9 Manfaat Sorgum, Si Pengganti Nasi yang Baik untuk Kesehatan

(0)
30 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat sorgum untuk kesehatan sangat beragam, salah satunya turunkan berat badan!Manfaat sorgum untuk kesehatan tidak boleh diremehkan!
Manfaat sorgum untuk kesehatan masih belum diketahui banyak orang. Padahal, sorgum adalah salah satu biji-bijian yang paling banyak dikonsumsi di dunia.Sorgum adalah biji-bijian yang diambil dari tanaman rumput bersuku Poaceae. Biji-bijian berwarna kuning dan putih ini memiliki bentuk yang mungil.

9 manfaat sorgum untuk kesehatan

Mungkin tidak banyak dari Anda yang familiar dengan sorgum. Namun, biji-bijian ini dikenal sebagai makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac dan dianggap ampuh menangani diabetes.Tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu, mari kita mengenal lebih jauh seputar berbagai manfaat sorgum untuk kesehatan.

1. Kaya akan nutrisi

Berbagai manfaat sorgum untuk kesehatan tak lepas dari kandungan nutrisinya yang luar biasa. Berdasarkan sebuah riset, berikut adalah kandungan nutrisi dalam setengah cangkir (96 gram) sorgum yang belum dimasak:
  • Kalori: 316 gram
  • Protein: 10 gram
  • Lemak: 3 gram
  • Karbohidrat: 69 gram
  • Serat: 6 gram
  • Vitamin B1 (tiamin): 26 persen dari rekomendasi asupan harian (RAH)
  • Vitamin B2 (riboflavin): 7 persen dari RAH
  • Vitamin B5 (asam pantotenat): 7 persen dari RAH
  • Vitamin B6: 25 persen dari RAH
  • Tembaga: 30 persen dari RAH
  • Zat besi: 18 persen dari RAH
  • Magnesium: 37 persen dari RAH
  • Fosfor: 22 persen dari RAH
  • Kalium: 7 persen dari RAH
  • Zinc: 14 persen dari RAH.

2. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Salah satu manfaat utama sorgum adalah meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Manfaat sorgum ini didapatkan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Satu cangkir sorgum saja sudah mengandung 13 gram serat.Dengan mengonsumsi sorgum, beragam penyakit pencernaan, seperti sembelit, sakit perut, diare, kelebihan gas, kembung, hingga kram, dapat diatasi.

3. Menjaga kesehatan jantung

Jangan salah, serat juga memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Saat kebutuhan harian serat terpenuhi, kolesterol jahat (LDL) dapat dibabat.Dengan demikian, kesehatan jantung dapat terjaga. Penyakit seperti stroke, serangan jantung, hingga aterosklerosis pun dapat dicegah.

4. Menangani diabetes

Sorgum memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dapat menjaga kestabilan insulin dan gula darah (glukosa) di dalam tubuh. Itu artinya, gula darah pasien diabetes tidak akan meningkat secara tiba-tiba setelah mengonsumsi makanan ini.Bagi Anda yang tidak mengidap diabetes, mengonsumsi sorgum sebagai pengganti nasi (dengan porsi yang tepat) dapat menjadi salah satu cara mencegah diabetes yang patut dicoba.

5. Aman untuk penderita penyakit celiac

manfaat sorgum untuk kesehatan dapat dirasaan penderita penyakit celiac
Tenang saja, manfaat sorgum dapat dirasakan penderita penyakit celiac
Penyakit celiac terjadi saat tubuh penderitanya memiliki alergi terhadap gluten, seperti produk gandum. Menurut jurnal Clinical Nutrition, sorgum adalah salah satu makanan yang tidak mengandung gluten dan aman dikonsumsi pasien penyakit celiac.Hasilnya, penderita celiac tidak akan mengalami gejala-gejala, seperti mual, diare, dan kerusakan saluran pencernaan.

6. Membantu turunkan berat badan

Manfaat sorgum untuk menurunkan berat badan datang dari kandungan seratnya. Serat sulit dicerna oleh tubuh sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Makan berlebihan pun dapat dihindari dan berat badan akan terjaga.Ditambah lagi, sorgum adalah salah satu makanan yang kaya akan protein. Saat kebutuhan protein Anda terpenuhi, rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Sorgum mengandung kadar magnesium yang cukup tinggi. Mineral ini dapat membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik sehingga kadar kalsium di dalam tubuh pun terjaga.Perpaduan magnesium dan kalsium akan meningkatkan kesehatan tulang. Tidak hanya itu, penyakit seperti osteoporosis pun dapat dicegah.

8. Meningkatkan sirkulasi darah

Menurut sebuah studi dari Science of The Total Environment, sorgum mengandung mineral yang bisa meningkatkan sirkulasi darah.Misalnya, keberadaan mineral tembaga pada sorgum dapat membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik. Hal ini dapat membantu Anda mencegah penyakit seperti anemia.Saat kadar zat besi terpenuhi, produksi sel darah merah pun terjaga sehingga sirkulasi darah akan lancar.

9. Meningkatkan energi tubuh

Manfaat sorgum untuk kesehatan ternyata bisa meningkatkan energi
Manfaat sorgum untuk kesehatan sangatlah beragam
Manfaat sorgum dalam meningkatkan energi sudah dibuktikan dalam jurnal Nutrient Research. Sorgum mengandung niacin atau vitamin B3 yang dapat membantu tubuh memecah nutrisi dari makanan menjadi energi yang kita pakai untuk berkegiatan sehari-hari.

Efek samping mengonsumsi sorgum

Sejauh ini, belum ada laporan mengenai efek samping mengonsumsi sorgum. Namun, karena sorgum berasal dari tanaman rumput, ada kemungkinan Anda bisa alergi terhadapnya. Meskipun hal ini jarang terjadi, sebaiknya Anda tetap harus mewaspadainya.Selain itu, makanlah sorgum secukupnya saja dan jangan sampai berlebihan. Konsumsi makanan secara berlebihan, sekalipun itu makanan sehat, berpotensi menimbulkan kerugian pada kesehatan.Bagi Anda yang ingin mencari pengganti nasi atau penasaran dengan manfaat sorgum, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ancient-grains
Diakses pada 16 Oktober 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/cereal/sorghum.html
Diakses pada 16 Oktober 2020
Food NDTV. https://food.ndtv.com/food-drinks/6-impressive-benefits-of-jowar-sorghum-1783839
Diakses pada 16 Oktober 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait