Rambut rontok dapat diatasi dengan serum rambut yang mengandung vitamin A
Vitamin A untuk meningkatkan pertumbuhan rambut

Rambut rontok menjadi masalah bagi siapapun juga yang mengalaminya. Apalagi bila kerontokan rambut terjadi secara berlebihan hingga menyebabkan terjadinya kebotakan.

Rambut rontok memang merupakan hal yang biasa terjadi. Anda bisa mengalaminya saat menyisir, maupun ketika melepaskan ikatan rambut. Bahkan terkadang, rambut bisa rontok dengan sendirinya.

[[artikel-terkait]]

5 Serum hentikan rambut rontok

Anda bisa menggunakan serum rambut untuk mengatasi kerontokan rambut. Serum rambut merupakan cairan yang mengandung zat-zat tertentu dengan kadar tinggi, dan dapat membentuk lapisan pelindung di atas permukaan rambut.

Serum rambut dapat menghalangi panas, kotoran, dan polutan. Selain itu, serum ini juga mengurangi kerusakan rambut, memperbaiki akar rambut, dan memberi nutrisi serta kelembapan untuk setiap helai rambut.

Sehinnga, rambut pun akan terasa halus dan mudah diatur. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pilihlah serum rambut dengan kandungan-kandungan berikut ini.

1. Protein

Tak hanya dalam makanan, protein dalam serum rambut juga dapat membantu mencegah rambut rontok. Sebagian besar folikel rambut (tempat rambut akan tumbuh), terbuat dari protein yang disebut keratin. Oleh karena itu, serum yang mengandung protein tinggi, tentu dapat mencegah kerontokan rambut.

2. Vitamin A

Vitamin A telah terbukti meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Selain itu, vitamin A juga dapat menjaga kulit kepala agar lebih sehat, dan mampu mempertahankan lebih banyak rambut.

3. Biotin

Biotin atau vitamin B7 sangat penting bagi siklus hidup rambut. Jika kekurangan biotin, maka Anda dapat mengalami kerontokan. Oleh sebab itu, gunakanlah serum rambut yang mengandung biotin, agar anda terhindar dari kerontokan rambut.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu mencegah kerusakan rambut dan akarnya. Selain itu, minyak kelapa merangsang pertumbuhan rambut. Serum rambut yang mengandung minyak kelapa, akan melindungi rambut dari kerusakan, termasuk kerontokan.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk rambut bagian dalam, dan melindunginya dari kekeringan serta kerusakan. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu memperlambat kerontokan rambut.

Waspadai penyebab rambut rontok

Rambut rontok terjadi karena berbagai hal. Berikut beberapa penyebab rambut rontok yang mungkin terjadi, dan bisa anda waspadai.

1. Hormon

Kadar hormon androgen yang abnormal dapat memicu terjadinya kerontokan rambut.

2. Stres

Ternyata stres juga dapat menyebabkan rambut rontok. Jika merasakan stres karena urusan pekerjaan ataupun yang lainnya, maka Anda dapat mengalami kerontokan rambut.

3. Gen

Kerontokan rambut dapat diturunkan dari orangtua. Anda dapat mengalami rambut rontok, jika orangtua memiliki riwayat tersebut.

4. Perawatan rambut tertentu

Keramas terlalu sering, bleaching, dan pewarnaan rambut, dapat menipiskan volume rambut. Rambut pun menjadi lemah dan rapuh, sehingga mudah rontok.

Selain itu, mengepang atau menjepit rambut dengan kencang, enggunakan rol atau pengeriting yang panas, berisiko merusak dan merontokkan rambut.

5. Diet

Diet rendah protein atau diet ketat kalori dapat menyebabkan kerontokan rambut, meski hanya sementara.

6. Luka bakar

Luka bakar dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara waktu. Biasanya, rambut akan tumbuh kembali, setelah luka sembuh.

7. Obat-obatan

Obat-obatan seperti obat kanker, pengencer darah, tekanan darah tinggi, dan pil KB, dapat menyebabkan kerontokan rambut sementara.

8. Kondisi medis tertentu

Lupus, tiroid, diabetes, anemia, dan gangguan makan, juga bisa mengakibatkan kerontokan rambut. Anda harus merawat kondisi tersebut, agar rambut Anda juga dapat normal kembali.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/understanding-hair-loss-basics
Diakses pada 12 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/hair-loss-prevention#medical-treatment Diakses pada 12 Mei 2019

Be Beautiful.In. https://www.bebeautiful.in/all-things-hair/everyday/right-and-wrong-ways-to-use-a-hair-serum?amp
Diakses pada 12 Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed