Mengenal Manfaat Sinbiotik dan Perannya dalam Mencegah Alergi pada Anak


Sinbiotik adalah perpaduan antara probiotik dan prebiotik. Selain dipercaya bisa mencegah alergi pada anak, sinbiotik juga diyakini bisa meredakan gejala inflammatory bowel disease (IBD) hingga meningkatkan sistem imun.

0,0
26 Jul 2021|Fadli Adzani
Sinbiotik dipercaya dapat mencegah alergi pada anakSinbiotik adalah perpaduan probiotik dan prebiotik yang dapat ditemukan dalam produk makanan.
Selain probiotik dan prebiotik, pernahkah Anda mendengar istilah sinbiotik? Sinbiotik adalah perpaduan antara probiotik (bakteri baik di dalam usus) dan prebiotik (makanan yang membantu bakteri baik tumbuh).Secara spesifik, sinbiotik adalah perpaduan antara probiotik dan prebiotik yang bekerja sama dan bersinergi di dalam saluran pencernaan. Sinbiotik dipercaya bisa membantu mencegah munculnya alergi pada anak.Produk sinbiotik dapat berupa suplemen dan makanan. Bahkan, para peneliti telah menambahkan nutrisi ini ke dalam pasta, minuman ringan, permen, hingga yogurt. Kenali lebih lanjut mengenai manfaat sinbiotik yang berpotensi mampu mencegah alergi pada anak.

Sinbiotik dan perannya dalam mencegah alergi pada anak

Gagasan dibalik sinbiotik adalah prebiotik mampu membantu probiotik bertahan hidup di dalam usus. Proses ini dapat membantu menyeimbangkan jumlah bakteri di dalam usus guna meningkatkan kesehatan usus, metabolisme, serta sistem kekebalan tubuh.Lalu, mengapa sinbiotik dipercaya bisa mencegah alergi? Salah satu alasannya karena sinbiotik diyakini mampu meningkatkan sistem imun dan, di sisi lain, reaksi alergi dimulai dalam sistem imun Anda.Saat berbagai senyawa, seperti debu, jamur, atau serbuk sari, melakukan kontak dengan anak yang alergi terhadapnya, maka sistem imun dapat bereaksi secara berlebihan dan menghasilkan antibodi terlalu banyak yang menyerang alergen.Hal ini kemudian berpotensi menyebabkan munculnya reaksi alergi, seperti mengi, gatal, pilek, hingga mata berair. Berkat kemampuannya dalam meningkatkan sistem imun, sinbiotik dipercaya bisa mencegah alergi.Alasan lain mengapa sinbiotik dipercaya bisa mencegah alergi pada anak, yaitu sinbiotik diyakini mampu menyehatkan usus dan menjaga kestabilan bakteri baik di dalam usus. Saat mikrobioma usus terjaga, reaksi alergi dianggap bisa berkurang.Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas sinbiotik dalam mencegah alergi pada anak.

Manfaat sinbiotik yang lainnya

Selain dianggap ampuh mencegah alergi pada anak, sinbiotik juga masih menawarkan banyak manfaat kesehatan.
  • Meredakan gejala inflammatory bowel disease (IBD)

Dilansir dari Web MD, sinbiotik dapat meredakan peradangan di dalam usus dan meredakan gejala inflammatory bowel disease (IBD) pada penderitanya.
  • Mencegah diare wisatawan (traveler's diarrhea)

Diare wisatawan atau traveler's diarrhea adalah kondisi medis yang dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi saat seseorang sedang bepergian keluar dari daerah di mana ia tinggal.Gejala kondisi ini dapat berupa kram dan diare. Sinbiotik dipercaya mampu mencegah masalah ini terjadi.
  • Meredakan gejala intoleransi laktosa

Penderita  intoleransi laktosa dapat merasa kembung, mengalami diare, sakit perut, dan penumpukan gas di dalam tubuhnya setelah mengonsumsi atau meminum produk olahan susu.Kondisi ini terjadi karena tubuh mereka tak mampu mencerna gula di dalam susu bernama laktosa. Sinbiotik dipercaya dapat meredakan berbagai macam gejala intoleransi laktosa tersebut.
  • Baik untuk pasien obesitas dan hiperglikemia

Ternyata, sinbiotik juga dianggap baik untuk kesehatan penderita obesitas dan hiperglikemia (gula darah tinggi).Dilansir dari sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Clinical Nutrition, penderita obesitas yang mengonsumsi pasta sinbiotik sebanyak sekali setiap hari selama 12 minggu mengalami penurunan tanda peradangan dan perbaikan kadar kolesterol.Masih dari studi yang sama, penderita gula darah tinggi atau hiperglikemia yang mengonsumsi sinbiotik mengalami penurunan hormon yang berkaitan dengan resistensi insulin, diabetes tipe 2, dan obesitas.Sebelum memberikan produk sinbiotik apa pun kepada anak, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter mengenai keamanan dan cara mengonsumsinya.Jika Anda ingin bertanya lebih lanjut tentang kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
suplementips parentingmanfaat probiotik
Web MD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/synbiotics-what-to-know
Diakses pada 12 Juli 2021
URMC Rochester. https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?contenttypeid=85&contentid=p00039
Diakses pada 12 Juli 2021
Atlas Biomed. https://atlasbiomed.com/blog/microbiome-gut-health-and-allergies/
Diakses pada 12 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait