaat untuk jantung
Sementara itu, kurkumin dilaporkan dapat meningkatkan fungsi endotelium, yaitu lapisan pembuluh darah. Fungsi endotelium yang optimal amat penting untuk menjaga agar jantung tetap sehat.

5. Menurunkan risiko kanker

Khasiat susu kunyit yang menakjubkan lainnya adalah memiliki potensi untuk menurunkan risiko kanker. Kurkumin kembali menjadi salah satu kunci dalam khasiat ini.Kurkumin dilaporkan mampu mencegah pertumbuhan pembuluh darah dalam sel tumor. Dengan ini, pertumbuhan sel tumor pun dapat dibatasi.Walau begitu, penelitian lebih luas tentang pengaruh susu kunyit terhadap sel kanker ini masih diperlukan untuk menguatkan kebaikan susu kunyit ini.

6. Meningkatkan fungsi sistem pencernaan

Berbagai kajian ilmiah juga menemukan bahwa kunyit dapat meredakan gejala gangguan pencernaan. Kunyit juga berpotensi meningkatkan pencernaan lemak dengan menaikkan produksi cairan empedu.Selain itu, rasa manis dari susu kunyit lebih ramah dengan sistem pencernaan dan dapat mengurangi jumlah glukosa yang diserap usus, sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah.

7. Menjaga kesehatan tulang

Rutin mengonsumsi susu kunyit tak luput pula dari khasiat dari kandungan susunya. Tak diragukan lagi, susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D. Dua nutrisi ini menjadi kunci untuk mendapatkan tulang yang kuat.Setelah mengetahui ragam manfaat susu kunyit, saatnya Anda mempelajari langkah-langkah jitu agar minuman ini tersaji dengan nikmat.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan kurkumin pada kunyit bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. Itulah sebabnya, mengapa susu kunyit kerap dijadikan sebagai obat alami untuk meredakan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakter, seperti flu dan batuk.Semakin kuat kekebalan tubuh terhadap penyakit, akan semakin sulit untuk virus dan bakteri menginfeksi tubuh Anda. Sehingga, tubuh akan lebih terjaga dari infeksi virus, bakteri, hingga jamur. Baca juga: Mengenal Sederet Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Cara membuat susu kunyit

Resep susu kunyit sangat mudah, sehingga bisa Anda ramu sendiri di rumah. Bahan yang Anda perlukan meliputi:
  • 120 ml susu tanpa tambahan pemanis
  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • 1 potong kecil jahe segar yang diparut atau 1/2 sendok teh bubuk jahe
  • 1/2 sendok teh bubuk kayu manis
  • Sejumput lada hitam
  • 1 sendok teh madu (opsional)
Bahan susu kunyit
Kunyit, jahe, dan kayu manis menjadi bumbu kunci untuk susu kunyit
Untuk meramunya, Anda tinggal mencampurkan semua bahan ke dalam teko dan merebusnya di atas api kecil selama 10 menit. Tunggu sampai mendidih dan campuran susu kunyit mengeluarkan aroma.Terakhir, saring campuran susu kunyit tersebut dan sajikan. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit kayu manis sebagai penambah citarasa. Anda pun boleh membubuhkan sedikit madu, namun pastikan tidak berlebihan.

Catatan dari SehatQ

Susu kunyit atau golden milk dapat menjadi salah satu minuman hangat yang nikmat di tengah dinginnya musim hujan. Bahan-bahan dalam hidangan ini pun menambah manfaat susu kunyit bagi kesehatan dan kebugaran. Namun, mengonsumsi kunyit juga tidak boleh terlalu berlebihan. Pasalnya, akan ada efek samping mengonsumsi kunyit yang bisa mengganggu kesehatan, seperti sakit kepala, ruam, hingga batu ginjal.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar khasiat susu kunyit, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatnutrisimusim hujanzat gizi
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/golden-milk-turmeric
Diakses pada 27 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/too-much-sugar
Diakses pada 27 Desember 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24019277
Diakses pada 27 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait