Serum Vitamin C dan Manfaatnya untuk Wajah Bercahaya

(0)
04 Jun 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat serum vit. C sangatlah beragam, mulai dari melembapkan, mencerahkan, hingga mengencangkan kulitSerum vitamin C merupakan serum yang serba bisa, termasuk mencerahkan hingga mengencangkan kulit
Mulai kewalahan dengan beragam jenis kandungan dalam produk skincare? Kembalilah pada vitamin C. Si antioksidan ini merupakan salah satu bahan superior karena manfaatnya yang sangat banyak. Walau mungkin Anda telah mengonsumsi vitamin C dari makanan, namun mengoleskannya langsung ke kulit dari produk serum juga memiliki manfaat tersendiri. Serum vitamin C pun bisa Anda coba agar kulit senantiasa bersinar dan tampak muda.

Manfaat serum vitamin C untuk wajah yang serba bisa

Menjadi antioksidan yang serba bisa, ini manfaat serum vit. C yang serba bisa:

1. Mencerahkan wajah

Salah satu manfaat serum vitamin C yang paling dikenal adalah mencerahkan wajah. Vitamin ini juga membantu melembutkan wajah dengan mengurangi kekusaman. Tampak lebih muda dengan vitamin C? Sudah bukan rahasia lagi.

2. Mengurangi kemerahan pada wajah

Vitamin C dilaporkan membantu menangani berbagai masalah peradangan pada kulit. Hal ini juga termasuk untuk mengurangi kemerahan pada kulit, yang menciptakan rona wajah lebih merata.

3. Mengatasi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi saat adanya bercak gelap pada kulit, seperti melasma, bintik usia, serta bercak bekas jerawat. Vitamin C dapat menghalau produksi pigmen melanin, pigmen yang bertanggung jawab terhadap hiperpigmentasi tersebut. Mengatasi hiperpigmentasi tentu juga akan meratakan warna kulit di wajah.

4. Merangsang produksi kolagen

Apabila sudah lama melanglang buana di dunia per-skincare-an, Anda tentu mengetahui manfaat serum vit. C untuk merangsang produksi kolagen. Kolagen merupakan protein utama di tubuh dan berperan dalam struktur berbagai organ, termasuk kulit.
serum vitamin c
Serum vitamin C membantu merangsang produksi kolagen
Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun. Berkurangnya kolagen di wajah dapat memicu garis-garis halus hingga kerutan.

5. Mengurangi penampakan lingkaran di bawah mata

Serum vitamin C membantu meredakan garis melingkar yang ada di bawah mata, dengan menghidrasi bagian wajah tersebut. Secara anedoktal, beberapa orang juga melaporkan vitamin C membantu mengatasi perubahan warna kulit yang berkaitan dengan lingkaran di bawah mata.

6. Menghidrasi kulit wajah

Salah satu turunan vitamin C, yakni magnesium askorbil fosfat, dilaporkan memiliki efek hidrasi untuk kulit. Kulit akan terjaga kelembapannya karena vitamin C membantu mengurangi menghilangnya air di wajah.

7. Mengencangkan kulit wajah

Karena serum vitamin C bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen di wajah, maka risiko kulit kendur pun akan dapat dicegah. Kolagen yang tercukupi membantu membuat kulit lebih elastis dan terlihat kencang. Sebaliknya, apabila produksi kolagen berkurang, kulit pun akan terlihat kendur dan tua.

8. Melindungi wajah dari kerusakan akibat sinar matahari

Manfaat serum vit. C lainnya yakni melindungi wajah dari kerusakan akibat sinar matahari. Kerusakan akibat sinar mentari tersebut dipicu oleh radikal bebas. Radikal bebas, sebagai molekul yang tak stabil, dapat dikendalikan oleh molekul antioksidan seperti vitamin C.

Tips memilih serum vitamin C yang banyak di pasaran

Serum vitamin C banyak tersedia dalam berbagai merek, yang kadang membuat kita bingung untuk memilih yang mana. Ada beberapa tips yang perlu Anda ingat dalam memilih produk ini agar manfaat serum vitamin C bisa lebih maksimal. Tips tersebut, termasuk:
  • Bentuk: Vitamin C dalam serum ada beberapa bentuk. Pilihlah serum vitamin C yang berbentuk L-ascorbic acid (LAA). Bentuk ini dilaporkan paling efektif untuk kulit.
  • Konsentrasi: Pilihlah produk serum vitamin C yang memiliki konsentrasi 10-20%. Serum dengan konsentrasi di atas 20% dapat memicu iritasi pada kulit.
  • Bahan tambahan: Pilihlah serum vitamin C dengan ‘kawannya’ yang tepat, yakni vitamin E dan asam ferulat. Vitamin E membantu menstabilkan vitamin C. Sementara itu, asam ferulat membantu mengendalikan keasaman vitamin C.
  • Kemasan: Carilah serum vitamin C yang dikemas dengan botol kaca gelap untuk melindunginya dari sinar matahari.

Tips mengaplikasikan serum vitamin C

Umumnya, serum vitamin C cenderung aman untuk dioleskan ke kulit. Namun, untuk menghindari risiko efek samping, Anda disarankan untuk melakukan tes patch di lengan terlebih dahulu. Apabila tidak ada reaksi setelah 24 jam, maka produk tersebut dipastikan aman digunakan.
serum vitamin c
Serum bisa dioleskan sesudah toner dan sebelum pelembap
Biasanya, serum vitamin C dioleskan dua kali dalam satu hari. Untuk urutan ritual skincare, Anda bisa membersihkan wajah terlebih dahulu, mengoleskan toner wajah, mengaplikasikan serum vitamin C, dan ditutup dengan pelembap.

Catatan dari SehatQ

Serum vitamin C memiliki manfaat yang sangat menakjubkan. Karena ada banyak merek serum vitamin C yang beredar di pasaran, memilihnya dalam bentuk L-ascorbic acid sangat disarankan, serta dengan konsentrasi 10-20%.
perawatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikanperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/collagen
Diakses pada 20 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vitamin-c-serum-benefits
Diakses pada 20 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vitamin-c-serums
Diakses pada 20 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait