Manfaat Senam Irama Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Manfaat senam irama bahkan bisa menyehatkan mental Anda
Hula hoop atau simpai termasuk bagian dari senam irama

Jika Anda sedang mencari alternatif olahraga di luar jogging maupun berenang, senam irama bisa jadi salah satu pilihan yang menarik. Apa saja manfaat senam irama untuk kesehatan? Seperti apa gerakan senam irama itu?

Senam irama, yang juga dikenal sebagai senam ritmik, adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik. Senam ini juga bisa berbentuk sebagai latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

Salah satu jenis senam irama yang banyak dikenal adalah senam dengan menggunakan pita, seperti yang sering dipertandingkan dalam Olimpiade. Namun, senam irama juga bisa dilakukan dengan alat lainnya, seperti ganda, simpai, tongkat, bola, dan topi, serta bisa juga dilakukan tanpa menggunakan alat.

Jenis-jenis senam irama

Untuk mendapatkan manfaat senam irama, Anda terlebih dahulu harus mengetahui gerakan dasar dari senam irama itu sendiri. Setidaknya ada tiga hal yang harus ditekankan pada senam irama, yaitu:

  • Kelenturan (fleksibilitas)
  • Ketepatan musik/irama
  • Kontinuitas gerakan.

Sementara beberapa jenis gerakan pada olahraga senam irama adalah:

  • Tanpa alat: menekankan gerakan pada gaya, teknik, dan eksekusi kemampuan menari. Gerakan ini cocok untuk Anda yang baru mulai belajar senam irama.
  • Dengan tali: gerakan ini mirip dengan lompat tali, tapi gerakannya lebih bervariasi, termasuk berayun, melempar, memutar, rotasi, dan membentuk angka 8.
  • Dengan simpai: simpai adalah lingkaran besar yang terbuat dari plastik atau rotan. Anda bisa menggunakan simpai untuk melakukan gerakan hula hoop atau gerakan yang lebih kompleks, seperti membentuk angka 8, serta melempar kemudian menangkap kembali simpai tersebut.
  • Dengan bola karet: gerakan ini membutuhkan bantuan bola karet dengan diameter 18-20 centimeter. Caranya, yakni cukup lempar, pantulkan, dan gulingkan bola sambil badan bergerak mengikuti irama musik.
  • Dengan tongkat: lakukan gerakan dengan menghentak-hentakkan tongkat, melempar dan menangkap, atau gerakan lain yang sesuai irama musik.
  • Dengan pita: ingin gerakan yang lebih indah dilihat? Anda bisa menggunakan pita sepanjang 6 meter dan lakukan gerakan senam irama, seperti berayun, membentuk spiral, atau lingkaran. Anda mungkin butuh bantuan instruktur untuk melakukan gerakan ini.

Jika Anda baru ingin belajar gerakan-gerakan senam irama, Anda dapat meminta bantuan instruktur di pusat-pusat latihan senam. Instruktur senam juga akan menerangkan manfaat senam irama yang dapat dirasakan oleh tubuh Anda.

Manfaat senam irama untuk kesehatan

Olahraga senam, termasuk senam irama, adalah tipe olahraga yang bertolak belakang dengan olahraga yang lebih awam, seperti bersepeda, jogging, dan berenang. Pasalnya, olahraga ini tidak membutuhkan kekuatan paru-paru atau jantung sehingga relatif aman dilakukan oleh siapa saja.

Selain itu, berikut manfaat senam irama untuk kesehatan yang dapat Anda rasakan:

  • Memiliki gerakan yang tidak monoton

Tidak seperti bersepeda atau berlari yang gerakannya itu-itu saja, ada banyak gerakan pada senam irama yang dapat Anda latih. Dengan kata lain, Anda dapat melibatkan nyaris semua anggota tubuh dalam satu gerakan senam irama sehingga dapat membuat tubuh lebih lentur

  • Membuat Anda tidak rentan cedera

Manfaat senam irama ini berhubungan dengan kelenturan yang diciptakannya saat Anda rutin melakukan gerakan-gerakan senam. Tubuh yang lebih fleksibel terbukti jarang mengalami cedera, sekalipun Anda dituntut melakukan aktivitas berat.

  • Melatih keseimbangan

Beberapa gerakan senam irama harus dilakukan dengan keseimbangan tubuh yang baik. Latihan keseimbangan ini juga akan memperbaiki postur sehingga meminimalisir risiko Anda mengalami pembengkokan tulang belakang.

  • Menyehatkan mental

Manfaat senam irama bukan hanya akan dirasakan oleh tubuh, namun juga pikiran Anda. Sebuah penelitian menyebut anak-anak yang sering melakukan gerakan senam memiliki kemampuan memecahkan masalah dan fokus yang lebih baik sehingga nilai akademis mereka juga lebih baik dari anak yang tidak pernah senam. Sementara bagi orang dewasa, senam irama disebut dapat mengurangi stres.

Dengan berbagai manfaat di atas, apakah Anda tertarik mencoba senam irama?

Gymnastics Australia. https://www.gymnastics.org.au/ga/Gymsports/Rhythmic_Gymnastics/Shared_Content/Gymsports/RG/Rhythmic_Gymnastics.aspx
Diakses pada 16 Januari 2020

Gymnastics USA. https://usagym.org/pages/home/publications/technique/1999/3/whygymnastics.pdf
Diakses pada 16 Januari 2020

Academia. https://www.academia.edu/9173337/SENAM_IRAMA
Diakses pada 16 Januari 2020

Sports rec. https://www.sportsrec.com/8294724/the-dangerous-effects-of-gymnastics-for-developing-children
Diakses pada 16 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed