3 Manfaat Ekstrak Biji Anggur untuk Jaga Kesehatan Tubuh Saat Pandemi


Ekstrak biji anggur tinggi antioksidan bernama oligomeric proanthocyanidin complexes (OPC). Oleh berbagai penelitian, senyawa OPC telah terbukti mampu menjaga daya tahan tubuh dan melindungi diri dari risiko infeksi.

0,0
wanita minum suplemen ekstrak biji anggur konilife oxiEkstrak biji anggur dilaporkan punya sifat antibakteri dan antijamur yang berpotensi menangkal risiko infeksi. 
Anggur, dari buah sampai kulit dan daunnya, telah digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mengobati berbagai keluhan sejak zaman Yunani dan Mesir Kuno. Sejarawan juga melaporkan bahwa orang Mesir dan Eropa Kuno juga menggunakan biji anggur.Oleh karena itu, dunia kedokteran modern kini terus berupaya mengupas tuntas apa saja manfaat ekstrak biji anggur (grape seed extract) terhadap kesehatan tubuh.Mengetahui manfaat suplemen ekstrak biji anggur untuk kesehatan tentu penting, terutama di masa rentan seperti pandemi Covid-19 sekarang ini. Sebab dengan begitu, Anda memiliki lebih banyak pilihan cara untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Apa saja manfaat suplemen ekstrak biji anggur untuk kesehatan?

Ekstrak biji anggur dibuat dari biji buah anggur merah yang dikeringkan dan dihancurkan. Ekstraknya kemudian dijadikan sebagai suplemen makanan dalam bentuk kapsul atau tablet.Lantas, apa saja manfaat suplemen ekstrak biji anggur?

1. Tinggi antioksidan

anggur merah hitam hijau
Biji anggur menyehatkan jantung dan pembuluh darah
Ekstrak biji anggur mengandung banyak antioksidan alami. Antioksidan melindungi sel-sel dari kerusakan dan mencegah peradangan akibat radikal bebas untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.Secara khusus, biji anggur diketahui kaya akan antioksidan kuat bernama oligomeric proanthocyanidin complexes (OPC).Oleh berbagai penelitian, senyawa OPC telah terbukti menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah.Memiliki sirkulasi darah yang lancar penting untuk menjaga daya tahan tubuh Anda.Dengan sirkulasi darah yang baik, setiap organ vital dalam tubuh seperti paru-paru, jantung, dan otak akan menerima suplai nutrisi dan oksigen yang cukup agar berfungsi baik dan efisien.Selain itu, sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh Anda akan diangkut lebih cepat ke seluruh tubuh untuk melawan kuman penyebab penyakit.

2. Mencegah risiko infeksi

Ekstrak biji anggur juga telah dilaporkan mempunyai sifat antibakteri dan antijamur yang menjanjikan untuk menangkal risiko infeksi. Sebagai contoh, hasil penelitian dari jurnal Medical Microbiology tahun 2019 menyatakan senyawa fenolik dalam biji anggur dapat melindungi tubuh dari strain bakteri yang kebal antibiotik serta bakteri penyebab keracunan makanan seperti Campylobacter dan E. coli.Senyawa ini pun diketahui mampu menghambat pertumbuhan jamur candida penyebab infeksi jamur.Selain itu, penelitian yang sama menemukan bahwa ekstrak biji anggur berpotensi dapat mencegah pertumbuhan beberapa jenis virus.Meski begitu, potensi manfaat yang satu ini belum diuji coba secara lebih luas.

3. Melindungi fungsi hati dan ginjal

kesehatan hati
peran hati dan ginjal penting untuk menjaga sistem imun
Hati dan ginjal kita berperan penting untuk mengeluarkan limbah dan zat-zat berbahaya yang masuk ke tubuh melalui infeksi, polutan, alkohol, sisa obat-obatan, dan masih banyak lagi.Oleh karena itu, hati dan ginjal merupakan anggota yang penting dari sistem kekebalan. Memiliki penyakit hati dan penyakit ginjal dapat melemahkan sistem kekebalan Anda, sehingga memudahkan infeksi untuk bertahan.Antioksidan dalam ekstrak biji anggur terbukti oleh beragam penelitian dapat melindungi fungsi hati dan ginjal terhadap kerusakan akibat stres oksidatif dan peradangan.Manfaat ekstrak biji anggur yang satu ini kemungkinan bekerja lebih baik ketika dikombinasikan dengan vitamin C.Asupan vitamin C sudah lama diketahui dapat membantu meningkatkan imun dan kerja metabolisme tubuh. Konsumsi vitamin C juga dilaporkan membantu menjaga kesehatan hati dari risiko perlemakan.Nah sebuah studi dari Saudi Journal of Gastroenterology menemukan bahwa ekstrak biji anggur bekerja lebih baik untuk meningkatkan fungsi hati ketimbang dari pemberian vitamin C saja. 

Kenapa kita sebaiknya minum suplemen di masa pandemi?

Seberapa baik fungsi kekebalan tubuh kita bekerja melawan risiko penyakit dan penularan infeksi berhubungan erat dengan asupan nutrisi harian.Pemenuhan nutrisi yang paling ideal sebetulnya adalah lewat pola makan sehat dan bergizi seimbang.Nutrisi dan antioksidan alami dari makanan akan diubah menjadi zat-zat yang penting untuk melindungi sel-sel sehat dari radikal bebas serta memproduksi antibodi untuk memerangi zat asing penyebab penyakit.Oleh karena itu, orang-orang yang asupan gizinya kurang baik cenderung lebih mudah jatuh sakit akibat infeksi bakteri, virus, dan lainnya.Akan tetapi, tidak dapat disangkal bahwa kebanyakan orang mungkin tidak bisa memenuhi seluruh kebutuhan gizinya lewat makanan saja.Di sinilah peran suplemen makanan untuk menunjang kesehatan Anda. Mengonsumsi suplemen makanan secara umum boleh dijadikan langkah antisipasi yang praktis untuk membantu melengkapi kesenjangan asupan nutrisi harian tubuh. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi suplemen dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada orang-orang yang kesulitan mencukupi kebutuhan gizi dari makanan.Nah, salah satu suplemen makanan yang bisa Anda konsumsi selama masa pandemi adalah Konilife Oxi.Konilife Oxi dibuat dengan kombinasi ekstrak biji anggur dan vitamin C yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan grape seed extract dalam kaplet Konilife Oxi bahkan setara dengan 8.000 biji anggur.Faktanya, antioksidan dalam ekstrak biji anggur bisa 10-20 kali lebih kuat daripada yang ada dalam buah dan sayuran.Efek antioksidan dari grape seed extract bahkan dilaporkan 50 kali lebih kuat dari vitamin E.

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum minum suplemen grape seed extract

minum suplemen ekstrak biji anggur
suplemen grape seed extract aman jaga daya tahan tubuh selama pandemi
Suplemen grape seed extract umumnya boleh dikonsumsi rutin. Namun jika Anda mempertimbangkan untuk minum suplemen ekstrak biji anggur, baiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.Pasalnya, minum suplemen grape seed extract secara sembarangan dalam dosis tinggi (lebih dari 300 mg per hari) mungkin dapat menimbulkan efek samping berupa sakit kepala, pusing, dan mual.Ekstrak biji anggur juga dapat memiliki efek pengencer darah, jadi Anda harus diskusikan dulu dengan dokter jika sedang menggunakan obat pengencer darah, obat penyakit jantung, atau sedang hamil dan menyusui.Oleh karena itu, Konilife Oxi lebih dianjurkan dikonsumsi orang-orang sehat yang ingin sekadar memelihara daya tahan tubuh sebagai bagian dari gaya hidup new normal.Tiap kapsul Konilife Oxi mengandung 50 mg grape seed extract sehingga lebih minim risiko efek samping dalam jangka panjang.Suplemen ini juga sekaligus bantu memenuhi 67% kebutuhan vitamin C harian Anda. Sebab, Konilife Oxi diperkaya dengan 60 mg vitamin C dalam tiap kapsulnya.Plus, akan lebih baik lagi jika Anda mengimbangi kebiasaan konsumsi suplemen kesehatan dengan tetap makan buah dan sayuran, rutin berolahraga, hinga tidur yang cukup agar kerja imun makin maksimal selama masa pandemi.
vitaminsuplementips kesehatanmenjaga kesehatanpola hidup sehatadv konilife
Healthline https://www.healthline.com/nutrition/grape-seed-extract-benefitsdiakses 5 Agustus 2021WebMD https://www.webmd.com/diet/grape-seed-extractdiakses 5 Agustus 2021WebMD https://www.webmd.com/diet/health-benefits-grape-seed#1diakses 5 Agustus 2021University of Rochester https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=19&contentid=grapeseedextractdiakses 5 Agustus 2021Saudi Journal of Gastroenterology https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3003214/diakses 5 Agustus 2021Redox Biology https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2213231718309480diakses 5 Agustus 2021Harvard School of Public Health https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/nutrition-and-immunity/diakses 5 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait