7 Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui


Manfaat susu almond untuk ibu menyusui sangatlah beragam. Susu rendah lemak dan kalori yang rasanya lezat ini dipercaya ampuh dalam meningkatkan produksi ASI, memperkuat sistem imun tubuh, hingga menjaga kesehatan tulang.

0,0
25 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat susu almond untuk ibu menyusui tak lepas dari kandungan nutrisinya yang luar biasa.Kandungan vitamin E, kalsium, hingga kalium menjadikan susu almond untuk ibu menyusui sangatlah bermanfaat.
Susu almond memiliki segudang manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu menyusui dan bayinya. Selain rasanya lezat, susu ini juga dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI, memperkuat sistem imun tubuh, hingga menjaga kesehatan tulang. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beragam manfaat susu almond untuk ibu menyusui.

Manfaat susu almond untuk ibu menyusui

Bagi ibu menyusui yang sedang mencari susu rendah kalori dan lemak, susu almond bisa menjadi pilihan yang tepat. Susu ini juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui, seperti vitamin E, D, A, hingga kalsium.

1. Meningkatkan produksi ASI

Kandungan asam lemak omega-3 yang dikandung oleh susu almond dipercaya bisa merangsang hormon dan meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI Anda. Jika ASI Anda hanya sedikit atau susah keluar, cobalah minum susu almond secara rutin.

2. Memperlezat ASI

Selain meningkatkan produksi ASI, susu almond juga dinilai bisa meningkatkan rasa manis dan kekentalan ASI sehingga Si Kecil semakin bersemangat saat menyusu.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh

Susu almond diperkaya dengan segudang vitamin dan mineral. Konsumsi susu almond secara rutin dapat membantu memperkuat sistem imun ibu menyusui sehingga penyakit dan infeksi pun dapat dicegah.Selain itu, mengonsumsi susu almond secara rutin pun dinilai bisa membantu proses penyembuhan setelah melahirkan.

4. Bebas laktosa

Manfaat susu almond untuk ibu menyusui sangatlah beragam, salah satunya bebas laktosa
Susu almond tidaklah mengandung laktosa
Intoleransi laktosa adalah kondisi di mana tubuh tidak bisa mencerna laktosa atau gula yang sering ditemukan pada susu. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan laktase, yaitu enzim yang bertanggung jawab memecah laktosa.Bagi Anda yang memiliki intoleransi laktosa, susu almond bisa menjadi solusi terbaik pengganti susu sapi.

5. Memperkuat tulang

Susu almond mengandung kalsium dan fosfor yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Menurut sebuah studi, kalsium bahkan bisa mencegah risiko patah tulang dan penyakit osteoporosis.Saat ibu menyusui rutin mengonsumsi susu almond, kandungan kalsium dan fosfornya akan diserap ke dalam ASI dan terminum oleh bayi. Dengan begitu, pertumbuhan tulang Si Kecil akan terjaga.

6. Mengatasi peradangan dan stres pada tubuh

Susu almond adalah sumber vitamin E yang cukup tinggi. Sama seperti vitamin C, vitamin E juga bisa bertindak sebagai antioksidan yang kuat sehingga ampuh melawan peradangan dan stres pada tubuh. Tidak hanya itu, vitamin E bahkan dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker.

7. Menyehatkan mata

Susu almond mengandung kadar vitamin A yang cukup tinggi. Salah satu manfaat paling populer dari vitamin A adalah menjaga kesehatan mata. Ditambah lagi, vitamin ini bisa mencegah stres oksidatif, melawan radikal bebas, dan menjaga mata dari degenerasi makula.

Kandungan nutrisi susu almond

Manfaat susu almond untuk ibu menyusui tidak lepas dari kandungan nutrisinya
Kandungan nutrisi susu almond tidak boleh diremehkan
Dalam 100 gram susu almond, terkandung sejumlah nutrisi yang luar biasa ini.
  • Kalori: 39,3
  • Protein: 1,05 gram
  • Lemak: 2,52 gram
  • Karbohidrat 3,43 gram
  • Vitamin E: lebih dari 100 persen angka kecukupan gizi (AKG) harian
  • Kalsium: 37 persen dari AKG harian
  • Kalium: 4 persen dari AKG harian
  • Magnesium: 4 persen dari AKG harian
  • Riboflavin: 2 persen dari AKG harian
  • Fosfor: 2 persen dari AKG harian.

Peringatan sebelum meminum susu almond untuk ibu menyusui

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi berpotensi terserap ke dalam ASI sehingga bisa terminum oleh bayi. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi susu almond.Selain itu, minumlah susu almond sewajarnya. Meski menyehatkan, susu ini bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Catatan dari SehatQ

Susu almond untuk ibu menyusui dapat menawarkan beragam manfaat. Namun ingat, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu pada dokter sebelum Anda memutuskan untuk rutin minum susu almond saat menyusui.Jika Anda belum punya waktu untuk ke rumah sakit, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
bayi & menyusuimakanan sehatsusuhidup sehat
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-drink-almond-milk-while-breastfeeding_00366444/
Diakses pada 11 Desember 2020
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/foods-that-increase-breast-milk-supply-431598#:~:text=Almonds%3A%20Nuts%2C%20especially%20raw%20almonds,amount%20of%20their%20breast%20milk.
Diakses pada 11 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/almond-milk-health-benefits#TOC_TITLE_HDR_7
Diakses pada 11 Desember 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait