8 Manfaat Sirsak untuk Ibu Hamil yang Baik untuk Kesehatan


Manfaat sirsak untuk ibu hamil sangat beragam, mulai dari meningkatkan sistem imun, menyehatkan pencernaan, hingga melawan bakteri.

0,0
24 Sep 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Sirsak untuk ibu hamilAda banyak manfaat sirsak untuk ibu hamil yang bisa dipetik.
Buah merupakan salah satu makanan sehat yang perlu dikonsumsi ibu hamil. Berbagai nutrisi yang dikandungnya dapat memberikan sejumlah manfaat bagi ibu dan janin. Salah satu buah yang dapat dikonsumsi saat hamil adalah sirsak. Terdapat berbagai macam manfaat sirsak untuk ibu hamil yang luar biasa. Apa saja?

8 manfaat sirsak untuk ibu hamil

Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil dipercaya dapat meningkatkan sistem imun, menyehatkan pencernaan, hingga melawan bakteri. Kenali lebih jauh seputar berbagai manfaat ini.

1. Bernutrisi tinggi

Manfaat sirsak untuk ibu hamil datang dari kandungan gizinya. Buah yang rasanya asam dan manis ini mengandung bermacam-macam nutrisi yang baik untuk kehamilan. Berikut adalah kandungan gizi dalam 100 gram sirsak.
  • Kalori: 66
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 16,8 gram
  • Serat: 3,3 gram
  • Vitamin C: 34 persen dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin B1: 5 persen dari AKG
  • Kalium: 8 persen dari AKG
  • Magnesium: 5 persen dari AKG.
Tidak hanya itu, buah sirsak juga mengandung asam folat, zat besi, serta vitamin B2 dan B3.

2. Meningkatkan sistem imun

Manfaat sirsak untuk ibu hamil selanjutnya adalah meningkatkan sistem imun. Buah sirsak mengandung vitamin C yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.Sistem imun yang kuat dapat menjaga tubuh ibu hamil dari penyakit, melawan radikal bebas, dan mencegah terjadinya kerusakan oksidatif.Satu buah sirsak mengandung sekitar 215 persen dari kebutuhan vitamin C harian Anda.

3. Mencegah sembelit

Meningkatnya hormon progesteron di dalam tubuh ibu hamil dapat menyebabkan otot-otot tubuh menjadi rileks, termasuk usus. Kondisi ini memicu usus bergerak lebih lambat sehingga menyebabkan sembelit.Kabar baiknya, ada banyak buah yang dapat mencegah sembelit pada ibu hamil, termasuk sirsak. Manfaat sirsak untuk ibu hamil ini berasal dari kandungan seratnya.Serat dipercaya membantu melancarkan buang air besar (BAB) sehingga masalah pencernaan seperti sembelit bisa diatasi

4. Melawan bakteri

Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil berikutnya adalah buah ini memiliki potensi untuk melawan bakteri penyebab penyakit.Di dalam sebuah uji tabung yang dirilis dalam Journal of Clinical & Diagnostic Research, buah sirsak terbukti efektif membunuh berbagai macam bakteri, termasuk bakteri yang sering menyebabkan gingivitis, gigi berlubang, hingga infeksi jamur.Walau demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat sirsak ini.

5. Menurunkan kadar gula darah

Untuk mencegah diabetes gestasional atau tingginya kadar gula darah pada kehamilan, Anda bisa mengonsumsi buah sirsak.Menurut sebuah penelitian hewan uji yang dirilis dalam African Journal of Traditional, Complementary and Alternative Medicines, buah sirsak dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada tikus yang mengidap diabetes.Lagi-lagi, masih dibutuhkan penelitian lanjutan pada manusia untuk membuktikan klaim tersebut. 

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Dilansir dari ACOG, jika tekanan darah meningkat saat sedang hamil, kondisi ini dapat memberikan tekanan pada jantung dan ginjal sehingga berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, hingga stroke.Buah sirsak untuk ibu hamil dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Sebuah riset yang dimuat dalam jurnal Pharmaceutical Biology menyatakan, buah ini mampu menurunkan tekanan darah pada hewan uji tanpa meningkatkan detak jantung. Seperti yang sebelumnya, manfaat sirsak untuk ibu hamil ini tidak boleh ditelan mentah-mentah karena studinya masih terbatas pada hewan uji saja.

7. Mencegah kram kehamilan

Buah sirsak mengandung kalium yang memiliki peran penting dalam kehamilan. Mineral ini dipercaya mencegah kram yang sering dirasakan ibu hamil.Jika Anda sering mengalami masalah ini, cobalah cek kadar kalium Anda. Bisa jadi, kondisi kram tersebut disebabkan oleh rendahnya kadar kalium di dalam tubuh.

8. Mencegah kanker

Menurut sebuah studi vivo dan in vitro yang dirilis BMC Complementary Medicine and Therapies, ekstrak buah sirsak mampu melawan sel kanker payudara.Selain itu, ekstrak buah tropis ini juga mampu meningkatkan sel T, yakni limfosit di dalam tubuh yang bisa membunuh sel kanker.Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat sirsak untuk ibu hamil ini.

Tips mengonsumsi buah selama kehamilan

Ada beberapa tips mengonsumsi buah yang perlu diketahui ibu hamil, di antaranya:
  • Pilihlah buah sirsak organik yang belum terpapar dengan pestisida dan pupuk sintetis.
  • Cuci buah hingga bersih sebelum memakannya.
  • Angkat kulit yang sudah menghitam karena dapat dihinggapi bakteri.
  • Simpanlah buah di dalam kulkas, tapi jauhkan dari daging mentah.
  • Segera habiskan buah setelah dikupas atau dipotong.
Meskipun manfaat sirsak untuk ibu hamil di atas menjanjikan, berkonsultasilah dulu pada dokter sebelum mencoba berbagai makanan baru. Hal ini dilakukan agar kesehatan ibu hamil dan janin senantiasa terjaga.Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
makanan sehatmenjaga kehamilankehamilanbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/soursop-benefits#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 8 September 2021
Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/folate-and-pregnancy
Diakses pada 8 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/folic-acid#dosage
Diakses pada 8 Septeber 2021
Web MD. https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-soursop
Diakses pada 8 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/constipation-remedies#:~:text=An%20increase%20in%20the%20progesterone,This%20can%20lead%20to%20constipation.
Diakses pada 8 September 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/gestational-diabetes/
Diakses pada 8 September 2021
ACOG. https://www.acog.org/womens-health/faqs/preeclampsia-and-high-blood-pressure-during-pregnancy
Diakses pada 8 September 2021
Baby Center. https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/potassium-in-your-pregnancy-diet_655
Diakses pada 8 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat#safety
Diakses pada 8 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait