4 Manfaat Semangka untuk Pria yang Jarang Diketahui

(0)
25 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat semangka untuk pria adalah membantu mengatasi impotensiSemangka mengandung sejumlah manfaat khusus untuk pria
Semangka adalah buah yang sering dipilih untuk menghilangkan haus dan menyegarkan tubuh, terutama saat cuaca sedang terik. Bukan hanya sekadar menghidrasi tubuh, rupanya ada banyak manfaat semangka lainnya untuk kesehatan, bahkan secara spesifik untuk pria.Manfaat ini berasal dari kandungan berbagai vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang ternyata membawa banyak keuntungan bagi pria. Salah satunya bahkan dapat membantu mengatasi impotensi. Mari kita kenali lebih jauh seputar manfaat semangka untuk pria.

Manfaat semangka untuk pria

Manfaat semangka untuk pria berasal dari kandungan fitonutrien, seperti likopen dan citrulline. Berikut adalah berbagai manfaat yang bersumber dari kandungan semangka tersebut.

1. Menurunkan risiko kanker prostat

Likopen adalah senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Salah satu manfaat semangka untuk pria yang bisa Anda dapatkan dari senyawa antioksidan ini adalah perlindungan terhadap kanker prostat.Selain lewat buah semangka, Anda juga bisa menemukan likopen dalam buah-buahan dan sayur-mayur berwarna merah lainnya, seperti tomat, strawberry, dan paprika.

2. Membantu mengatasi impotensi

Impotensi atau disfungsi ereksi mungkin merupakan salah satu kondisi yang menjadi momok menakutkan bagi pria. Salah satu manfaat semangka untuk pria rupanya mampu membantu mengatasi disfungsi ereksi ringan hingga sedang.Kandungan citrulline alami pada semangka dapat meningkatkan aliran darah sehingga dapat membantu penderita impotensi mendapatkan ereksi yang lebih baik. Selain itu, semangka juga dapat meningkatkan kadar nitrit oksida yang mampu melebarkan pembuluh darah.Berkat kombinasi manfaat fitonutrien tersebut, semangka bahkan diklaim bisa menjadi pengganti obat kuat tanpa efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Meredakan nyeri otot

Jika Anda gemar berolahraga, semangka juga bisa memberikan manfaat ekstra bagi pemulihan tubuh. Pasalnya, semangka sangat baik dalam memulihkan nyeri otot.Tidak hanya itu, jus semangka bahkan terbukti secara ilmiah lebih cepat memulihkan detak jantung kembali normal jika dibandingkan jenis minuman lainnya.

4. Meningkatkan stamina

Sebuah studi uji tabung menyatakan bahwa kandungan citrulline dalam semangka berpotensi meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh Anda. Meski hasilnya positif, masih dibutuhkan beberapa penelitian lanjutan untuk membuktikan klaim manfaat ini.Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba manfaat semangka untuk pria ini karena tidak ada efek sampingnya. Anda bisa mengonsumsi semangka saat berolahraga atau melakukan pekerjaan yang menguras tenaga lainnya.

Manfaat semangka lainnya

Selain manfaat semangka untuk pria, kandungan vitamin A, B1, B6, B12, C, serta berbagai mineral dan fitonutrien di dalam buah ini juga memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya.

1. Menurunkan risiko kanker

Likopen merupakan salah satu sumber manfaat semangka karena senyawa ini juga dapat melindungi tubuh dari risiko berbagai jenis kanker. Khususnya, menurunkan risiko kanker yang terkait dengan pencernaan.Di samping itu, kandungan cucurbitacin E yang terkandung dalam semangka telah terbukti bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan tumor.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan likopen dan citrulline pada semangka juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Pasalnya, senyawa likopen memiliki khasiat dalam:
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah kerusakan oksidatif pada kolesterol
  • Mengurangi ketegangan dan ketebalan dinding arteri.
Selain itu, citrulline yang terkandung dalam semangka juga dapat meningkatkan kadar nitrit oksida yang berfungsi melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

3. Meredakan peradangan

Kandungan likopen pada semangka telah terbukti secara ilmiah dapat meredakan peradangan. Selain itu, kombinasi antara likopen dan vitamin C sebagai antioksidan juga dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh.

4. Menurunkan stres oksidatif

Kandungan antioksidan dalam semangka dapat membantu menurunkan stres oksidatif. Meningkatnya radikal bebas yang memicu stres oksidatif dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.Dengan mengonsumsi semangka, Anda dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti diabetes, aterosklerosis, degenerasi makula, Alzheimer, Parkinson, dan lain-lain.

5. Menutrisi kulit dan rambut

Vitamin C pada semangka bermanfaat untuk membantu produksi kolagen. Protein ini sangat bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan kekenyalan kulit sekaligus menjaga kekuatan rambut.Di sisi lain, vitamin A yang terkandung dalam semangka memiliki peran dalam pembentukan dan perbaikan sel kulit agar senantiasa sehat dan kuat.

6. Menyehatkan pencernaan

Kandungan air dan serat pada semangka bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Sehingga, buah ini dapat membantu mengurangi sembelit dan meningkatkan pergerakan ususItulah manfaat semangka bagi pria dan kesehatan secara umum. Walaupun memiliki manfaat segudang, mengonsumsi semangka secara berlebihan tidaklah dianjurkan. Pasalnya, terlalu banyak likopen dan kalium dapat menyebabkan efek samping berupa mual, diare, gangguan pencernaan, dan kembung.Jika Anda punya pertanyaan seputar buah-buahan sehat lainnya, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
manfaat semangkabuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/watermelon-health-benefits
Diakses 11 Januari 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320440
Diakses 11 Januari 2021
AARP. https://www.aarp.org/health/healthy-living/info-2016/watermelon-nutrition-cs-photo/#slide6
Diakses 11 Januari 2021
Live Science. https://www.livescience.com/46019-watermelon-nutrition.html
Diakses 11 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait