Manfaat Stretching, Lancarkan Aliran Darah Hingga Tenangkan Pikiran


Manfaat stretching bukan hanya membantu tubuh lebih fleksibel saja, tapi juga bisa mengurangi stres hingga nyeri di badan. Idealnya, peregangan dilakukan secara rutin setiap harinya. Tak harus lama, asalkan konsisten.

(0)
19 Nov 2020|Azelia Trifiana
Manfaat stretching membuat tubuh lebih fleksibelStretching bermanfaat membantu tubuh lebih fleksibel
Manfaat stretching bukan hanya membantu tubuh lebih fleksibel saja, tapi juga bisa mengurangi stres hingga nyeri di badan. Idealnya, peregangan dilakukan secara rutin setiap harinya. Tak harus lama, asalkan konsisten.Setiap orang akan mendapat manfaat dari melakukan peregangan setiap hari. Pilihan peregangan bisa yang statis maupun dinamis, sesuaikan saja dengan kondisi tubuh dan mood saat akan melakukannya.

Manfaat stretching setiap hari

Beberapa hal ini akan terwujud jika sudah melakukan stretching setiap hari, yaitu:

1. Membuat tubuh lebih fleksibel

Rutin melakukan peregangan otot akan membuat fleksibilitas meningkat. Ini adalah faktor krusial bagi kesehatan seseorang. Tak hanya membantu bergerak dan beraktivitas, otot fleksibel juga mengurangi risiko mengalami cedera. Bahkan, fleksibilitas ini juga membantu menunda keterbatasan gerak akibat bertambahnya usia.

2. Bebas bergerak

Siapa yang tidak ingin bebas menggerakkan anggota tubuh secara leluasa? Untuk mewujudkannya, lakukan peregangan otot setiap hari. Menurut sebuah penelitian, peregangan statis dan dinamis efektif membuat gerakan lebih leluasa.

3. Melancarkan aliran darah

Melakukan peregangan otot juga melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otot. Ini dapat mempercepat waktu pemulihan dan meredakan rasa tidak nyaman di otot setelah berolahraga akibat DOMS.

4. Postur tubuh semakin baik

Otot juga perlu seimbang. Artinya, tidak ada otot yang terlalu aktif dan sangat tidak aktif. Jika otot sudah seimbang, maka postur tubuh akan membaik. Menurut sebuah penelitian, kombinasi peregangan dan penguatan kelompok otot secara spesifik bisa membuat postur tubuh menjadi optimal.Tak hanya itu, peregangan dinamis juga membantu otot semakin siap beraktivitas. Utamanya, ketika melakukan olahraga atau aktivitas fisik berintensitas tinggi.

5. Mencegah nyeri tulang belakang

tulang belakang
Stretching dapat mengurangi nyeri tulang belakang
Salah satu penyakit yang kerap terjadi apabila otot tidak meregang atau lemah adalah nyeri tulang belakang. Ini terjadi karena otot kaku sehingga rentan mengalami cedera saat melakukan gerakan tertentu.Dengan rutin meregangkan otot atau stretching, dapat mencegah terjadinya nyeri punggung. Ini penting dilakukan mengingat otot perut dan punggung adalah penopang tubuh yang utama.

6. Meredakan stres

Jika merasa mood swing atau stres, coba lakukan gerakan-gerakan peregangan otot sederhana. Ini akan membuat tubuh terasa lebih baik. Alasannya karena saat merasa stres baik fisik maupun emosional, otot cenderung menegang.Ketika melakukan stretching, fokuslah pada bagian tubuh yang kerap tegang. Contohnya seperti pundak, leher, dan punggung bagian atas.

7. Menenangkan pikiran

Relaksasi seperti meditasi dan stretching juga dapat membantu menenangkan pikiran. Untuk melakukannya, fokus pada gerakan-gerakan meditasi yang bisa membantu pikiran lebih rileks dan tenang.

8. Mengurangi sakit kepala tegang

perempuan sakit kepala
Stretching teratur dapat mengurangi timbulnya sakit kepala
Sakit kepala tegang atau headache tension dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara meredakannya adalah dengan mengalokasikan waktu untuk melakukan stretching. Tak lupa, lengkapi dengan memastikan asupan cairan tercukupi, banyak beristirahat, serta mengonsumsi makanan bergizi.

Teknik peregangan otot

Ada beberapa teknik peregangan otot atau stretching mulai dari dinamis, status, balistik, pasif, aktif, dan juga proprioceptive neuromuscular facilitation (PNF). Dari daftar teknik itu, yang paling umum dilakukan adalah peregangan otot statis dan dinamis, yaitu:
  • Peregangan otot statis

Static stretching dilakukan dengan meregangkan otot di posisi yang nyaman selama 10-30 detik. Umumnya, peregangan ini dilakukan setelah berolahraga pada saat pendinginan. Otot-otot yang telah bekerja keras selama berolahraga diregangkan agar tidak terasa kaku.
  • Peregangan otot dinamis

Berbeda dengan stretching statis yang dilakukan di satu tempat, peregangan otot dinamis dilakukan dengan gerakan aktif. Umumnya, stretching dengan teknik ini dilakukan sebagai bentuk pemanasan agar otot-otot siap untuk diajak bergerak.Melakukan peregangan otot sangat penting untuk memastikan siap digerakkan secara optimal. Cara ini juga bisa menghindari terjadinya cedera. Alokasikan waktu selama 5-10 menit untuk melakukannya.Peregangan otot bisa dilakukan baik sebelum maupun sesudah berolahraga. Namun jika tidak sedang berolahraga pun, sebaiknya tetap lakukan peregangan otot selama 5-10 menit. Ini dapat meningkatkan fleksibilitas serta mengurangi ketegangan otot.

Namun ingat untuk tidak melakukan gerakan bouncing saat peregangan. Ini terjadi jika stretching dilakukan terlalu berlebihan. Akibatnya, otot akan merespons dengan menjadi lebih tegang sebagai bentuk perlindungan. Ini adalah kebalikan dari tujuan stretching yaitu untuk membuat otot rileks.Jadi, lakukan stretching dengan memanjangkan otot secara perlahan dan bertahap. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang gerakan-gerakan peregangan otot serta pilihan olahraga yang tepat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragamenjaga kesehatanpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-stretching
Diakses pada 8 November 2020
International Journal of Sports Physical Therapy. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3273886/
Diakses pada 8 November 2020
Health Harvard. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/the-importance-of-stretching
Diakses pada 8 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait