Manfaat Senam Aerobik Tak Hanya Turunkan Berat Badan, Ini Buktinya

Manfaat senam aerobik ada beragam, seperti menyehatkan jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat senam aerobik tidak hanya seputar menurunkan berat badan

Senam areobik adalah olahraga yang menitikberatkan pada meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Tentu, manfaat yang didapatkan tidak hanya berkutat di dua organ tersebut. Sebab, manfaat senam aerobik ternyata bisa terasa untuk kesehatan secara keseluruhan.

Senam aerobik hanyalah salah satu dari sekian banyak olahraga yang masuk dalam kelompok olahraga aerobik. Jogging, berenang, dan bahkan kickboxing, juga termasuk sebagai latihan aerobik. Jenis olahraga ini, juga sering dikenal dengan nama latihan kardio.

Mengenal manfaat senam aerobik

Kebanyakan orang melakukan senam aerobik untuk menurunkan berat badan. Namun lebih dari itu, manfaat olahraga ini ternyata juga dapat dirasakan seluruh tubuh, mulai dari jantung hingga sistem imun.

Agar tidak semakin penasaran, simak lebih lanjut penjelasan mengenai manfaat senam aerobik, berikut ini.

gambar timbangan yang menandakan berat badan turun
Senam aerobik bisa membantu Anda menjaga berat badan

1. Menjaga berat badan

Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, senam aerobik juga bermanfaat untuk mencegah berat badan kembali naik. Sebab, olahraga ini bisa membakar kalori dalam jumlah yang cukup banyak. Jika dipadukan dengan mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori, maka berat badan ideal akan semakin cepat tercapai.

2. Baik untuk kesehatan jantung

Melakukan senam aerobik akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan dapat memompa darah secara lebih efisien ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

3. Meningkatkan stamina tubuh

Saat pertama kali memulai senam aerobik, tubuh mungkin akan terasa kelelahan. Namun, jika Anda melakukannya secara teratur, lama-kelamaan stamina tubuh akan meningkat dan rasa lelah akan berkurang. Kekuatan jantung, paru-paru, tulang, hingga otot Anda juga akan meningkat, seiring berjalannya waktu.

4. Mengontrol kadar gula darah

Berolahraga secara teratur dapat membantu mengatur kadar insulin di tubuh, sehingga kadar gula darah pun akan ikut terkontrol.

Tekanan darah turun adalah salah satu manfaat senam aerobik
Rutin melakukan senam aerobik juga bisa bantu turunkan tekanan darah

5. Menurunkan tekanan darah

Karena gerakan senam aerobik adalah bisa melatih jantung, maka olahraga ini juga akan memberikan manfaat untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Sebab dengan rutin melakukan senam ini, gejala-gejala hipertensi yang ada juga dapat mereda.

6. Memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat senam areobik untuk tubuh juga berkaitan dengan sistem imun atau daya tahan tubuh. Olahraga ini, akan mengaktifkan sistem imun tubuh, membuat Anda menjadi lebih kebal dari penyakit-penyakit ringan seperti flu dan batuk.

7. Membuat tidur jadi lebih nyenyak

Melakukan latihan kardio bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun, perhatikan juga waktu Anda melakukannya. Jangan sampai, Anda berolahraga kelewat malam dan terlalu dekat dengan jam tidur. Paling lambat, Anda boleh berolahraga dua jam sebelum tidur.

8. Meningkatkan suasana hati

Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, senam aerobik juga akan membuat kondisi mental Anda menjadi lebih baik. Sebab, olahraga ini ternyata juga bisa membantu meringankan gejala depresi dan mengurangi ketegangan yang berkaitan dengan gangguan kecemasan. Latihan kardio ini pun akan membuat Anda menjadi lebih rileks.

9. Membuat cara kerja otak jadi lebih maksimal

Meski senam aerobik adalah olahraga yang menitik beratkan pada gerakan fisik, namun manfaatnya untuk cara kerja otak pun tak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, olahraga ini dinilai dapat memperlambat hilangnya jaringan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

10. Mengurangi risiko jatuh

Pada orang yang berusia di atas 65 tahun, jatuh merupakan risiko yang berbahaya namun kerap terjadi. Jika sudah terjadi, berbagai akibat merugikan seperti patah tulang dapat terjadi, dan menurunkan kualitas hidup. 

Melakukan senam aerobik, dapat menurunkan risiko jatuh. Sebab, olahraga ini dapat melatih keseimbangan dan kelincahan para lansia. Tentu, manfaat ini tidak bisa didapatkan dalam satu kali usaha dan harus dilakukan secara rutin.

Pengaruh senam aerobik terhadap tubuh

Selama senam aerobik, otot-otot tubuh yang  berukuran besar seperti otot lengan, kaki, dan pinggul akan terus bergerak. Sehingga, tubuh pun akan merespons dengan cepat.

Saat melakukan olahraga ini, Anda akan bernapas dengan lebih cepat dan dalam. Hal ini membuat aliran oksigen yang masuk ke tubuh bisa meningkat sehingga jumlah oksigen yang masuk ke dalam darah bisa maksimal. Jantung juga akan berdetak lebih cepat dan meningkatkan aliran darah ke otot, lalu kembali ke paru-paru.

Pembuluh darah kapiler, yang merupakan pembuluh darah terkecil di tubuh, akan ikut melebar, untuk melancarkan proses pengantaran oksigen ke otot, maupun membuang zat sisa metabolisme, seperti karbondioksida dan asam laktat.

Tubuh juga akan terpicu untuk mengeluarkan endorfin, zat kimia alami di tubuh yang dapat berfungsi sebagai pereda nyeri alami, dan berguna untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Sudah tertarik mengikuti kelas senam aerobik? Pastikan untuk memilih kelas dengan instruktur berpengalaman. Manfaat senam aerobik juga akan didapatkan secara lebih maksimal, jika disertai dengan pola hidup yang sehat.

Healthline. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/benefits-of-aerobic-exercise
Diakses pada 12 November 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/aerobic-exercise/art-20045541
Diakses pada 12 November 2019

Medicinet. https://www.medicinenet.com/aerobic_exercise/article.htm
Diakses pada 12 November 2019

Banner Telemed