logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Pria

Manfaat Semangka untuk Pria yang Jarang Diketahui

open-summary

Manfaat semangka untuk pria cukup beragam, mulai dari mencegah kanker prostat hingga meningkatkan kualitas sperma. Hal ini tak lepas dari kandungan berbagai macam nutrisi di dalamnya.


close-summary

12 Jan 2021

| Nenti Resna

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Salah satu manfaat semangka untuk pria adalah membantu mengatasi impotensi

Semangka mengandung sejumlah manfaat khusus untuk pria

Table of Content

  • Manfaat semangka untuk pria
  • Catatan dari SehatQ

Semangka adalah buah yang sering dipilih untuk menghilangkan haus dan menyegarkan tubuh, terutama saat cuaca sedang terik. Bukan hanya sekadar menghidrasi tubuh, rupanya ada banyak manfaat semangka lainnya untuk kesehatan, bahkan secara spesifik, untuk pria.

Advertisement

Manfaat semangka untuk pria ini berasal dari kandungan berbagai vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan yang yang dimiliki oleh buah tersebut. Lantas, apa saja khasiat semangka untuk pria? Simak informasinya berikut ini.

Manfaat semangka untuk pria

Manfaat buah semangka untuk pria berasal dari kandungan nutrisi yang dimiliki buah dengan nama ilmiah Citrullus lanatus ini, yaitu fitonutrien, yang antara lain berupa likopen dan citrulline.

Berikut adalah berbagai manfaat semangka untuk pria yang perlu pria ketahui:

1. Menurunkan risiko kanker prostat

Pada semangka terdapa kandungan likopen. Likopen adalah senyawa antioksidan yang menurut sejumlah penelitian, dapat menangkal radikal bebas. Salah satu manfaat buah semangka untuk pria yang bisa Anda dapatkan dari senyawa antioksidan ini adalah perlindungan terhadap kanker, seperti kanker prostat.

Selain lewat buah semangka, likopen juga bisa ditemukan di dalam buah-buahan dan sayur-mayur berwarna merah lainnya, seperti tomat, stroberi, dan paprika.

2. Membantu mengatasi impotensi

Impotensi atau disfungsi ereksi mungkin merupakan salah satu kondisi yang menjadi momok menakutkan bagi pria. Salah satu khasiat semangka untuk pria rupanya mampu membantu mengatasi impotensi tingkat ringan hingga sedang.

Kandungan citrulline alami pada semangka dapat meningkatkan aliran darah sehingga dapat membantu penderita susah ereksi untuk bisa mendapatkan ereksi penis yang lebih baik. Selain itu, semangka juga dapat meningkatkan kadar nitrit oksida yang mampu melebarkan pembuluh darah.

Berkat kombinasi manfaat fitonutrien tersebut, semangka bahkan diklaim bisa menjadi pengganti obat kuat tanpa efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Meningkatkan gairah seksual

Pada semangka terkandung vitamin B. Vitamin ini diklaim dapat meningkatkan kadar hormon testosteron. Sebagai hormon seks pria, testosteron memiliki peran penting dalam fungsi seksual pria, salah satunya menciptakan libido alias gairah seks.

Apabila akhir-akhir ini Anda tidak merasa bergairah untuk melakukan hubungan seks bersama pasangan, bisa jadi ini pertanda kadar testosteron rendah. Untuk itu, cobalah mengonsumsi buah atau jus semangka guna membantu meningkatkan kadar testosteron sehingga Anda akan kembali bergairah. 

4. Meningkatkan kualitas sperma

manfaat semangka untuk pria
Meningkatkan jumlah sperma adalah salah satu manfaat semangka untuk pria

Manfaat jus semangka untuk pria lainnya adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Lagi-lagi hal ini dikarenakan kandungan likopen yang dimiliki buah tersebut. 

Satu buah semangka utuh mengandung kurang lebih 20 mg likopen. Jumlah ini diklaim mampu meningkatkan jumlah sperma hingga 67 persen. Sementara itu, likopen juga mampu memperbaiki kelainan sperma sekitar 63 persen.

5. Meredakan nyeri otot

Jika Anda gemar berolahraga, semangka juga bisa memberikan manfaat ekstra bagi pemulihan tubuh. Pasalnya, semangka sangat baik untuk mengatasi nyeri otot.

Tidak hanya itu, jus semangka bahkan terbukti secara ilmiah lebih cepat memulihkan detak jantung kembali normal jika dibandingkan jenis minuman lainnya.

6. Meningkatkan stamina

Sebuah studi uji tabung menyatakan bahwa kandungan citrulline dalam semangka berpotensi meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh Anda. Meski hasilnya positif, masih dibutuhkan beberapa penelitian lanjutan untuk membuktikan klaim manfaat ini.

Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba manfaat semangka untuk pria ini karena tidak ada efek sampingnya. Anda bisa mengonsumsi semangka saat berolahraga atau melakukan pekerjaan yang menguras tenaga lainnya.

7. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan likopen dan citrulline pada semangka juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Pasalnya, senyawa likopen memiliki khasiat dalam:

  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah kerusakan oksidatif pada kolesterol
  • Mengurangi ketegangan dan ketebalan dinding arteri.

Selain itu, citrulline yang terkandung dalam semangka juga dapat meningkatkan kadar nitrit oksida yang berfungsi melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

8. Mengatasi peradangan

Kandungan likopen pada semangka telah terbukti secara ilmiah dapat meredakan peradangan. Selain itu, kombinasi antara likopen dan vitamin C sebagai antioksidan juga dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh.

9. Mengatasi stres oksidatif

Kandungan antioksidan dalam semangka dapat membantu menurunkan stres oksidatif. Ini tentu saja kabar baik mengingat stres oksidatif dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, aterosklerosis, degenerasi makula, Alzheimer, Parkinson, dan lain-lain.

Baca Juga

  • Mengenal Perbedaan Jenis Paprika Hijau, Kuning dan Merah
  • Termasuk Super Food, Ini Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan
  • 11 Sayuran yang Mengandung Kalsium untuk Bantu Memperkuat Tulang

Catatan dari SehatQ

Melihat sederet manfaat di atas, tentu tak ada salahnya menjadikan semangka sebagai salah satu asupan untuk menjaga kesehatan tubuh pria. Meski demikian, Anda tetap tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

Manfaat semangka untuk pria memang baik, tapi terlalu banyak likopen dan kalium dapat menyebabkan efek samping berupa mual, diare, gangguan pencernaan, dan kembung.

Jika Anda punya pertanyaan seputar buah-buahan sehat lainnya, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

Advertisement

manfaat semangkabuah dan sayurankesehatan priareproduksi pria

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved