7 Manfaat Semangka untuk Bayi dan Cara Memberikannya

0,0
23 Jun 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat semangka untuk bayi yang luar biasa.Manfaat semangka untuk bayi datang dari kandungan vitamin A hingga vitamin C-nya.
Semangka adalah buah yang rasanya manis dan menyegarkan. Buah berukuran besar ini juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Siapa pun dapat menikmatinya, termasuk bayi. Sebelum memberikan semangka untuk bayi, ada baiknya Anda pahami dulu berbagai manfaat dan waktu yang tepat untuk memberikannya.

Bolehkah bayi makan semangka?

Bayi boleh mengonsumsi semangka sebagai makanan pendamping ASI (MPASI). Bayi umumnya bisa mulai mengonsumsi MPASI saat usianya menginjak enam bulan.Dilansir dari Web MD, semangka adalah salah satu MPASI pertama yang dapat Anda berikan pada bayi. Buah ini dianggap cocok menjadi MPASI karena tekturnya halus dan berair sehingga mudah dikunyah atau ditelan.

Segudang manfaat semangka untuk bayi

Berbagai manfaat semangka untuk bayi datang dari kandungan nutrisinya. Buah yang enak dikonsumsi dalam keadaan dingin ini mengandung protein, serat, vitamin C, vitamin A, hingga vitamin B5 yang baik untuk kesehatan.Mari kita telusuri berbagai manfaat semangka untuk bayi berikut ini.

1. Menghidrasi tubuh

Saat cuaca sedang panas, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa bayi memiliki cukup cairan di dalam tubuhnya. Hal ini dilakukan agar ia terhindar dari dehidrasi.Selain terus memberikan air susu ibu (ASI), Anda juga boleh memberikan semangka karena buah ini mengandung sekitar 93 persen air yang bisa menghidrasi tubuh bayi.

2. Memperkuat sistem imun bayi

Semangka mengandung vitamin C yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang dimiliki oleh semangka juga bisa membantu bayi memperkuat sistem imunnya dan membantu penyerapan zat besi secara maksimal.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Semangka adalah salah satu buah yang mengandung vitamin A. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mata, menjaga kesehatan gigi dan kulit, hingga merangsang perkembangan jaringan lunak serta selaput lendir bayi.

4. Memperkuat tulang

Semangka mengandung kalsium dan magnesium yang cukup tinggi. Kedua mineral ini memiliki peran penting dalam merangsang perkembangan dan menjaga kekuatan tulang bayi. Tidak hanya itu, kalsium juga dapat membantu sekresi hormon pada bayi.

5. Membantu proses pembentukan sel darah merah

Manfaat semangka untuk bayi selanjutnya adalah membantu proses pembentukan sel darah merah.Semangka mengandung vitamin B kompleks yang berperan penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan berbagai sistem di dalam tubuh si kecil, salah satunya merangsang pembentukan sel darah merah.Tidak hanya itu, vitamin B kompleks juga dapat menunjang perkembangan sistem saraf, memperkuat sistem imun, dan meningkatkan metabolisme tubuh anak.

6. Baik untuk jantungnya

Saat semangka sudah matang, kandungan likopennya semakin meningkat. Nutrisi ini merupakan sebuah antioksidan yang baik untuk jantung dan mampu menjaga kesehatan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) bayi.

7. Menyehatkan sistem pencernaan

Semangka juga diperkaya dengan serat yang bisa membantu mencegah sembelit dan menyehatkan sistem pencernaan si kecil.

Cara menyajikan semangka untuk bayi

Semangka memang memiliki tekstur yang lembut, mudah dikunyah dan ditelan. Namun, bayi masih mencari tahu bagaimana cara mengonsumsi makanan yang berbeda-beda.Pastikan Anda memotong-motong semangka menjadi bagian kecil agar bayi tidak tersedak saat menelannya. Orangtua juga harus memerhatikan bayi saat ia sedang mengunyah semangka. Jika potongannya terlalu besar, kecilkan lagi potongannya.Selain itu, Anda juga bisa menghaluskan tekstur semangka dengan blender agar lebih mudah ditelan bayi.Usahakan bayi duduk tegak saat sedang makan untuk mencegah bayi tersedak. Pastikan juga untuk mengambil biji-biji semangka sebelum memberikannya pada bayi.

Alergi semangka pada bayi

Alergi makanan adalah salah satu kekhawatiran orangtua saat memperkenalkan makanan baru pada bayi.Untuk mengetahui apakah bayi Anda memiliki alergi semangka atau tidak, jangan memberikan semangka dan makanan lain pada waktu yang bersamaan.Sebab, jika Anda memberikan semangka dan makanan lain sekaligus, Anda bisa kesulitan untuk mengetahui makanan apa yang memicu alergi pada bayi.Pertama-tama, cobalah berikan ia semangka terlebih dahulu dan lihatlah tanda-tanda reaksi alergi pada tubuhnya. Jika tidak ada gejala yang muncul, kemungkinan besar ia tidak memiliki alergi terhadap semangka.Namun, jika ia memiliki alergi terhadap semangka, maka gejala di bawah ini dapat muncul:
  • Munculnya ruam
  • Diare
  • Muntah-muntah
  • Hidung meler.
Perlu diingat juga, meski bayi Anda tidak memiliki alergi semangka, ia tetap bisa mengalami ruam karena semangka memiliki sifat asam. Segera bawa si kecil ke dokter jika Anda menemukan berbagai gejala alergi semangka di atas.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar MPASI dan makanan yang baik untuk bayi, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
bayi & menyusuimakanan sehatmanfaat semangkabuah dan sayuran
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266886
Diakses pada 9 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/watermelon#nutrition
Diakses pada 9 Juni 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/watermelon-for-babies-benefits-risks-and-recipes/
Diakses pada 9 Juni 2021
Web MD. https://www.webmd.com/baby/when-can-a-baby-eat-watermelon#1
Diakses pada 9 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/watermelon-for-babies#allergies
Diakses pada 9 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait