Tidak Hanya Mengurangi Stres, Ini Dia 7 Manfaat Stress Ball untuk Kesehatan


Ada banyak cara untuk mengurangi stres, salah satunya dengan menggunakan stress ball. Ini karena selain membuat relaks, stress ball juga dapat mengalihkan perhatian Anda dari faktor penyebab stres. Bahkan, alat ini juga dapat membantu dan melatih otot tangan.

0,0
Ditinjau olehdr. Reni Utari
manfaat stress ballSesuai namanya, salah satu manfaat stres ball adalah meredakan stres
Stres merupakan respons tubuh terhadap suatu tekanan yang bisa berpengaruh pada tubuh, pikiran, dan perilaku. Jika dibiarkan, hal ini bisa berdampak pada gangguan kesehatan fisik maupun mental. Menggunakan stress ball dipercaya dapat meredakan gejala stres dan membuat Anda lebih baik. 

Apa itu stress ball?

Stress ball adalah bola kecil berisi tanah liat (clay) atau gel lunak yang mudah digenggam dan diremas dengan telapak tangan dan jari. Bola ini hadir dengan beragam ukuran dan bentuk sesuai kebutuhan.Stress ball dimainkan dengan cara diremas dan akan kembali ke bentuk semula. Bukan sekadar dimainkan, gerakan meremas stress ball yang berulang diklaim dapat mengurangi stres dan kecemasan.

Manfaat stress ball bagi kesehatan fisik dan mental

Tujuan penggunaan stress ball adalah mengurangi kecemasan dan stres, serta melatih otot tangan dan jari pada kondisi tertentu. Meremas stress ball dapat mengaktifkan otot untuk berkontraksi dan membantunya lebih rileks. Tindakan mencengkeram dan melepaskan berulang ini mampu membantu menghilangkan stres dan ketegangan. Hal ini sebagaimana dikatakan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice, bahwa stress ball memiliki efek positif dalam pengendalian stres. Itulah sebabnya, stress ball sangat membantu secara psikologis, emosional, dan fisiologis. Berikut ini beberapa manfaat stress ball yang telah terbukti secara ilmiah. 

1. Menghilangkan stres 

Stress ball terbukti dapat mengurangi stres dan ketegangan. Ketika Anda mengepalkan tangan, meremas bola, dan melepaskannya, otot-otot tangan akan mengencang dan kembali rileks. Ini dapat membantu menghilangkan stres dan ketegangan.

2. Meningkatkan suasana hati

Meremas stress ball dapat merangsang otak untuk melepaskan hormon kebahagiaan, yakni endorfin. Hal inilah yang dapat menimbulkan efek menenangkan, meningkatkan mood atau suasana hati, dan menghilangkan rasa sakit.

3. Mengalihkan perhatian

Mencengkeram, meremas, dan melepaskan stress ball secara berulang diketahui memiliki efek menenangkan yang setara dengan berlatih yoga atau meditasi.Hal ini dapat membantu Anda mengalihkan perhatian dari faktor penyebab stres

4. Merangsang saraf

Selain melatih otot tangan, kegiatan meremas dan melepas stress ball berulang juga dapat merangsang dan mengaktifkan saraf di tangan Anda. Saraf yang aktif tersebut mengirimkan sinyal ke bagian otak yang bertanggung jawab terhadap perilaku dan emosional, yakni sistem limbik.Rangsangan saraf ini memberikan efek akupresur yang mampu memengaruhi bagian tubuh lain, termasuk mengurangi stres dan rasa sakit. 

5. Melatih dan menguatkan otot tangan

Kegiatan meremas dan melepaskan stress ball secara teratur dan konsisten dapat melatih dan menguatkan otot tangan dan pergelangan tangan. Otot yang kuat dapat meminimalkan Anda dari risiko cedera di kemudian hari. Selain itu, latihan otot tangan dan pergelangan tangan dengan stress ball ini juga biasa digunakan oleh para terapis fisik. Tujuannya, untuk meningkatkan tonus jari, pergelangan tangan, dan tangan. 

6. Memperlancar aliran darah

Kegiatan meremas dan melepaskan stress ball berulang dapat memberikan kontraksi dan relaksasi pada jari, tangan, dan pergelangan tangan. Hal ini dapat memperlancar aliran darah di daerah tersebut. Sirkulasi darah yang lancar bermanfaat bagi fungsi tubuh secara keseluruhan, termasuk meningkatkan fungsi otot dan menghilangkan racun dari tubuh. 

7. Mengatasi gangguan sendi 

Stress ball juga dapat mengatasi gangguan sendi. Pada radang sendi misalnya, stress ball membantu tangan dan jari untuk menghilangkan rasa sakit yang timbul akibat gangguan sendi. 

Adakah benda lain yang dapat membantu menghilangkan stres?

Selain stress ball, ada beragam jenis mainan lain untuk mengurangi kecemasan dengan bentuk dan tekstur yang berbeda. Berikut ini beberapa mainan yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda untuk mengatasi stres:
  • Chinese stress ball, yakni jenis bola dari bahan yang lebih keras sehingga tidak dapat diremas. 
  • Play doh, yakni adonan lunak beraroma yang bisa dibentuk sesuka hati 
  • Bola magnetik, yakni bola kecil bermagnet yang bisa dihubungkan satu sama lain
  • Rubik, yakni kumpulan kubus warna-warni yang dimainkan dengan cara memindahkan atau menggeser potongan kubus kecil 

Cara lain mengatasi stres

Selain menggunakan stress ball, beberapa cara berikut bisa Anda praktikkan untuk mengelola stres yang Anda alami, antara lain:
  • Rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga
  • Lakukan relaksasi dengan teknik pernapasan, meditasi, yoga, tai chi, dan pijat
  • Menjaga rasa humor
  • Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang Anda sayangi
  • Melakukan hobi, seperti mendengarkan musik, melukis, atau travelling
  • Istirahat cukup
  • Makan makanan bergizi seimbang  

Catatan dari SehatQ

Stress ball terbukti secara ilmiah dapat meringankan gejala stres dengan beragam cara. Ini bisa membantu Anda mengelola stres sehingga meningkatkan kualitas hidup. Jika dengan menggunakan stress ball gejala kecemasan Anda tidak berkurang, jangan ragu untuk menemui dokter atau psikolog. Dokter akan memeriksakan kondisi Anda, mengidentifikasi penyebab, dan memberikan saran bahkan obat yang bisa mengelola stres Anda. Jika masih ada pertanyaan seputar manfaat stress ball untuk kesehatan, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
stresgangguan kecemasangangguan stres akut
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/stress-symptoms/art-20050987
Diakses pada 24 Oktober 2021
Pain Assist. https://www.epainassist.com/fitness-and-exercise/stress-ball
Diakses pada 24 Oktober 2021
The American Institute of Stress. https://www.stress.org/relieve-stress-play-with-toys
Diakses pada 24 Oktober 2021
Complementary Therapies in Clinical Practice. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S174438812031118X?via%3Dihub
Diakses pada 24 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait