Manfaat Serum Vitamin C untuk Wajah Bercahaya Serta Cara Menggunakannya


Manfaat serum vitamin C adalah mencerahkan wajah, melembapkan kulit, sampai mengencangkan kulit. Kegunaan serum vitamin C ini bisa Anda dapatkan apabila memilih dan menggunakannya dengan benar.

(0)
04 Jun 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat serum vitamin C yang utama adalah mencerahkan wajahSerum vitamin C adalah serum serba bisa untuk mencerahkan hingga mengencangkan kulit
Manfaat serum vitamin C bisa Anda coba agar kulit sehat dan tampak cerah. Ya, walaupun Anda mungkin telah mengonsumsi vitamin C dari makanan, tetapi mengoleskan produk skincare, seperti serum vitamin C, secara langsung ke kulit juga memiliki manfaat tersendiri. Apa kegunaan serum vitamin C untuk wajah dan bagaimana cara menggunakannya? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa manfaat serum vitamin C untuk wajah?

Mulai kewalahan dengan beragam jenis kandungan dalam produk skincare? Kembalilah pada vitamin C. Salah satu jenis antioksidan ini merupakan salah satu bahan superior karena manfaatnya yang sangat banyak. Adapun beberapa manfaat serum vitamin C untuk wajah adalah sebagai berikut.

1. Mencerahkan wajah

Manfaat serum vitamin C adalah wajah jadi cerah
Wajah jadi cerah berkat penggunaan serum vitamin C yang rutin
Salah satu manfaat serum vitamin C adalah mencerahkan wajah. Manfaat vitamin C untuk wajah dapat membantu menyamarkan pigmentasi dan menghaluskan kulit sehingga tampilan kulit kusam dapat dihilangkan. Pemakaian serum vitamin C secara rutin bisa membuat wajah Anda bisa jadi lebih cerah.

2. Mengurangi kemerahan pada wajah

Manfaat serum vitamin C berikutnya adalah mengurangi kemerahan pada wajah. Hal ini juga termasuk untuk mengurangi kemerahan pada kulit sehingga menciptakan rona wajah lebih merata.

3. Mengatasi hiperpigmentasi

Mengatasi hiperpigmentasi juga menjadi manfaat serum vitamin C. Hiperpigmentasi adalah masalah kulit yang ditandai dengan adanya bercak gelap pada kulit, seperti melasma, bintik hitam akibat usia, serta noda hitam bekas jerawat. Vitamin C dapat menghalau produksi pigmen melanin. Pigmen melanin adalah suatu jenis pigmen yang bertanggung jawab terhadap hiperpigmentasi. Nah, bila Anda menggunakan serum vitamin C secara rutin, hiperpigmentasi bisa diatasi sehingga warna kulit wajah bisa tampak merata.

4. Merangsang produksi kolagen

Produksi kolagen meningkat adalah manfaat serum vitamin C
Seiring bertambah usia, kulit semakin kendur
Anda mungkin sudah tahu manfaat serum vitamin C untuk merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein utama dalam tubuh dan berperan dalam struktur berbagai organ, termasuk kulit.Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun. Pada wajah, berkurangnya kolagen dapat memicu garis-garis halus hingga kerutan.

5. Mengurangi lingkaran di bawah mata

Tahukah Anda kalau manfaat serum vitamin C dapat mengurangi lingkaran di bawah mata?Kegunaan serum vitamin C dapat membantu meredakan lingkaran hitam di bawah mata dengan cara menghidrasi area wajah tersebut. Secara anedoktal, beberapa orang juga melaporkan manfaat vitamin C untuk wajah dapat membantu mengatasi perubahan warna kulit yang berkaitan dengan lingkaran di bawah mata.

6. Menghidrasi kulit wajah

Menghidrasi kulit wajah juga menjadi manfaat serum vitamin C. Hal ini berkat salah satu turunan vitamin C, yakni magnesium askorbil fosfat yang dilaporkan mampu menghidrasi kulit.Vitamin C dapat membantu menahan air agar tidak hilang di wajah sehingga kelembapannya dapat terjaga. 

7. Mengencangkan kulit wajah

Kemampuannya dalam merangsang produksi kolagen, maka manfaat serum vitamin C lainnya adalah mengencangkan kulit wajah. Produksi kolagen yang tercukupi dapat membuat kulit lebih elastis dan terlihat lebih kencang. Sebaliknya, apabila produksi kolagen berkurang, kulit pun akan terlihat kendur dan wajah tampak lebih tua.

8. Melindungi wajah dari kerusakan akibat sinar matahari

Manfaat serum vitamin C bisa melindungi kulit dari kerusakan matahari
Kulit bisa terlindungi dari kerusakan sinar matahari
Manfaat serum vitamin C selanjutnya adalah melindungi wajah dari risiko kerusakan akibat sinar matahari. Kerusakan akibat sinar matahari dapat dipicu oleh radikal bebasRadikal bebas, sebagai molekul yang tak stabil, dapat dikendalikan oleh molekul antioksidan seperti vitamin C.

9. Mempercepat regenerasi sel kulit

Kemampuan serum vitamin C dalam mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah tentu tak terlepas dari kegunaan satu ini. Menurut studi yang dimuat dalam Indian Dermatology Online Journal, manfaat serum vitamin C untuk wajah mampu mempercepat pergantian sel kulit. Ini artinya, sel-sel kulit mati atau rusak dapat digantikan dengan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. 

10. Mempercepat penyembuhan luka

Bukan hal yang mengejutkan apabila manfaat serum vitamin C dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulitPenyembuhan luka yang berjalan cepat dapat mengurangi risiko peradangan, infeksi, dan munculnya bekas luka. 

Bagaimana cara memilih serum vitamin C?

manfaat serum vitamin c bisa didapat bila menggunakannya dengan benar
Botol serum vitamin C biasanya berwarna gelap
Setelah mengetahui berbagai kegunaan serum vitamin C, Anda mungkin jadi tertarik untuk menggunakannya pada wajah. Kini, sudah banyak produk perawatan kulit, terutama serum wajah, yang mengandung vitamin C di dalamnya. Hadir dalam berbagai merek, terkadang membuat Anda merasa bingung untuk memilih mana yang terbaik. Nah, tak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara memilih serum vitamin C yang bisa diterapkan, yaitu:

1. Cermati kandungan vitamin C dan turunannya

Salah satu cara memilih serum vitamin C adalah mencermati kandungan vitamin C beserta turunannya. Anda bisa memilih serum wajah vitamin C mengandung L-ascorbic acid yang cenderung efektif di kulit. 

2. Lihat kandungan bahan aktif lainnya

Anda juga perlu melihat kandungan bahan aktif lainnya yang tertera pada kemasan serum wajah mengandung vitamin C. Pilihlah serum wajah vitamin C dengan ‘kawannya’ yang tepat, seperti vitamin E dan asam ferulat (ferulic acid)Manfaat vitamin E untuk kulit dapat membantu menstabilkan vitamin C. Sedangkan, asam ferulat membantu mengendalikan keasaman vitamin C.

3. Perhatikan konsentrasinya

Cara memilih serum vitamin C berikutnya adalah dengan memerhatikan konsentrasinya. Pilihlah produk serum vitamin C yang memiliki konsentrasi 10-20%. Serum wajah dengan konsentrasi vitamin C lebih dari 20% dapat memicu iritasi pada kulit.

4. Kemasan 

Cara memilih serum vitamin C juga perlu mempertimbangkan kemasannya. Umumnya, serum wajah vitamin C dikemas dengan botol kaca berwarna gelap atau buram. Hal ini bertujuan untuk melindunginya dari paparan sinar matahari. Perlu diketahui bahwa paparan udara, cahaya, dan panas dapat mendegradasi serum vitamin C. Oleh karena itu, Anda perlu menyimpannya di tempat yang sejuk. Menyimpannya dalam lemari es juga dapat memperpanjang ‘usia’ serum vitamin C. Beberapa serum vitamin C ada yang berwarna kuning. Namun, bila terjadi perubahan warna menjadi cokelat atau oranye gelap dan keruh, sebaiknya jangan digunakan kembali. Begitu pula bila serum vitamin C ada yang semula berwarna putih, kemudian berubah menjadi kekuningan, maka ini tandanya vitamin C sudah teroksidasi sehingga tidak efektif lagi bila dioleskan pada kulit. 

Kapan sebaiknya menggunakan serum vitamin C?

Anda bisa menggunakan serum vitamin C dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari, setelah mencuci muka dan menggunakan toner wajah. Bahkan, sebuah studi merekomendasikan agar penggunaan serum wajah vitamin C setiap 8 jam untuk perlindungan kulit yang maksimal. Vitamin C memiliki potensi sifat fotoproteksi, yakni usaha untuk melindungi kulit dari sinar UV, sekaligus mencegah paparan radikal bebas sepanjang hari.
manfaat serum vitamin c akan maksimal bila tahu cara menggunakannya
Serum vitamin C membantu merangsang produksi kolagen
Akan tetapi, tidak masalah bila Anda melewati penggunaan serum vitamin C berulang. Sebab, tidak seperti tabir surya dan pelembap, vitamin C tidak dapat dibersihkan dengan mudah dari kulit. Perlu diingat bahwa penggunaan serum vitamin C secara rutin juga perlu diikuti dengan sunscreen pada pagi hari. Pasalnya, vitamin C dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Dengan ini, kulit Anda dapat terlindungi dari kerusakan akibat matahari.

Bagaimana cara menggunakan serum wajah vitamin C?

Cara menggunakan serum vitamin C sama dengan cara pakai serum wajah pada umumnya. Cara menggunakan serum vitamin C adalah sebagai berikut. 

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Salah satu cara menggunakan serum vitamin C adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan sabun cuci muka sesuai jenis kulit.Apabila sedang menggunakan make up, sebaiknya bersihkan sisa-sisa make up di wajah dengan make up remover.Lalu, lanjutkan dengan mencuci muka untuk mengangkat sisa make up, kotoran, dan minyak menggunakan sabun pembersih wajah.Pastikan wajah Anda benar-benar sudah dalam kondisi bersih.Kemudian, keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuknya perlahan.

2. Pakai toner wajah

Usai membersihkan wajah, Anda bisa memakai toner wajah. Fungsi toner wajah adalah mengangkat sisa-sisa make up, kotoran, dan minyak yang mungkin masih menempel di wajah, tapi tidak terangkat sempurna saat mencuci muka.Cara memakai toner adalah dengan menuangkan produk toner wajah secukupnya ke kapas.Pastikan produk yang ada di kapas cukup untuk seluruh wajah Anda, tapi sebisa mungkin jangan sampai terlalu basah.Kemudian, mulai usapkan kapas yang telah dibasahi toner pada bagian tengah sampai ke seluruh wajah. Namun, hindari area bibir dan mata.Usapkan kapas tersebut ke arah atas wajah dan beri tekanan yang cukup agar wajah bersih maksimal dan tampak segar.Jangan lupa usapkan kapas hingga ke leher untuk mengangkat minyak dan kotoran di area ini.Tunggu 1-2 menit sebelum melanjutkan tahapan memakai serum vitamin C.

3. Teteskan serum vitamin C dan pijat wajah

Manfaat vitamin C bisa dirasakan dengan maksimal bila digunakan dengan benar
Teteskan serum vitamin C secukupnya pada area wajah
Cara menggunakan serum vitamin C yang benar adalah dengan meneteskan serum ke telapak tangan secukupnya, atau kurang lebih seukuran kacang polong. Jika serum vitamin C Anda dalam bentuk botol pipet, maka tuangkan beberapa tetes cairan dari pipet ke telapak tangan, atau bisa pula diteteskan langsung ke permukaan wajah. Biasanya, Anda mungkin membutuhkan 2-3 tetes pada dahi dan kedua pipi.Selanjutnya, ratakan tetesan serum ke seluruh permukaan kulit wajah hingga leher dengan jari-jari tangan. Anda pun bisa menepuk-nepuk wajah seraya memijatnya perlahan untuk mendapatkan kegunaan serum vitamin C yang maksimal. Kemudian, diamkan kulit wajah beberapa saat.

4. Oleskan pelembap

Sesudah menggunakan serum vitamin C, Anda bisa melanjutkan penggunaan produk skincare lain. Pada urutan pemakaian skincare pagi hari, Anda bisa mengoleskan pelembap dan sunscreen atau tabir surya.Sedangkan, pada malam hari, Anda bisa mengoleskan krim mata, obat jerawat, atau produk skincare sejenis lainnya yang biasa digunakan sehari-hari.

Serum vitamin C tidak boleh digabung dengan apa?

Beberapa kandungan skincare yang penggunaannya tidak boleh digabung dengan vitamin C adalah sebagai berikut. 

1. Vitamin C dan retinol

Beberapa orang mungkin menggunakan retinol dan vitamin C secara berlapis (layering). Memang, bahan-bahan skincare ini bertujuan untuk mengurangi kerutan dan noda hitam di wajah serta meratakan tekstur kulit.Faktanya, vitamin C tidak boleh digabung dengan retinol pada waktu bersamaan karena keduanya bekerja pada lingkungan pH yang berbeda.Retinol bekerja dalam kadar pH yang lebih tinggi (basa), sedangkan vitamin C diformulasikan pada lingkungan pH lebih rendah (asam). Jadi, ketika digunakan secara bersamaan, retinol dan vitamin C tidak dapat bekerja secara optimal.Jika ingin tetap menggunakan skincare yang mengandung retinol dan vitamin C, sebaiknya gunakan skincare dengan kandungan vitamin C pada siang hari. Lalu, gunakan produk skincare retinol di malam hari.

2. Vitamin C dan AHA/BHA

Vitamin C juga tidak boleh digabung dengan alpha hydroxy acids/AHA dan beta hydroxy acids/BHA.Alih-alih membuat kulit tampak halus dan cerah, penggunaan AHA dan BHA secara berlapis justru berisiko menyebabkan iritasi serta menurunkan khasiat masing-masing kandungan skincare ini.Vitamin C mengandung banyak antioksidan yang melindungi kulit. Jika Anda menggabungkannya dengan AHA maka dapat mengubah pH yang terdapat pada vitamin C. Akibatnya, fungsi antioksidan di dalamnya bisa hilang.Jadi, sebaiknya gunakan skincare yang mengandung vitamin C pada pagi hari. Kemudian, gunakan produk skincare AHA/BHA pada malam hari.

3. Vitamin C dan benzoil peroksida

Penggunaan vitamin C dan benzoil peroksida secara bersamaan dapat menyebabkan efektivitas kedua zat bekerja tidak maksimal karena benzoil peroksida bisa berisiko mengoksidasi vitamin C. Maka dari itu, sebaiknya gunakan vitamin C dan benzoil peroksida secara selang-seling pada hari yang berbeda. Misalnya, pakai serum vitamin C pada hari Senin, lalu oleskan benzoil peroksida pada hari Selasa, dan seterusnya.

4. Vitamin C dan niacinamide

Banyak ahli yang berpendapat kalau vitamin C tidak dapat digabung dengan niacinamide.Gagasan bahwa vitamin C tidak dapat digabung dengan niacinamide berasal dari hasil studi terdahulu pada awal 1960-an. Saat itu, peneliti menggunakan bentuk dari kedua bahan yang tidak stabil.Di samping itu, campuran niacinamide dan vitamin C dapat mengubah niacinamide menjadi niacin.Nah, efek samping dari niacin adalah langerhan cell pada kulit yang aktif sehingga dapat menyebabkan kulit kemerahan dan terasa perih.Efek samping tersebut sebenarnya bersifat sementara, tetapi dapat terasa kurang nyaman dan berpotensi menimbulkan masalah bagi penderita jerawat meradang.Namun, menurut para ahli, proses tersebut memerlukan waktu yang sangat lama atau dapat terjadi pada suhu yang sangat tinggi.Kekhawatiran ini bisa muncul bila Anda menggunakan vitamin C murni atau pure ascorbic acid dan niacinamide pada suhu tinggi, tidak untuk turunan vitamin C lainnya (magnesium ascorbyl phosphate, tetrahexyldecyl ascorbate, dan ascorbyl glucoside). Jika Anda menggunakan zat turunan vitamin C, seperti ascorbic atau L-ascorbic acid, dan niacinamide secara bersamaan, umumnya cenderung aman dilakukan. Meski begitu, tak ada salahnya Anda menggunakan vitamin C dan niacinamide pada waktu atau hari yang berbeda untuk menghindari risiko efek samping yang tidak diinginkan.Misalnya, niacinamide pada pagi hari dan vitamin C pada malam hari.

Apa efek samping penggunaan serum vitamin C?

Pada dasarnya, penggunaan serum vitamin C dalam jangka waktu yang lama cenderung aman di kulit tanpa menimbulkan efek samping. Namun, menghindari efek samping serum vitamin C yang tak diinginkan, alangkah baiknya Anda melakukan tes patch kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada wajah. Caranya, oleskan sedikit serum vitamin C pada area kulit punggung tangan atau belakang telinga. Diamkan selama 24 jam. Jika tidak ada reaksi negatif yang ditimbulkan setelah 24 jam, maka produk tersebut dipastikan aman digunakan pada kulit. Sebaliknya, bila muncul reaksi negatif tertentu pada kulit, jangan coba-coba menggunakannya di wajah. Apabila kulit Anda sangat sensitif, hindari produk serum wajah mengandung L-ascorbic acid. Pilihlah serum wajah mengandung magnesium ascorbyl phosphate yang cenderung lebih sedikit menimbulkan iritasi. 

Catatan dari SehatQ

Manfaat serum vitamin C sangat menakjubkan, seperti mencerahkan wajah, melembapkan kulit, sampai mengencangkan kulit. Mengingat ada banyak merek serum vitamin C yang beredar di pasaran, pilihlah dalam kandungan L-ascorbic acid dengan konsentrasi sebesar 10-20%.Pastikan Anda menggunakan serum vitamin C yang tepat seperti langkah di atas. Tak ada salahnya untuk membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Jika ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui rekomendasi serum vitamin C yang tepat sesuai masalah kulit wajah. Dengan demikian, kegunaan serum vitamin C bisa didapat secara maksimal. [[artikel-terkait]]Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, pastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanproduk kecantikanperawatan wajahpencerah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/collagen
Diakses pada 20 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vitamin-c-serum-benefits
Diakses pada 20 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vitamin-c-serums
Diakses pada 20 Mei 2020
Indian Dermatology Online Journal. https://www.idoj.in/article.asp?issn=2229-5178;year=2013;volume=4;issue=2;spage=143;epage=146;aulast=Telang
Diakses pada 17 Maret 2021
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11207686/
Diakses pada 17 Maret 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5579659/
Diakses pada 17 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-face-serum#how-to-use
Diakses pada 17 Maret 2021
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/should-i-use-a-toner-15596
Diakses pada 17 Maret 2021
Byrdie. https://www.byrdie.com/niacinamide-and-vitamin-c-4845348
Diakses pada 17 Maret 2021
Paula's Choice. https://www.paulaschoice.com/expert-advice/skincare-advice/skin-care-myths/can-niacinamide-and-vitamin-c-be-used-together.html
Diakses pada 17 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/ingredients-that-work-well-together
Diakses pada 17 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait