Manfaat Sinar X dalam Pemeriksaan dan Perawatan Suatu Penyakit

Manfaat sinar x di dunia kesehatan salah satunya untuk membantu diagnosis
Manfaat sinar X dalam dunia kesehatan sangatlah banyak

Namanya terbaca seperti senjata yang digunakan pahlawan super di komik-komik. Namun sinar X sebenarnya merupakan salah satu teknologi yang sering digunakan dalam dunia kesehatan. Pemeriksaan menggunakan sinar ini, sering dijalankan sebagai tes penunjang untuk membantu dokter menentukan suatu diagnosis.

Pemeriksaan menggunakan sinar X disebut juga sebagai pemeriksaan radiografi. Di dunia kesehatan, ada beberapa jenis pemeriksaan radiografi yang bisa dilakukan, yaitu rontgen, CT Scan, dan fluoroscopy.

Sebenarnya, apa itu sinar X?

Sinar X atau X-ray adalah pemeriksaan menggunakan radiasi elektromagnetik dalam jumlah kecil untuk mendapatkan gambaran struktur tubuh bagian dalam tanpa melakukan pembedahan. Pemeriksaan sinar X akan menghasilkan gambar yang bisa dicetak atau dilihat dalam bentuk gambar digital.

Saat masuk ke tubuh, sinar X akan diserap dalam jumlah yang berbeda, tergantung dari kepadatan jaringan yang dilalui. Jaringan yang padat seperti tulang atau alat bantu medis yang dipasang di anggota badan dan terbuat dari logam, pada hasil pemeriksaan radiografi akan terlihat berwarna putih.

Sedangkan, jaringan yang tidak terlalu padat, seperti lemak atau otot akan terlihat berwarna abu-abu. Lalu benda yang bersifat cair atau gas, seperti udara dan darah akan terlihat berwarna hitam di hasil pemeriksaan menggunakan sinar X.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, dokter juga dapat menyuntikkan semacam cairan kontras yang terbuat dari iodin dan barium. Cairan tersebut akan membuat jaringan yang dilewati akan berwarna lebih terang dibandingkan jaringan lainnya.

Manfaat sinar X dari segi kesehatan

Dalam dunia kesehatan, sinar X sudah sejak lama digunakan untuk membantu melihat struktur jaringan padat di dalam tubuh. Dengan begitu, dokter bisa mendapatkan lebih banyak informasi mengenai kondisi tubuh pasien. Berikut ini beberapa kondisi maupun penyakit yang dapat diketahui menggunakan pemeriksaan sinar X.

  • Patah tulang atau tulang retak
  • Gigi berlubang, patah, atau retak
  • Susunan gigi dan rahang
  • Tumor di tulang
  • Batu ginjal
  • Lokasi benda yang tidak sengaja tertelan, seperti koin
  • Tingkat kepadatan tulang untuk diagnosis osteoporosis
  • Perubahan pada sendi akibat arthritis (tes dilakukan dengan prosedur yang dinamakan arthrogram)
  • Ciri pneumonia, tuberkulosis, atau kanker paru-paru menggunakan pemeriksaan rontgen dada.
  • Jaringan payudara (untuk melihat ciri-ciri kanker, menggunakan teknik yang dinamakan mamografi)
  • Tanda-tanda gagal jantung atau perubahan aliran darah ke paru-paru dan jantung.

Dokter juga bisa menggunakan hasil pemeriksaan sinar X untuk mengetahui kemajuan perawatan suatu penyakit dan melihat keampuhan pengobatan yang diberikan. Sinar X juga digunakan dalam prosedur medis lainnya, yaitu fluoroscopy dan CT scan.

Fluoroscopy

Pada prosedur fluoroscopy, operator akan terus menembakkan sinar X ke jaringan pasien, dan hasilnya akan terpampang di monitor. Prosedur ini biasanya dilakukan pada saat operasi seperti pemasangan ring jantung atau untuk melihat aliran cairan kontras yang disuntikkan.

Computed tomography (CT)

Pemeriksaan ini sering juga disebut sebagai CT Scan. Berbeda dari rontgen yang hanya akan memberikan gambaran jaringan satu sisi, pemeriksaan CT scan, akan memperlihatkan hasil berupa gambar potongan-potongan jaringan dari berbagai sisi.

Tahapan dalam pemeriksaan menggunakan sinar X

Bagi Anda diminta menjalani pemeriksaan sinar X oleh dokter, penjelasan di bawah ini dapat dijadikan gambaran tahapan yang akan dilalui.

1. Sebelum pemeriksaan

Sebelum pemeriksaan menggunakan sinar X, tidak ada persiapan khusus yang perlu dilakukan. Anda dapat makan dan minum seperti biasa, serta mengonsumsi obat sesuai dosis maupun waktunya.

Namun, apabila pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan cairan kontras, Anda mungkin perlu untuk puasa beberapa jam sebelum prosedur dilakukan. Sebaiknya jangan menggunakan perhiasan yang terbuat dari logam seperti emas atau perak. Sebab sebelum prosedur, perhiasan tersebut harus dicopot supaya tidak ikut ditangkap oleh sinar.

Sebelum prosedur dilakukan, apabila sedang hamil, Anda harus memberitahukan kondisi ini kepada petugas. Pemeriksaan menggunakan sinar ini biasanya tidak disarankan untuk ibu hamil kecuali benar-benar darurat. Sebab, radiasi yang timbul dari sinar X dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping pada janin di dalam kandungan.

2. Saat pemeriksaan

Pemeriksaan sinar X biasanya dilakukan di ruang khusus bagian radiologi. Sementara itu, pada pemeriksaan sinar X untuk melihat jaringan gigi, prosedur dapat dilakukan langsung di ruangan, apabila ada alat yang memadai.

Anda akan diminta untuk duduk, berdiri, atau bahkan terlentang, tergantung dari teknik pengambilan gambar yang akan dilakukan serta bergantung apakah pasien dalam keadaan sadar atau tidak. Anda akan dibimbing oleh operator radiologi untuk menentukan posisi yang paling baik.

Saat proses pengambilan gambar sedang berlangsung, Anda tidak boleh bergerak. Sebab jika bergerak, gambar yang terambil tidak akan jelas. Prosedur pun harus diulang apabila hasilnya tidak memuaskan.

3. Setelah pemeriksaan

Setelah pemeriksaan selesai, umumnya Anda bisa langsung beraktivitas seperti biasa. Apabila mendapat suntikan cairan kontras selama prosedur pemeriksaan dilakukan,maka Anda disarankan untuk banyak minum air putih agar cairan tersebut cepat keluar dari tubuh.

Prosedur ini secara umum aman dilakukan. Namun, apabila Anda merasakan gejala-gejala tertentu setelah pemeriksaan, konsultasikan hal ini dengan dokter.

Risiko pemeriksaan menggunakan sinar X

Sama seperti prosedur medis lainnya, sinar X juga memiliki risiko yang mungkin muncul pada kondisi tertentu. Meski begitu, kemungkinan timbulnya efek samping serta risiko ini kecil, karena pemeriksaan sinar X sebenarnya aman dilakukan.

Risiko seperti nyeri mungkin muncul apabila pemeriksaan dilakukan pada kondisi tertentu. Misalnya ketika Anda patah tulang. Efek samping seperti gatal-gatal, bentol, mual, dan mulut terasa pahit, mungkin akan muncul apabila pemeriksaan sinar X dilakukan dengan menambahkan suntikan cairan kontras.

Pemeriksaan sinar X adalah kemajuan teknologi yang sangat berguna di dunia kesehatan. Tanpa teknologi ini, dokter tidak akan bisa melihat jaringan di dalam tubuh tanpa membedahnya terlebih dahulu. Dokter pun akan membacakan hasil pemeriksaan sinar X untuk Anda, dan merekomendasikan perawatan yang diperlukan.

US Drug and Food Administration. https://www.fda.gov/radiation-emitting-products/medical-imaging/medical-x-ray-imaging#benefits
Diakses pada 27 Januari 2020

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/x-ray/
Diakses pada 27 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/x-ray
Diakses pada 27 Januari 2020

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/what-is-an-x-ray-1192147
Diakses pada 27 Januari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/x-ray/about/pac-20395303
Diakses pada 27 Januari 2020

Artikel Terkait