Tidak Selalu Buruk, Ini Manfaat Stres untuk Kesehatan


Tak banyak orang yang mengetahui manfaat stres bagi tubuh manusia. Anda mungkin beranggapan bahwa stres hanya memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Padahal, bila dikelola dengan baik, stres juga bisa bermanfaat.

0,0
18 Jul 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat stres salah satunya adalah meningkatkan kinerja otakSaat stres, Anda justru dapat lebih fokus dan produktif dalam bekerja
Seringnya kita mendengar stres sangatlah buruk bagi kesehatan jiwa dan psikologis. Stres dapat menyebabkan insomnia, penambahan berat badan, hingga meningkatkan tekanan darah. Masalah dan tekanan bisa datang kapan saja dan di mana saja, bahkan ketika kondisi kita baik-baik saja. Semua orang tentu ingin hidupnya ringan, tanpa beban, dan tanpa tekanan. Namun tentunya hal ini mustahil terjadi. Setiap orang punya masalah dan sumber stres. Namun, tanpa disadari manfaat stres ternyata membuat kita lebih pintar, lebih sehat, dan lebih kuat.

4 Manfaat stres untuk kesehatan

Tidak semua stres diciptakan sama. Bisa jadi Anda masuk dalam kondisi stres kronis ketika pikiran buruk mendominasi pikiran Anda hari demi hari. Kondisi ini dengan mudah menyebabkan kecemasan, kelelahan, tekanan darah tinggi, dan depresi.Manusia punya respons melawan yang merupakan reaksi fisiologis bawaan yang terjadi saat diserang. Istilah ini disebut fight or flight (melawan atau kabur). Tubuh Anda telah disiapkan untuk menangani stres normal sehari-hari. Ketika pertahanan alami bekerja, hal ini akan mendatangkan manfaat kesehatan, seperti:

1. Meningkatkan fungsi kognitif

Stres yang muncul dalam tingkat sedang dan bisa Anda atasi ternyata dapat meningkatkan kinerja otak Anda. Hal ini terjadi karena stres dapat memperkuat hubungan antara neuron di otak Anda serta meningkatkan daya ingat, fungsi memori, dan rentang perhatian sehingga membantu Anda menjadi lebih produktif.Jika Anda meragukan hal ini, coba lakukan evaluasi pada kinerja Anda sehari-hari. Saat mengalami tingkat stres tinggi di tempat kerja, sadari bahwa Anda lebih fokus dan produktif daripada hari-hari biasanya.

2. Berpotensi melindungi tubuh dari infeksi

Manfaat stres adalah dapat membantu tubuh terhindari dari flu
Hormon stres dosis rendah dapat melindungi tubuh dari flu
Respons yang Anda rasakan saat stres dirancang untuk melindungi Anda dari cedera atau ancaman lainnya. Menariknya, hormon stres dosis rendah dapat melindungi tubuh dari infeksi, termasuk infeksi virus flu. Stres tingkat sedang merangsang produksi senyawa yang disebut interleukin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan untuk melindungi tubuh terhadap penyakit. 

3. Membuat Anda jadi tahan banting

Semua orang benci stres, benci menghabiskan pikiran hanya untuk menangani suatu masalah. Namun di sisi lain, stres membuat Anda lebih kuat dan tahan banting dalam menghadapi masalah.Ketika Anda mengalami situasi sulit untuk pertama kalinya, Anda merasa hancur dan tidak tahu bagaimana mengatasinya. Namun setelah dihadapi dan kondisi Anda berubah, Anda jadi tahu cara menghadapi insiden serupa di masa depan. Anda juga jadi punya cara untuk menghindari situasi yang sama berulang kembali.

4. Membantu tumbuh kembang janin

Ketika sedang hamil, dokter akan memberitahu untuk menghindari stres karena berdampak pada kehamilan. Melahirkan prematur atau bayi dengan berat badan rendah adalah contohnya. Namun, kabar baiknya, stres tingkat rendah hingga sedang selama masa kehamilan tidak akan membahayakan bayi.Sebuah studi Johns Hopkins tahun 2006 melibatkan 137 wanita dari pertengahan kehamilan hingga ulang tahun kedua anak-anak mereka. Studi tersebut menemukan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang mengalami stres ringan hingga sedang selama kehamilan memiliki keterampilan perkembangan awal yang lebih maju pada usia 2 tahun.Jadi, jika Anda sedang hamil dan menghadapi tekanan secara berkala, jangan panik. Karena hal ini dapat membantu perkembangan bayi Anda.

Cara mengelola stres

Meskipun stres tidak selalu buruk, tetapi jika dibiarkan dan tak tahu cara mengelolanya, maka akan berdampak negatif. Beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk mengelola stres, yaitu:
  • Bernapas dalam-dalam

Bernapas dalam akan membantu tubuh menurunkan kadar stes
Menarik napas dalam akan membantu pikiran lebih jernih
Ketika stres dan tekanan datang tiba-tiba dan Anda tak tahu cara menghadapinya, cobalah diam sejenak dan bernapas dalam-dalam. Cara ini akan memperbaiki sirkulasi udara dalam tubuh dan membuat pikiran jernih sehingga Anda dapat menghadapi tekanan apa pun di depan Anda.
  • Memperbaiki pola makan

Mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang akan membantu mengontrol suasana hati. Makanan yang bernutrisi tinggi dapat berupa sayuran, buah, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. 
  • Luangkan waktu untuk hobi

Sisihkan waktu untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai karena hal ini akan membuat Anda merasa lebih baik sehingga menghilangkan stres. 
  • Bicarakan masalah Anda

Jika ada hal-hal yang mengganggu, bicarakan pada orang kepercayaan Anda untuk membantu menurunkan stres. Bicarakan pada teman, sahabat, keluarga, atau terapis. Bisa juga Anda melakukan positive self-talk untuk lebih kuat. Coba dengarkan baik-baik apa yang Anda pikirkan. Jika ada pikiran negatif, ubahlah menjadi positif. Stres bukanlah perasaan yang diinginkan semua orang. Namun, selama Anda bisa mengatasinya, stres akan mendatangkan manfaat kesehatan yang mengejutkan. Kuncinya adalah mengidentifikasi apakah stres tersebut buruk atau baik. Selama tidak kronis, stres bisa jadi hal yang positif dalam hidup Anda.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
stresgangguan kecemasan
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-stress-you-didnt-know-about#Stress-in-a-nut-shell
Diakses pada 29 Juni 2021. 
WebMD. https://www.webmd.com/balance/guide/tips-to-control-stress
Diakses pada 29 Juni 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait