Bukan Cuma Keren, Ini 9 Manfaat Skateboarding


Bisa dibilang, skateboarding adalah perpaduan dari olahraga, budaya, gaya hidup, dan juga seni. Selain terlihat keren, olahraga ini bermanfaat meredakan stres, melatih presisi, hingga mengasah kesabaran.

0,0
30 Aug 2021|Azelia Trifiana
Olahraga skateboardingOlahraga skateboarding
Bisa dibilang, skateboarding adalah perpaduan dari olahraga, budaya, gaya hidup, dan juga seni. Bahkan, olahraga skateboard masuk menjadi salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade Tokyo 2020. Menariknya lagi, olahraga ini termasuk salah satu yang paling populer di kalangan anak muda.Sejak tahun 1980-an, skateboarding telah menjadi bagian esensial dari budaya di jalanan. Bahkan, isu kesetaraan juga bisa disisipkan dalam olahraga yang satu ini sebab siapa saja bisa melakukannya. Laki-laki, perempuan, hingga mereka yang memiliki keterbatasan fisik.

Manfaat skateboarding

Olahraga skateboard bertumpu pada papan dengan dua roda kecil di kedua ujungnya. Kemudian, pemain skateboard akan bertumpu pada alat ini untuk melakukan beragam trik termasuk ollies, flips, dan mid-air spins.Lalu, apa saja manfaat dari melakukan olahraga skateboard?

1. Melatih keseimbangan

Tidak semua orang bisa langsung andal bermain skateboarding. Sebab, harus bisa benar-benar menjaga keseimbangan dan koordinasi. Utamanya, mengandalkan kekuatan otot punggung bagian bawah dan juga perut. Ini penting demi bisa melakukan gerakan maju dan mundur.Selain itu, skateboarding mengharuskan Anda untuk tetap aktif menggunakan otot core. Ini penting agar postur tubuh bisa tetap tegak sekaligus seimbang.

2. Menjaga kesehatan jantung

Menariknya, skateboarding adalah olahraga yang termasuk dalam aerobik. Rata-rata detak jantung pemain skateboard akan meningkat hingga 140-160 kali per menitnya. Bahkan, bisa lebih tinggi lagi tergantung pada intensitas olahraga yang dilakukan.

3. Menjaga kadar gula darah

Bagi yang ingin menjaga kadar gula darah dengan aktivitas fisik, skateboarding bisa jadi pilihan. Sebab, olahraga termasuk skateboarding direkomendasikan untuk mengendalikan sekaligus mencegah terserang diabetes. Olahraga skateboard penting karena termasuk strength training.Selain itu, latihan aerobik ini juga membantu tubuh menggunakan dan mengelola insulin dengan baik. Tak hanya menurunkan kadar gula darah, kolesterol pun juga bisa membaik.

4. Melatih kekuatan

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa skateboarding adalah strength training, artinya dapat mengurangi lemak tubuh. Selain itu, tentu saja seluruh gerakan dalam olahraga skateboard akan membangun kekuatan sekaligus membentuk otot.Skateboarding juga akan melatih kekuatan otot di kaki dan bokong ketika memberikan kekuatan pada tiap teknik. Di saat yang sama, otot di perut dan tangan juga harus dilatih demi menjaga keseimbangan tubuh. Ini dapat menjaga Anda dari cedera dalam aktivitas sehari-hari.

5. Baik untuk persedian

Tidak seperti berlari atau berjalan yang bagi sebagian orang bisa menimbulkan tekanan pada persendian, skateboarding tidak. Ada gerakan yang fluid dan tidak bersifat jerky. Dengan demikian, risiko mengalami cedera persendian berkurang.

6. Membakar kalori

Sebagian besar orang melakukan aktivitas fisik untuk membakar kalori. Skateboarding bisa jadi salah satu pilihannya. Makin tinggi berat badan seseorang, jumlah kalori yang dibakar tentu kian banyak. Rata-rata seseorang akan membakar 150-500 kalori setiap jamnya.

7. Melatih presisi

Demi bisa menaklukkan sebuah trik, tentu perlu ada berbagai gerakan demi bisa bergerak secara sempurna. Itulah mengapa pemain skateboard akan mencoba lagi dan lagi demi bisa menuntaskan target teknik yang diinginkannya. Hanya saja, pada tiap percobaan maka presisi akan meningkat.Contohnya dengan sedikit menggeser posisi kaki, mengubah tekanan dan kecepatan, hingga mencoba teknik pendaratan berbeda. Di sinilah peran skateboarding dalam melatih presisi.

8. Mengasah kesabaran

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, skateboarding juga mengasah kesabaran. Sebab, olahraga ini memberikan peluang sempurna bagi seseorang untuk menghitung risiko yang mungkin terjadi. Selain itu, tentu saja perlu waktu dan konsistensi demi dapat menguasai gerakan dan teknik skateboarding.

9. Pereda stres

Semua aktivitas fisik dapat menjadi pereda stres yang baik. Skateboarding akan membuat Anda bisa melupakan sejenak apa saja yang menjadi pemicu stres. Tak hanya itu, ini juga dapat membantu berpikir secara jernih tentang suatu masalah.Menariknya, olahraga skateboard dapat menempatkan berbagai hal sesuai perspektif dan membuat Anda merasa lebih terkendali dalam berbagai aspek kehidupan.

Catatan dari SehatQ

Apabila ingin merasakan berbagai manfaat di atas dengan cara yang seru dan menyenangkan, skateboarding bisa jadi pilihan. Olahraga ini bahkan bisa dipelajari sejak kecil, tanpa batasan usia dan gender.Jika Anda melihat atlet-atlet skateboard tampak sangat mahir melakukan berbagai teknik, ingatlah bahwa di balik itu terdapat latihan bertahun-tahun lamanya. Tak terhitung pula berapa kali mereka terjatuh kemudian mencoba lagi, lagi, dan lagi.Dunia pun telah mengakui skateboarding sebagai salah satu olahraga dengan skill luar biasa. Debutnya pada Olimpiade di Tokyo tahun ini menjadi bukti.Untuk berdiskusi lebih lanjut kapan bisa mulai memperkenalkan skateboarding kepada anak, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragahidup sehat
Health Fitness Revolution. https://www.healthfitnessrevolution.com/health-benefits-skateboarding/
Diakses pada 12 Agustus 2021
Olympics. https://olympics.com/tokyo-2020/en/sports/skateboarding/
Diakses pada 12 Agustus 2021
Word of Health. https://wordofhealth.com/2020/06/03/7-health-benefits-of-roller-skating/
Diakses pada 12 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait