8 Manfaat Senam Hamil Selama Kehamilan Hingga Proses Persalinan

Manfaat senam hamil, yaitu dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi
Senam hamil adalah salah satu olahraga untuk ibu hamil yang cukup populer

Senam hamil seringkali menjadi tren di kalangan para ibu hamil. Kendati demikian, aktivitas fisik ini tidak hanya sekadar tren semata. Pasalnya, ada berbagai manfaat senam hamil yang dapat dirasakan oleh para wanta hamil selama kehamilan hingga persalinan. 

Manfaat senam hamil bagi para calon ibu

Menjaga kebugaran tubuh selama kehamilan tentu merupakan hal yang penting. Selain mengonsumsi makanan sehat sewaktu hamil, rutin berolahraga juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh ibu dan janin dalam kandungan. 

Ada berbagai jenis olahraga untuk ibu hamil yang bisa menjadi pilihan. Salah satu yang cukup populer adalah senam hamil. Apa saja manfaat senam hamil bagi para calon ibu? Simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Meningkatkan energi 

Salah satu manfaat senam hamil adalah dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Selama masa kehamilan, Anda mungkin cenderung merasa lebih mudah lelah. Namun, dengan rutin melakukan olahraga, termasuk senam hamil, pada akhirnya Anda justru dapat menjadi lebih berenergi. 

Tubuh menjadi tidak mudah lelah, karena olahraga mampu memperkuat sistem kardiovaskular. Dengan demikian, Anda memiliki energi yang lebih untuk melakukan berbagai macam aktivitas. 

Selain itu, olahraga juga dapat melatih otot-otot tubuh, sehingga Anda tidak perlu melakukan banyak usaha untuk melakukan aktivitas. 

2. Menurunkan risiko terjadinya komplikasi

Manfaat senam hamil selanjutnya adalah menurunkan risiko komplikasi, seperti preeklampsia, diabetes gestasional, hingga risiko pada persalinan melalui operasi Caesar. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil dengan diabetes gestasional yang melakukan olahraga tiga kali seminggu, dapat menurunkan risiko bayinya lahir dengan berat badan rendah sebesar 54%, serta menurunkan risiko persalinan Caesar sebesar 34%. 

Akan tetapi, bagi Anda yang telah didiagnosis preeklampsia atau hipertensi gestasional, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga. 

Tergantung kondisi kesehatan dan usia kehamilan, dokter mungkin bisa saja membatasi atau melarang Anda untuk melakukan olahraga. 

3. Mengurangi rasa tidak nyaman selama hamil

Manfaat senam hamil dapat membantu Anda mengatasi rasa nyeri selama kehamilan
Dengan melakukan senam hamil, tubuh Anda akan lebih aktif bergerak

Rasa tidak nyaman, seperti nyeri punggung atau nyeri bagian tubuh lainnya, sembelit, perut kembung merupakan beberapa hal yang kerap dialami oleh wanita saat hamil. 

Dengan melakukan senam hamil, tubuh Anda akan lebih aktif bergerak sehingga membantu kelancaran peredaran dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga dapat memperkuat otot dan membantu Anda mencegah dan mengatasi nyeri selama masa kehamilan. 

4. Meredakan stres dan membangkitkan suasana hati

Para wanita hamil cenderung rentan mengalami depresi selama masa kehamilan. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa melakukan senam hamil dapat mengurangi stres dan membangkitkan suasana hati dengan meningkatkan kadar hormon endorfin.

Selain hormon endorfin, olahraga atau senam hamil dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, yakni zat kimia otak yang berhubungan dengan suasana hati sehingga Anda menjadi lebih bahagia dan bersemangat. 

Terlebih lagi, melakukan senam hamil bersama ibu hamil lainnya dalam kelas senam hamil bisa membuat Anda merasa lebih nyaman, serta saling bertukar pengalaman di masa kehamilan. Cara ini yang juga dapat membantu stres Anda hilang saat hamil. 

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Seiring bertambahnya usia kehamilan, banyak wanita hamil yang mengalami sulit tidur karena sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Nah, jika rutin melakukan senam hamil, Anda dapat tidur lebih nyenyak saat waktu tidur tiba. 

6. Menurunkan tekanan darah

Selama hamil, tekanan darah rentan mengalami kenaikan. Jika tekanan darah terus meningkat maka dapat menyebabkan gejala preeklampsia. Menurut sebuah hasil studi, melakukan olahraga, termasuk senam hamil, dapat menjaga tekanan darah Anda tetap dalam kondisi stabil. 

7. Membantu tubuh mempersiapkan proses persalinan

Selain baik dilakukan selama masa kehamilan, manfaat senam hamil juga dapat membantu Anda saat mempersiapkan proses persalinan. Meski belum ada penelitian yang mendukung manfaat senam hamil satu ini, melakukan aktivitas fisik tersebut dipercaya dapat membantu persalinan lebih mudah dan memperpendek waktu persalinan. 

Sebuah riset kecil yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa wanita hamil yang rutin mengikuti kelas senam hamil tiga kali dalam seminggu selama hamil melewati proses persalinan lebih cepat dibandingkan dengan wanita hamil yang tidak mengikuti kelas senam hamil. 

8. Membantu proses pemulihan lebih cepat setelah melahirkan

Rutin berolahraga atau melakukan senam hamil selama kehamilan membuat otot-otot tubuh menjadi lebih kuat. 

Ketika kekuatan otot tubuh sudah terbiasa dilatih selama kehamilan, maka Anda akan lebih cepat pulih kembali setelah melahirkan. Selain itu, Anda pun dapat terhindar dari berat badan berlebih apabila melakukan olahraga atau senam hamil secara rutin. 

Haruskah bergabung dengan kelas senam hamil? 

Ya, jika ingin mendapatkan manfaat senam hamil yang maksimal, Anda bisa bergabung dengan kelas senam hamil yang banyak tersedia di rumah sakit ibu dan anak. Umumnya, instruktur senam hamil adalah orang yang berpengalaman. 

Dengan bergabung dalam kelas senam hamil, gerakan-gerakan yang dilakukan pun akan relatif lebih aman karena berada di bawah arahan instruktur senam hamil yang dapat dipercaya. 

Selain lebih terpercaya, melakukan senam hamil bersama ibu hamil lainnya dapat membuat Anda merasa lebih nyaman. Anda pun tidak merasa sendiri, karena melakukannya dengan ibu-ibu lain yang juga sedang menjalani masa kehamilan.

Tak hanya senam hamil, Anda juga bisa melakukan aktivitas fisik lain, seperti yoga atau berenang yang khusus ditujukan untuk ibu hamil, juga biasanya tersedia di rumah sakit ibu dan anak.

Namun, jika tak ingin bergabung dengan kelas senam hamil, Anda dapat melakukan senam hamil di rumah dengan panduan video atau buku yang kredibel.

Perhatikan hal ini sebelum melakukan senam hamil

Para ibu hamil disarankan untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 15-30 menit setiap hari. Sebelum melakukan senam hamil atau jenis olahraga apa pun, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, beberapa hal di bawah ini juga perlu Anda perhatikan:

  • Pastikan instruktur atau guru kelas senam hamil sudah berpengalaman dan dapat dipercaya. 
  • Gunakan pakaian olahraga yang nyaman, tidak terlalu tebal, dan dapat menyerap keringat dengan baik. 
  • Mulailah olahraga atau senam hamil dengan intensitas ringan dulu, terutama bagi Anda yang baru pertama kali olahraga atau melakukan senam hamil. 
  • Awali olahraga atau senam hamil dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, dan akhiri dengan proses pendinginan setelahnya. 
  • Pastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi dengan baik sebelum, saat, atau setelah melakukan senam hamil. 
  • Hindari gerakan memutar dan membalikkan badan dengan cepat. Pasalnya, akan lebih sulit bagi Anda untuk menjaga keseimbangan tubuh saat masa kehamilan. 
  • Kencangkan otot perut saat gerakan mengangkat lutut guna menghindari cedera pada punggung bawah dan sendi panggul. 
  • Ketahui kondisi dan kemampuan tubuh Anda. Jika Anda merasa pusing, kelelahan, atau sesak napas saat berolahraga atau senam hamil, maka kondisi tersebut menandakan bahwa tubuh dan bayi Anda kurang mendapatkan asupan oksigen yang cukup. 
  • Hindari melakukan senam hamil di suhu ruangan yang panas. 

Jika sudah lama tidak berolahraga atau baru pertama melakukan olahraga, Anda bisa memulainya dengan melakukan gerakan senam hamil selama 10 menit sehari. 

Kemudian, tingkatkan intensitas waktunya menjadi 15 menit, dan terus tingkatkan hingga setidaknya 30 menit per hari. 

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, manfaat senam hamil bisa Anda dapatkan secara optimal. Jangan sampai niat Anda untuk dapat lebih aktif dan meningkatkan kebugaran tubuh selama hamil, malah berakhir buruk akibat kelalaian diri sendiri. 

Baby Center. https://www.babycenter.com/0_eight-great-benefits-of-pregnancy-exercise_7864.bc?showAll=true

Diakses pada 13 Januari 2020

Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/a7879/aerobics-in-pregnancy

Diakses pada 13 Januari 2020

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/pregnancy-exercise/

Diakses pada 13 Januari 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/pregnancy-and-exercise/art-20046896

Diakses pada 13 Januari 2020

American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/exercise-guidelines/

Diakses pada 13 Januari 2020

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/exercise-benefits

Diakses pada 13 Januari 2020

BMJ. https://www.bmj.com/content/358/bmj.j3119

Diakses pada 13 Januari 2020

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed