logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Manfaat Serum Vitamin C untuk Wajah Serta Cara Menggunakannya

open-summary

Manfaat serum vitamin C adalah mencerahkan wajah, melembapkan kulit, sampai mengencangkan kulit. Manfaat vitamin C untuk wajah ini bisa didapat bila menggunakannya dengan benar. Ketahui juga kandungan skincare yang tidak boleh digunakan layering dengan bahan aktif lain.


close-summary

4.38

(21)

4 Jun 2020

| Arif Putra

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat serum vitamin C yang utama adalah mencerahkan wajah

Serum vitamin C adalah serum serba bisa untuk mencerahkan hingga mengencangkan kulit

Table of Content

  • Manfaat serum vitamin C untuk wajah
  • Cara memakai serum vitamin C yang aman
  • Serum vitamin C tidak boleh digabung dengan apa?
  • Catatan dari SehatQ

Memiliki wajah cerah bercahaya merupakan dambaan hampir setiap orang. Untuk merasakan manfaatnya, Anda bisa menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin C. Selain mencerahkan kulit wajah, ada berbagai manfaat serum vitamin C yang menarik dicoba. 

Advertisement

Lantas, apa saja manfaat vitamin C untuk wajah dan bagaimana cara memilih produk perawatan kulit yang tepat? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Manfaat serum vitamin C untuk wajah

Vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan yang memiliki berbagai manfaat baik untuk kulit. Adapun beberapa manfaat serum vitamin C untuk wajah adalah sebagai berikut.

1. Mencerahkan wajah kusam

Manfaat serum vitamin C adalah wajah jadi cerah
Wajah jadi cerah berkat penggunaan serum vitamin C yang rutin

Salah satu manfaat serum vitamin C yang paling terkenal adalah mencerahkan wajah kusam. Manfaat vitamin C untuk wajah ini dibuktikan dalam sebuah studi yang dimuat pada jurnal Nutrients

Studi tersebut mengemukakan bahwa vitamin C dapat menghambat produksi melanin, yakni pigmen pemberi warna pada kulit, agar tidak berlebih.

2. Mengatasi hiperpigmentasi

Selain mencerahkan wajah kusam, manfaat serum vitamin C juga dapat mengatasi hiperpigmentasi. 

Hiperpigmentasi adalah adalah munculnya bercak gelap pada kulit. Masalah kulit ini dapat disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan. Nah, manfaat vitamin C untuk wajah bekerja dengan menghalau produksi pigmen melanin.

Jadi, bila Anda menggunakan serum vitamin C secara rutin, hiperpigmentasi bisa diatasi sehingga warna kulit wajah bisa tampak merata.

3. Merangsang produksi kolagen dan mencegah penuaan

Produksi kolagen meningkat adalah manfaat serum vitamin C
Seiring bertambah usia, kulit semakin kendur dan tanda penuaan muncul

Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen pada kulit semakin berkurang. Kolagen adalah protein utama dalam tubuh dan berperan dalam struktur berbagai organ, termasuk kulit.

Apabila produksi kolagen berkurang, kulit pun akan terlihat kendur dan wajah tampak lebih tua. Keriput dan garis-garis halus semakin terlihat nyata.

Manfaat serum vitamin C dapat membantu merangsang produksi kolagen sehingga kulit bisa menjadi lebih kencang, kenyal, dan elastis. 

4. Melindungi wajah dari kerusakan sinar matahari

Manfaat vitamin C untuk wajah berikutnya adalah melindungi wajah dari kerusakan sinar matahari. 

Hal ini karena antioksidan di dalam vitamin C mampu melawan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kerusakan kulit. Radikal bebas terbentuk saat kulit terpapar sinar ultraviolet.

Radikal bebas, sebagai molekul yang tak stabil, dapat dikendalikan oleh molekul antioksidan seperti vitamin C.

5. Mengurangi kemerahan dan meratakan warna kulit

Manfaat vitamin C untuk wajah
Warna kulit tampak merata berkat penggunaan serum vitamin C

Tak hanya mencerahkan kulit wajah, manfaat serum vitamin C juga mampu meratakan warna kulit. 

Vitamin C memiliki zat antiradang yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi kemerahan pada kulit dan membuat rona warna kulit tampak lebih merata. 

Senyawa anti peradangan ini juga mampu mengurangi bintik hitam dan iritasi kulit sehingga menghasilkan warna kulit yang lebih bersih dan halus.

6. Menghidrasi kulit wajah

Tahukah Anda kalau manfaat vitamin C untuk wajah dapat menghidrasi kulit wajah? Anda bisa memperoleh khasiat ini bila menggunakan magnesium ascorbyl phosphate, yakni turunan vitamin C.

Menurut sebuah studi yang dimuat pada Indian Dermatology Online Journal, penggunaan magnesium ascorbyl phosphate dapat mempertahankan kelembapan kulit dengan mengurangi hilangnya kadar air pada kulit. 

7. Mengurangi lingkaran hitam di bawah mata

Manfaat vitamin C untuk wajah mengurangi mata panda
Munculnya mata panda dapat mengganggu penampilan

Banyak orang yang meyakini manfaat serum vitamin C dapat membantu mengurangi tampilan lingkaran hitam di bawah mata

Sebuah studi kecil yang dimuat pada Skin Research & Technology menyebutkan bahwa kadar vitamin C dalam bentuk natrium askorbat 10% yang digunakan secara rutin selama 6 bulan dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. 

8. Melakukan regenerasi sel kulit

Walaupun dikenal dapat mencerahkan kulit kusam dan mengurangi tanda penuaan, manfaat serum vitamin C untuk wajah dipercaya mampu mempercepat regenerasi sel kulit. 

Ini artinya, sel-sel kulit yang mati atau rusak dapat digantikan dengan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Dengan demikian, kulit bisa tampak lebih sehat. 

9. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat vitamin C untuk wajah ternyata juga dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Ketika penyembuhan luka berjalan cepat maka risiko peradangan, infeksi, dan munculnya bekas luka dapat berkurang. 

BACA JUGA: Fungsi Serum Wajah dan Cara Tepat Menggunakannya

Cara memakai serum vitamin C yang aman

Untuk memaksimalkan kegunaan serum vitamin C dan menghindari efek samping yang mungkin terjadi, perhatikan beberapa cara memakainya dengan aman berikut ini.

1. Cermati kandungan vitamin C dan zat lainnya

Salah satu cara memilih serum vitamin C terbaik adalah mencermati kandungan vitamin C beserta turunannya. Anda bisa memilih serum wajah vitamin C mengandung L-ascorbic acid yang cenderung efektif di kulit. 

Anda juga perlu melihat kandungan bahan aktif lainnya yang terkandung pada serum wajah vitamin C. Anda bisa memilih produk serum vitamin C yang diperkaya dengan vitamin E dan ferulic acid

Manfaat vitamin E untuk kulit dapat membantu menstabilkan vitamin C. Sedangkan, ferulic acid dapat membantu mengendalikan keasaman vitamin C.

2. Perhatikan konsentrasinya

Saat memilih serum vitamin C, perhatikan juga konsentrasi atau kadarnya. Yang terbaik, pilihlah konsentrasi vitamin C 10-20%. Serum wajah dengan konsentrasi vitamin C lebih dari 20% dapat memicu iritasi pada kulit.

3. Lakukan tes pada kulit terlebih dulu

manfaat serum vitamin c akan maksimal bila tahu cara menggunakannya
Lakukan tes pada siku bagian dalam untuk mengetahui reaksi alergi

Pada dasarnya, penggunaan serum vitamin C dalam jangka waktu yang lama cenderung aman di kulit tanpa menimbulkan efek samping. 

Walaupun umumnya serum wajah vitamin C jarang menimbulkan efek samping serius, tak ada salahnya melakukan tes pada kulit guna mengetahui kemungkinan alergi

Caranya, oleskan sedikit serum vitamin C pada area pergelangan tangan atau siku bagian dalam. Diamkan hingga 24 jam lamanya. 

Jika tidak ada reaksi negatif yang ditimbulkan, seperti kulit kemerahan, ruam, hingga bentol-bentol, setelah 24 jam maka serum tersebut dipastikan aman digunakan pada kulit. Sebaliknya, bila muncul reaksi negatif tertentu pada kulit, jangan coba-coba menggunakannya di wajah. 

Apabila kulit Anda sangat sensitif, hindari produk serum wajah mengandung L-ascorbic acid. Pilihlah serum wajah mengandung magnesium ascorbyl phosphate yang cenderung lebih sedikit menimbulkan iritasi. 

4. Bisa dipakai dua kali sehari

Anda bisa menggunakan serum vitamin C dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari, setelah mencuci muka dan menggunakan toner wajah. 

Namun untuk memperoleh manfaat vitamin C untuk wajah secara maksimal, Anda dapat memakainya sebagai rangkaian skincare pagi hari

Cara memakai serum vitamin C yang benar adalah dengan meneteskan serum ke telapak tangan secukupnya, atau kurang lebih seukuran kacang polong. 

Manfaat vitamin C bisa dirasakan dengan maksimal bila digunakan dengan benar
Anda juga bisa meneteskan serum langsung ke wajah

Jika serum vitamin C Anda dalam bentuk botol pipet, maka tuangkan beberapa tetes cairan dari pipet ke telapak tangan, atau bisa pula diteteskan langsung ke permukaan wajah. 

Biasanya, Anda mungkin membutuhkan 2-3 tetes pada dahi dan kedua pipi. Selanjutnya, ratakan tetesan serum ke seluruh permukaan kulit wajah hingga leher dengan jari-jari tangan. 

Anda pun bisa menepuk-nepuk wajah seraya memijatnya perlahan untuk mendapatkan kegunaan serum vitamin C yang maksimal. Kemudian, diamkan kulit wajah beberapa saat.

5. Selalu oleskan sunscreen tiap pagi hari

Jika kamu sedang rutin menggunakan serum vitamin C, pastikan selalu menggunakan sunscreen tiap pagi, ya! Pasalnya, vitamin C bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Jadi, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan tidak rentan terbakar matahari, Anda sebaiknya selalu menggunakan sunscreen tiap pagi hari.

6. Simpan produk di tempat sejuk

Bila diperhatikan, produk skincare mengandung vitamin C kompak dikemas dalam botol berwarna gelap atau buram. Ternyata hal ini bukanlah kebetulan semata karena sebenarnya memiliki tujuan tersendiri.

Kemasan berwarna gelap berguna untuk menjaga agar kualitas vitamin C tidak rusak, terlebih ketika terpapar sinar matahari.

Sebab, kebanyakan kandungan vitamin C bisa teroksidasi, rusak, berubah warna apabila terkena sinar matahari langsung. Begitu pula jika terpapar suhu panas cuaca luar. Hal ini dapat menyebabkan produk mungkin jadi tidak seefektif seharusnya.

manfaat serum vitamin c bisa didapat bila menggunakannya dengan benar
Serum vitamin C sebaiknya disimpan dalam suhu yang sejuk

Oleh karena itu, Anda perlu menyimpannya di tempat yang sejuk. Menyimpannya dalam lemari es juga dapat memperpanjang ‘usia’ serum vitamin C. 

Beberapa serum vitamin C ada yang berwarna kuning. Namun, bila terjadi perubahan warna menjadi cokelat atau oranye gelap dan keruh, sebaiknya jangan digunakan kembali. 

Begitu pula bila serum vitamin C ada yang semula berwarna putih, kemudian berubah menjadi kekuningan, ini tandanya vitamin C sudah teroksidasi sehingga tidak efektif lagi bila dioleskan pada kulit. 

BACA JUGA: Rekomendasi Serum untuk Mencerahkan Wajah yang Menarik Dicoba

Serum vitamin C tidak boleh digabung dengan apa?

Beberapa kandungan skincare yang penggunaannya tidak boleh digabung dengan vitamin C adalah sebagai berikut. 

1. Vitamin C dan retinol

Beberapa orang mungkin ada yang menggunakan retinol dan vitamin C secara bersamaan (layering).

Memang, kedua bahan skincare ini bertujuan untuk mengurangi kerutan dan noda hitam di wajah serta meratakan tekstur kulit.

Namun faktanya, vitamin C tidak boleh digabung dengan retinol pada waktu bersamaan karena keduanya bekerja pada lingkungan pH yang berbeda.

Retinol bekerja dalam kadar pH yang lebih tinggi (basa), sementara vitamin C diformulasikan pada lingkungan pH lebih rendah (asam). Ketika digunakan secara bersamaan, retinol dan vitamin C tidak dapat bekerja secara optimal. 

Jika ingin tetap menggunakan skincare yang mengandung retinol dan vitamin C, sebaiknya gunakan skincare dengan kandungan vitamin C pada siang hari. Lalu, gunakan produk skincare retinol di malam hari.

2. Vitamin C dan AHA/BHA

Vitamin C juga tidak boleh digabung dengan alpha hydroxy acids/AHA dan beta hydroxy acids/BHA.

Alih-alih membuat kulit tampak halus dan cerah, penggunaan AHA dan BHA secara layering justru berisiko menyebabkan iritasi serta menurunkan khasiat masing-masing kandungan skincare ini.

Vitamin C mengandung banyak antioksidan yang melindungi kulit. Jika Anda menggabungkannya dengan AHA maka dapat mengubah pH yang terdapat pada vitamin C. Akibatnya, fungsi antioksidan di dalamnya bisa hilang.

Jadi, sebaiknya gunakan skincare yang mengandung vitamin C pada pagi hari. Kemudian, gunakan produk skincare AHA/BHA pada malam hari.

3. Vitamin C dan benzoil peroksida

Penggunaan vitamin C dan benzoil peroksida secara bersamaan dapat menyebabkan efektivitas kedua zat bekerja tidak maksimal karena benzoil peroksida bisa berisiko mengoksidasi vitamin C. 

Maka dari itu, sebaiknya gunakan vitamin C dan benzoil peroksida secara selang-seling pada hari yang berbeda. Misalnya, pakai serum vitamin C pada hari Senin, kemudian oleskan benzoil peroksida pada hari Selasa, dan seterusnya.

4. Vitamin C dan niacinamide

Banyak ahli yang berpendapat kalau vitamin C tidak dapat digabung dengan niacinamide. Gagasan bahwa vitamin C tidak dapat digabung dengan niacinamide berasal dari hasil studi terdahulu pada awal 1960-an. Saat itu, peneliti menggunakan bentuk dari kedua bahan yang tidak stabil.

Di samping itu, campuran niacinamide dan vitamin C dapat mengubah niacinamide menjadi niacin.

Nah, efek samping dari niacin adalah langerhan cell pada kulit yang aktif sehingga dapat menyebabkan kulit kemerahan dan terasa perih.

Efek samping tersebut sebenarnya bersifat sementara, tetapi dapat terasa kurang nyaman dan berpotensi menimbulkan masalah bagi penderita jerawat meradang.

Namun menurut para ahli, proses tersebut memerlukan waktu yang sangat lama atau dapat terjadi pada suhu yang sangat tinggi.

Kekhawatiran ini bisa muncul bila Anda menggunakan vitamin C murni atau pure ascorbic acid dan niacinamide pada suhu tinggi, tidak untuk turunan vitamin C lainnya (magnesium ascorbyl phosphate, tetrahexyldecyl ascorbate, dan ascorbyl glucoside). 

Jika Anda menggunakan zat turunan vitamin C, seperti ascorbic atau L-ascorbic acid, dan niacinamide secara bersamaan, biasanya tergolong cenderung aman dilakukan. 

Meski begitu, tak ada salahnya Anda menggunakan vitamin C dan niacinamide pada waktu atau hari yang berbeda untuk menghindari risiko efek samping yang tidak diinginkan. Misalnya, niacinamide pada pagi hari dan vitamin C pada malam hari.

Catatan dari SehatQ

Manfaat serum vitamin C sangat menakjubkan, seperti mencerahkan wajah, melembapkan kulit, sampai mengencangkan kulit. 

Mengingat ada banyak merek serum vitamin C yang beredar di pasaran, pilihlah dalam kandungan L-ascorbic acid dengan konsentrasi sebesar 10-20%.

Pastikan Anda menggunakan serum vitamin C yang tepat seperti langkah di atas. Tak ada salahnya untuk membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. 

Jika ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui rekomendasi serum vitamin C yang tepat sesuai masalah kulit wajah. Dengan demikian, kegunaan serum vitamin C bisa didapat secara maksimal.

Baca Juga

  • Arti Bulu Mata Rontok Mulai Dari Kebiasaan Hingga Secara Medis
  • Manfaat Facial Wajah serta Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan
  • Apa Itu Kolagen dan Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit?

Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.

Advertisement

perawatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikanperawatan wajahpencerah kulit

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved