8 Manfaat Selada Air untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya


Manfaat selada air untuk kesehatan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, hingga menurunkan berat badan. Namun, adakah efek sampingnya?

0,0
26 Nov 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat selada air untuk kesehatan cukup beragamSelada air memiliki bentuk yang berbeda dari selada biasa
Pernahkah Anda makan selada air? Selada air adalah sayuran berwarna hijau yang memiliki banyak nutrisi. Sayuran ini berasal dari family Brassicaceae, sama seperti kubis atau kol.Selada air biasanya dijadikan sebagai lalapan atau dikreasikan dalam berbagai jenis masakan. Tak hanya lezat untuk dimakan, ada pula beragam manfaat selada air yang bisa Anda dapatkan.

Kandungan nutrisi dalam selada air

Jika selada biasa memiliki daun yang besar dan berwarna hijau muda, selada air memiliki daun yang kecil, bundar, dan berwarna hijau tua. Selada air juga memiliki batang yang dapat dimakan. Ketika dikonsumsi, selada air memiliki rasa yang sedikit pedas.Orang-orang menggemari selada air karena padat nutrisi. Selain mengandung beragam nutrisi, selada air juga memiliki kalori yang rendah. Satu cangkir atau 34 gram selada air mengandung:
  • 4 kalori
  • 0,4 gram karbohidrat
  • 0,2 gram serat
  • 0,8 gram protein
  • 0 gram lemak
  • 22% kebutuhan harian vitamin A
  • 24% kebutuhan harian vitamin C
  • 106% kebutuhan harian vitamin K
  • 4% kebutuhan harian mangan
  • 4% kebutuhan harian kalsium.
Tak hanya itu, selada air juga mengandung sedikit vitamin E, riboflavin, tiamin, folat, vitamin B6, magnesium, fosfor, kalium, tembaga, natrium, dan asam pantotenat. Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam sayuran ini tentunya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat selada air untuk kesehatan

Selada air dapat ditemukan dengan mudah di pasar, supermarket, ataupun toko sayur online. Seperti sayur-mayur lainnya, mengonsumsi selada air akan memberikan manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat selada air untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menurunkan risiko penyakit kronis

Selada air mengandung antioksidan tinggi yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif yang dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kanker.Untungnya, kandungan antioksidan dalam selada air dapat menurunkan risiko penyakit tersebut. Selada air bahkan dianggap sebagai sayuran yang paling unggul dalam menetralkan radikal bebas.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selada air mengandung cukup banyak vitamin C. Vitamin ini memberikan manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.Kekurangan vitamin C dalam tubuh sering dikaitkan dengan turunnya fungsi kekebalan tubuh dan meningkatnya peradangan.

3. Melindungi kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam selada air penting untuk kesehatan mata. Secara khusus, kedua antioksidan tersebut melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar biru (layar gawai).Selain itu, kandungan selada air juga bisa menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula yang terkait dengan usia.

4. Mencegah kanker

Selada air mengandung fitokimia yang tinggi. Kandungan ini mampu mengurangi risiko terkena jenis kanker tertentu. Bukan hanya itu, kandungan isothiocyanate yang ada dalam selada air juga terbukti mencegah kanker usus besar, prostat, kulit, dan paru-paru.Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa isothiocyanate dan sulforaphane yang dimiliki selada air dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara.

5. Menjaga kesehatan jantung

Selada air mengandung antioksidan beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Penelitian menunjukkan bahwa kadar karotenoid yang tinggi dapat melindungi Anda dari penyakit jantung, serta menurunkan risiko jantung dan stroke.Sebab, kadar karotenoid yang rendah berhubungan dengan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, selada air juga dapat membantu menurunkan kolesterol yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

6. Membantu menurunkan berat badan

Meski belum diteliti secara khusus, selada air berpotensi membantu menurunkan berat badan. Sayuran padat nutrisi ini hanya mengandung sedikit kalori yang baik untuk dikonsumsi jika Anda sedang menurunkan berat badan.

7. Mempercepat proses pemulihan setelah berolahraga

Menurut penelitian, olahraga dapat meningkatkan potensi kerusakan DNA dan meningkatkan peroksidasi lipid. Mengonsumsi selada air sebelum berolahraga dapat membantu Anda untuk mengurangi kedua masalah tersebut.Selada air dapat berkontribusi dalam mengurangi kerusakan DNA yang disebabkan oleh olahraga.

8. Menunjang kesehatan tulang

Dalam selada air terdapat berbagai mineral yang baik untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, kalium, fosfor, dan magnesium. Selain itu, selada air juga kaya akan vitamin K yang dapat membentuk jaringan tulang yang sehat.Dalam sebuah penelitian, orang dengan asupan vitamin K yang tinggi memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami patah tulang pinggul.

Efek samping makan selada air

Meski memiliki beragam nutrisi dan manfaat untuk tubuh, terdapat efek samping makan selada air jika tidak dilakukan dengan tepat, yakni:
  • Masalah pencernaan: Selada air umumnya aman apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Namun, jika berlebihan bisa menyebabkan sakit perut dan kembung.
  • Risiko kontaminasi kuman:Selada air yang tidak dibersihkan dan dimasak dengan baik berisiko mentransfer kuman ke dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit.
  • Mengganggu kerja obat pengencer darah: Jika Anda menggunakan obat pengencer darah, konsultasikan pada dokter sebelum mengonsumsi selada air karena kandungan vitamin K-nya yang tinggi dapat mengganggu kerja obat tersebut.
  • Mengganggu kesehatan tiroid: Kandungan goitrogen dalam selada air dapat mengganggu metabolisme yodium. Padahal yodium merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan tiroid. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki masalah tiroid harus berhati-hati terhadap efek samping makan selada air ini.
Selain itu, segera periksakan diri Anda pada dokter jika timbul gejala-gejala tak biasa, seperti mual, muntah, gatal-gatal, pusing, dan masalah lain setelah mengonsumsi selada air.

Cara mengonsumsi selada air

Selada air umumnya dikonsumsi sebagai salad. Pilihlah selada air dengan warna hijau tua, daun renyah, dan tidak ada tanda-tanda layu untuk mengolahnya menjadi salad. Anda harus menyimpannya di lemari es dan menggunakannya dalam beberapa hari setelah pembelian.Cara mengonsumsi selada air ke dalam makanan Anda:1. Tambahkan segenggam kecil jus buah atau smoothie favorit Anda.
2. Tambahkan selada air ke telur dadar Anda.
3. Buat pesto menggunakan selada air.
4. Potong selada air dan tambahkan ke saus pasta.
5. Tumis selada air dengan sedikit minyak zaitun, lalu bumbui dengan lada hitam bubuk dan keju Parmesan parut. Makanlah sebagai lauk atau sebagai topping untuk kentang panggang.
6. Tambahkan selada air ke sandwich, atau roti pipih.
7. Campurkan selada air ke dalam sup saat hampir matang.
Konsumsilah makanan ini secukupnya. Jangan berlebihan karena khawatir bisa menimbulkan efek yang tidak diharapkan.
makanan sehatantioksidanbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/watercress-benefits#section2
Diakses pada 26 November 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/285412.php#risks
Diakses pada 26 November 2019
Rxlist. https://www.rxlist.com/watercress/supplements.htm
Diakses pada 31 Maret 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/watercress-benefits-for-skin-hair-health/
Diakses pada 31 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait