Manfaat Susu Kambing, Benarkah Lebih Baik dari Susu Sapi?


Manfaat susu kambing cukup beragam untuk kesehatan. Selain menyehatkan saluran cerna dan tidak memicu alergi laktosa, susu kambing juga dapat dinikmati oleh semua umur.

(0)
06 Dec 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat susu kambing lebih baik daripada susu sapiSusu kambing kini banyak dikonsumsi untuk menggantikan susu sapi
Pernahkah Anda meminum susu kambing? Jika belum, tidak ada salahnya mencoba alternatif dari susu sapi ini karena banyak manfaat susu kambing untuk kesehatan tubu yang dapat Anda rasakan.Susu kambing adalah susu yang dihasilkan oleh kambing betina setelah ia melahirkan. Dibanding susu sapi, popularitas susu kambing memang belum terlalu booming. Meski tidak sedikit juga orang yang mengonsumsinya sekali-sekali karena dianggap memiliki khasiat mengobati penyakit tertentu.

Manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh

Secara keseluruhan, kandungan susu kambing per 100 gram adalah sebagai berikut:
  • Lemak 3,3 gram
  • Karbohidrat 4,7 gram
  • Kalori 61
  • Fosfor 93 gram
  • Kalsium 19 gram
  • Magnesium 13 mg
  • Zat besi 0,05 mg
  • Natrium 49 mg
  • Kalium 152 mg
  • Vitamin A 126 IU
  • Thiamin 0,04 mg
  • Riboflavin 0,16 mg
  • Niacin 0,08 mg
  • Vitamin B6 0,04 mg.
Berdasarkan kandungan nutrisi di atas, berikut manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh yang bisa Anda rasakan.

1. Membantu penyerapan nutrisi makanan

Sebuah studi menyatakan bahwa manfaat susu kambing yang paling dapat Anda rasakan ialah meningkatnya kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan lain.Hal ini bertolak belakang dengan kandungan pada susu sapi yang justru menghalangi penyerapan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi.

2. Menyehatkan saluran pencernaan

Susu kambing mengandung prebiotik yang mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna. Prebiotik ini bernama oligosakarida yang merupakan jenis prebiotik yang sama yang ditemukan dalam air susu ibu (ASI).Selain itu, susu kambing juga dapat mengeluarkan efek mirip pencahar, namun tidak sampai melukai saluran cerna Anda.

3. Meningkatkan sistem imun

Manfaat susu kambing yang satu ini datang dari kandungannya berupa asam linoleat. Selain meningkatkan sistem imun, asam linoleat juga dapat membantu Anda tumbuh secara optimal serta mencegah hadirnya berbagai penyakit di dalam tubuh.

4. Baik untuk pengidap diabetes

Bagi seseorang yang mengidap diabetes, susu kambing merupakan asupan baik yang dapat dikonsumsi. Khasiat susu kambing bisa didapatkan berkat kandungan A2-Betakasein dan Asam Amino Esensial sangat baik didalamnya bagi seseorang yang mengidap diabetes untuk pembentukan insulin. Minumlah susu kambing tanpa tambahan gula ataupun bahan pemanis lainnya.

5. Mengobati gangguan pernapasan

Flourin dan betakasein yang terdapat dalam susu kambing sangat baik untuk mengobati gangguan pernapasan. Susu kambing direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh Anda yang memiliki penyakit asma maupun gangguan pernapasan lainnya.

6. Mengobati penderita psoriasis

Manfaat susu kambing juga bisa dirasakan oleh Anda yang menderita peradangan kulit menahun (psoriasis). Dalam beberapa kasus, penderita psoriasis merasakan perubahan yang signifikan setelah mengganti asupan susu sapi dengan susu kambing. Akan tetapi, sejauh ini belum terdapat penelitian yang menerangkan secara spesifik mengenai manfaat ini secara rinci.

7. Mencegah penyakit saraf

Susu kambing kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan mencegah osteoporosis. Selain itu, kandungan zinc dan magnesium yang terdapat didalamnya juga bisa digunakan sebagai antioksidan sekaligus mencegah penyakit saraf.

8. Membantu meningkatkan kecerdasan

Jika dikonsumsi secara rutin, susu kambing untuk menjaga kesehatan otak Anda agar tetap optimal. Hal ini berkat kandungan Riboflavin (Vit B2) dan B3 yang terdapat didalamnya. Kedua zat ini sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang sel otak dan sel sistem saraf tubuh.Ibu hamil juga direkomendasikan untuk mengonsumsi susu kambing karena manfaatnya yang dapat meningkatkan kecerdasan anak dalam kandungan.

9. Baik untuk kesehatan sistem pencernaan

Di dalam perut Anda terdapat bakteri baik yang membantu sistem pencernaan. Namun, jumlah bakteri baik ini tergantung dengan jenis makanan yang Anda konsumsi. Susu kambing mengandung prebiotik, yaitu makanan untuk bakteri baik. Jika jumlah bakteri baik dalam tubuh normal atau bahkan meningkat kesehatan sistem pencernaan, maka proses metabolisme tubuh akan lebih baik.

10. Rendah lemak

Tingginya kadar kolesterol biasanya disebabkan oleh tingginya konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti mengonsumsi goreng-gorengan atau lemak yang ada pada daging ayam atau sapi. Susu kambing juga mengandung lemak jenuh, namun dalam jumlah yang lebih sedikit. Ini menunjukkan bahwa minum susu kambing dapat meminimalkan pengendapan kolesterol dalam tubuh.

Benarkah susu kambing lebih baik dari susu sapi?

Saat ini, banyak orang yang tidak lagi meminum susu sapi dan beralih ke susu kambing karena berbagai alasan. Salah satunya adalah susu kambing tidak rentan menimbulkan alergi laktosa mengingat susu ini memang mengandung lebih sedikit laktosa dibanding susu sapi, yakni 12 persen lebih sedikit per gelasnya, bahkan bisa lebih sedikit lagi jika susu kambing diolah menjadi yogurt.Menurut ahli, gizi susu kambing setara ASI yang baik untuk bayi dan anak-anak. Susu kambing memiliki komposisi nutrisi yang khas, sehingga dalam beberapa kasus dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi pada bayi yang mengalami Hypo-Allergenic Infant Food terhadap susu sapi.Pada orang yang sangat alergi terhadap laktosa, manfaat susu kambing ini dapat membuat mereka bisa menikmati sumber kalsium dari susu hewani tanpa takut mengalami efek samping.Efek alergi yang dimaksud, yakni infeksi radang telinga, eksim, kemerahan pada kulit, dan gangguan pencernaan. Meski relatif aman, susu kambing tidak bisa dijadikan sebagai obat penghilang alergi laktosa.Pada dasarnya, kandungan dalam susu kambing mirip dengan susu sapi. Dari segi protein, misalnya, susu kambing mengandung 3,3 gram per 100 gram berat susu, dibandingkan 3,6 gram protein per 100 gram susu sapi.Meski demikian, susu kambing lebih sedikit mengandung karoten sehingga warna susu yang dihasilkan lebih putih dibanding susu sapi. Lemak susu kambing juga lebih mudah dicerna daripada susu sapi karena glubula lemak susu kambing lebih banyak yang berdiameter kecil.Protein susu kambing juga lebih mudah dicerna sehingga tubuh manusia dapat menyerap lebih banyak asam amino yang dikandung dalam susu kambing ini. Selain itu, ibu hamil juga diperbolehkan untuk mengonsumsi susu kambing karena manfaatnya dapat dirasakan untuk kesehatan janin.Karena berbagai manfaat inilah, susu kambing dianggap sebagai produk yang lebih unggul dibanding susu sapi, serta sering dijadikan sebagai pengganti susu sapi bagi mereka yang memiliki alergi maupun masalah pencernaan lain.
makanan sehatsusu
Digilib Unila. http://digilib.unila.ac.id/12406/5/Bab%202%20revisi.pdf
Diakses pada 5 Desember 2019
Badan Litbang Peternakan. http://balitnak.litbang.pertanian.go.id/index.php?option=com_phocadownload&view=category&id=66:3&download=1022:3&Itemid=1
Diakses pada 5 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-goat-milk
Diakses pada 5 Desember 2019
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780128097625000358
Diakses pada 5 Desember 2019
LPPM IPB. http://lppm.ipb.ac.id/perbandingan-kandungan-nutrisi-asi-susu-sapi-dan-susu-kambing/
Diakses pada 14 Agustus 2020
Data Komposisi Pangan Indonesia. http://www.panganku.org/id-ID/view
Diakses pada 14 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait