Manfaat Stearic Acid yang Sering Ditemukan dalam Kosmetik

0,0
28 Jun 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Stearic acid sering ditemukan dalam berbagai produk kosmetikStearic acid berbentuk padat dan berwarna putih
Stearic acid atau asam stearat adalah asam lemak jenuh rantai panjang yang ditemukan secara alami pada berbagai lemak hewan dan tumbuhan. Asam stearat memiliki bentuk yang padat, berwarna putih, beraroma ringan, dan kadang tersedia dalam bentuk kristal.

Penggunaan stearic acid dalam kosmetik

Berkat berbagai kandungannya, stearic acid kerap dijadikan bahan baku sejumlah produk kosmetik. Secara umum, fungsi asam stearat dalam produk kosmetik adalah sebagai pengemulsi, emolien, dan pelicin yang dapat melembutkan kulit, sekaligus membantu menjaga produk kosmetik agar tidak terpisah.Berikut adalah sejumlah produk kosmetik yang menggunakan asam stearat sebagai salah satu bahan tambahannya.
  • Krim pelembap
  • Tabir surya
  • Make up
  • Sabun
  • Sampo dan kondisioner
  • Krim cukur
  • Losion bayi
  • Berbagai produk perawatan pribadi lainnya.
Fungsi asam stearat dalam krim juga sering digunakan sebagai komponen alami pelembap, misalnya pada cocoa butter atau shea butter.Selain itu, sebuah penelitian yang dirilis National Library of Medicine mengungkapkan bahwa stearic acid dapat membantu menyembuhkan luka bakar.

Manfaat stearic acid dalam kosmetik

Salah satu fungsi asam stearat yang paling penting dalam berbagai produk kosmetik adalah menciptakan tekstur yang lembap, licin, dan tidak mudah pecah.Di samping itu, masih ada sejumlah manfaat stearic acid lainnya bagi kulit Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Melembapkan kulit

Stearic acid termasuk pelembap yang masuk dalam kategori emolien. Cara kerja pelembap jenis ini adalah dengan melembutkan dan menghaluskan kulit.Pelembap yang mengandung asam stearat dapat membantu menahan lebih banyak air jika dibandingkan pelembap wajah lainnya. Manfaat ini bisa membantu produk kosmetik bertahan lebih lama di kulit.

2. Memperkuat lapisan pelindung kulit

Lapisan terluar kulit bertanggung jawab untuk menjaga kelembapan alami dan mencegah terjadinya iritasi. Sel-sel kulit pada lapisan pelindung ini membutuhkan asam stearat (serta jenis lemak lainnya), kolesterol, dan ceramide sebagai perekat.Berbagai zat yang bersifat perekat tersebut dapat menjaga lapisan pelindung kulit tetap kuat, memiliki permukaan yang halus, dan tidak pecah. Selain itu, fungsi asam stearat dan zat-zat perekat lainnya adalah melindungi kulit dari kehilangan air dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

3. Ramah untuk kulit sensitif

Stearic acid dianggap memiliki kemampuan untuk mengurangi iritasi sehingga sering dimanfaatkan sebagai kandungan krim perawatan kulit yang ramah bagi pemilik kulit sensitif atau iritasi.Selain itu, stearic acid mampu membuat pelembap wajah menjadi lebih lembut dan encer sehingga lebih mudah diaplikasikan dan cocok untuk kulit sensitif yang cenderung bereaksi terhadap minyak. Asam stearat juga dapat mendinginkan dan menenangkan kulit.Berbagai kandungan asam stearat bahkan diklaim bisa membantu mengurangi pengelupasan dan gatal yang terkait dengan psoriasis.

4. Berfungsi sebagai pembersih sekaligus pelembap

Asam stearat juga dapat berfungsi sebagai surfaktan, yakni bahan yang dapat membantu untuk membersihkan kulit. Surfaktan membuat minyak, air, dan kotoran saling mengikat sehingga dapat diangkat dari permukaan kulit dengan lebih mudah.Selain itu, stearic acid dianggap lebih unggul dari surfaktan lainnya karena dapat membersihkan tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit Anda. Asam stearat malah bisa menambah kelembapan yang bermanfaat bagi kulit.Maka dari itu, asam stearat dapat dimanfaatkan sebagai pembersih lembut yang tidak membuat kulit kering atau mengiritasi kulit yang bermasalah.

5. Lebih mudah diaplikasikan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu fungsi asam stearat yang paling utama dalam produk kosmetik adalah sebagai pengemulsi.Stearic acid dapat membuat krim perawatan kulit terasa lebih tebal, halus, dan meningkatkan teksturnya sehingga terasa lebih mewah. Fungsi ini juga membantu krim lebih mudah diaplikasikan secara merata pada kulit dan mencegahnya terpisah-pisah.

Efek samping asam stearat

Secara umum, asam stearat tergolong aman untuk digunakan dan mudah ditoleransi oleh beragam jenis kulit. Meskipun demikian, pemakaian asam stearat pada kulit sensitif perlu diperhatikan karena berpotensi memicu reaksi alergi.Namun, potensi risiko ini masih tergolong kecil dan pengguna krim kosmetik yang merasakan efek samping dari stearic acid masih sangat terbatas. Hal ini dikarenakan asam stearat merupakan asam lemak alami yang juga ditemukan pada manusia.Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan krim atau pembersih kulit yang mengandung asam stearat sesuai anjuran pemakaian dari dokter.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play..
perawatan kulitproduk kecantikan
Byrdie. https://www.byrdie.com/what-is-stearic-acid-5120216
Diakses 16 Juni 2021
Puracy. https://puracy.com/blogs/ingredients/stearic-acid
Diakses 16 Juni 2021
Raw Chemistry. https://rawchemistry.com/blogs/news/what-are-the-benefits-of-stearic-acid
Diakses 16 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait