8 Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil dan Potensi Efek Sampingnya


Tidak hanya lezat, ternyata terdapat berbagai macam manfaat susu almond untuk ibu hamil yang tidak boleh diremehkan, mulai dari mencegah preeklamsia hingga menyehatkan kulit.

0,0
23 Jul 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Susu almond untuk ibu hamilManfaat susu almond untuk ibu hamil tidak boleh diremehkan.
Manfaat susu almond untuk ibu hamil tidak boleh diremehkan. Susu lezat yang terbuat dari campuran air putih dan kacang almond ini mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin.Mari kita kenali lebih jauh berbagai manfaat susu almond untuk ibu hamil yang sayang jika dilewatkan dan berbagai potensi efek sampingnya.

8 manfaat susu almond untuk ibu hamil dan janin

Dibandingkan jenis susu lainnya, susu almond tidak mengandung kalori yang tinggi. Selain itu, susu almond juga bebas laktosa dan tidak mengandung lemak jenuh. Ini menjadi salah satu alasan mengapa susu almond dipercaya baik untuk ibu hamil dan janin.Berikut adalah berbagai manfaat susu almond bagi ibu hamil.

1. Bernutrisi tinggi

Segudang manfaat susu almond untuk ibu hamil berasal dari kandungan nutrisinya yang luar biasa. Dilansir dari Medical News Today, berikut kandungan nutrisi susu almond:
  • Kalori: 39,3 gram
  • Protein: 1,05 gram
  • Lemak: 2,52 gram
  • Karbohidrat: 3,43 gram
  • Vitamin E: lebih dari 100 persen angka kecukupan gizi (AKG)
  • Kalsium: 37 persen dari AKG
  • Kalium: 4 persen dari AKG
  • Magnesium: 4 persen dari AKG
  • Fosfor: 2 persen dari AKG
  • Vitamin B2: 2 persen dari AKG.
Meski kandungan nutrisinya tidak sebesar susu sapi, susu almond sering kali difortifikasi dengan vitamin D, kalsium, dan protein sehingga membuatnya setara dengan susu lainnya.

2. Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan preeklampsia pada ibu hamil. Untuk mencegahnya, Anda dapat mengonsumsi susu almond.Susu nabati ini dipercaya mengandung kalsium yang diyakini ampuh dalam menjaga kestabilan tekanan darah.

3. Baik untuk kulit

Wajar bagi ibu hamil untuk mengalami masalah kulit selama kehamilan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah kulit selama kehamilan adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin E, misalnya susu almond.Dilansir dari Mom Junction, vitamin E yang dikandung susu almond dipercaya bisa mengatasi jerawat, pigmentasi kulit, dan membuat kulit tetap sehat.

4. Menjaga kesehatan tulang

Tulang Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi selama kehamilan. Inilah sebabnya ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang berkalsium tinggi seperti susu almond.Susu almond adalah sumber kalsium yang baik dan bisa membantu Anda menjaga kesehatan tulang supaya senantiasa kuat.

5. Mencegah anemia defisiensi besi

Beberapa produk susu almond diperkaya dengan zat besi. Mineral ini penting untuk ibu hamil karena bisa mencegah anemia defisiensi besi.Selain itu, zat besi juga dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin di dalam tubuh ibu hamil dan janin, serta membantu memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh ibu dan janin.

6. Mencegah kelainan pada otak janin

Susu almond mengandung asam folat yang bisa mencegah cacat lahir pada janin. Nutrisi ini dipercaya bisa membantu pembentukan tabung saraf janin.Selain itu, asam folat diyakini mampu mencegah kelainan pada otak bayi, seperti anensefali dan cacat tabung saraf (spina bifida).

7. Mengandung asam lemak omega-3

Manfaat susu almond untuk ibu hamil selanjutnya berasal dari kandungan asam lemak omega-3.Asam lemak omega-3 dianggap penting untuk perkembangan saraf janin dan mendukung pertumbuhan otak serta retina janin. Selain itu, asam lemak ini juga bisa membantu mencegah depresi perinatal.Selain untuk janin, asam lemak omega-3 juga dianggap penting untuk kesehatan jantung ibu hamil.

8. Membantu tubuh mengontrol diabetes gestasional

Diabetes gestasional adalah kondisi gula darah tinggi yang terjadi selama kehamilan dan biasanya mereda setelah proses persalinan. Kondisi medis ini sering terjadi pada trimester kedua dan ketiga.Manfaat susu almond untuk ibu hamil dipercaya bisa membantu Anda mencegah diabetes gestasional. Sebab, susu almond tidak mengandung pemanis dan tergolong sebagai minuman dengan indeks glikemik rendah sehingga tidak menyebabkan kadar gula dalam darah naik.Inilah alasan mengapa susu almond dipercaya dapat menurunkan risiko diabetes gestasional selama kehamilan.

Efek samping susu almond untuk ibu hamil

Di balik berbagai manfaat susu almond untuk ibu hamil, terdapat beberapa efek samping yang perlu Anda waspadai.
  • Rendah lemak dan kalori

Susu almond adalah minuman yang rendah lemak dan kalori. Jika Anda meminumnya sebagai sumber energi utama, Anda dapat merasa lemah selama kehamilan.
  • Menyebabkan alergi

Jika Anda memiliki alergi kacang, sebaiknya hindari susu almond. Susu ini bisa menyebabkan reaksi alergi dan berpotensi berbahaya untuk kehamilan Anda.
  • Dapat mengancam kesehatan kelenjar tiroid

Almond tergolong sebagai goitrogen yang dapat mengganggu fungsi kelenjar tiroid. Jika Anda memiliki masalah pada kelenjar tiroid, sebaiknya hindari susu almond.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kehamilan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
menjaga kehamilankehamilansusu
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318612#benefits
Diakses pada 8 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/milk-almond-cow-soy-rice#:~:text=Almond%20milk,-Almond%20milk%20is&text=It%20may%20also%20contain%20starches,and%20is%20naturally%20lactose%2Dfree.
Diakses pada 8 Juli 2021
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-consuming-almond-milk-during-pregnancy_00334791/
Diakses pada 8 Juli 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-almond-milk#1
Diakses pada 8 Juli 2021
Web MD. https://www.webmd.com/baby/are-you-getting-enough-iron#:~:text=Your%20body%20uses%20iron%20to%20make%20extra%20blood%20(hemoglobin)%20for,tired%2C%20called%20iron%20deficiency%20anemia.
Diakses pada 8 Juli 2021
So Natural. https://www.sonatural.pt/en/index.php/blog/blog_detalhe/59/
Diakses pada 8 Juli 2021
CDC. https://www.cdc.gov/ncbddd/folicacid/about.html#:~:text=Why%20folic%20acid%20is%20important,and%20spine%20(spina%20bifida).
Diakses pada 8 Juli 2021
Mother Baby Care. https://www.motherbabycare.in/2020/10/benefits-side-effects-of-almond-milk-during-pregnancy.html
Diakses pada 8 Juli 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/gestational-diabetes/#:~:text=Gestational%20diabetes%20is%20high%20blood,the%20second%20or%20third%20trimester.
Diakses pada 8 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait