Fungsi dan Manfaat Scrub Wajah Pria Serta Cara Melakukannya

(0)
Scrub wajah pria perlu dilakukan mengangkat kotoran, minyak, dan sel-sel kulit matiScrub wajah adalah salah satu rangkaian perawatan kulit wajah yang penting
Eksfoliasi atau scrub wajah bertujuan untuk mengangkat kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah dan segar. Pada wanita, perawatan kulit wajah ini sudah menjadi rutinitas wajib. Lantas, bagaimana scrub wajah pria? Apakah pria perlu melakukan scrub wajah sebagai perawatan kulit sehari-hari? Adakah manfaat scrub wajah pria?

Apa fungsi scrub wajah pria? 

Biasanya, pria cenderung memilih perawatan kulit yang lebih sederhana, seperti mencuci muka dengan sabun pembersih wajah dua kali sehari.Padahal scrub atau eksfoliasi wajah merupakan salah satu rangkaian perawatan kulit wajah yang paling penting. Scrub wajah adalah perawatan kulit yang berguna untuk mengangkat kotoran, minyak, dan sel-sel kulit yang terdapat pada permukaan kulit.Pada umumnya, kulit akan melakukan regenerasi setiap 28 hari atau lebih. Akan tetapi, terkadang sel-sel kulit mati dapat menumpuk. Akibatnya, kulit wajah akan tampak kering, bersisik, dan menyumbat pori-pori.Nah, di sinilah fungsi scrub wajah bekerja agar kulit wajah lebih mudah menyerap nutrisi yang diberikan pada tahapan perawatan kulit selanjutnya. Hal ini tidak hanya untuk wanita, scrub wajah pria juga perlu dilakukan.

Manfaat scrub wajah pria

Fungsi dan manfaat scrub wajah pria bisa bikin cerah
Scrub wajah pria bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah cerah
Scrub wajah pria perlu dilakukan, terlebih pria juga memiliki tekstur kulit wajah yang tebal dibandingkan wanita. Jika dilakukan secara rutin, manfaat scrub wajah pria yang bisa didapat, di antaranya:

1. Mengangkat sel kulit mati, minyak, dan kotoran di wajah

Setelah seharian beraktivitas, kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati dapat menumpuk di wajah. Mencuci muka dengan sabun pembersih wajah pria, tidak cukup untuk mengangkat sel kulit mati, minyak, dan kotoran di wajah.Maka dari itu, manfaat scrub wajah pria secara rutin bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, minyak, dan kotoran yang menumpuk pada permukaan kulit.Dengan ini, kulit Anda akan tampak lebih bersih, cerah, dan terhindar dari masalah jerawat.

2. Memperbaiki sel-sel kulit

Seiring bertambahnya usia, regenerasi sel memerlukan waktu yang semakin lama. Maka, manfaat scrub wajah pria dapat membantu mempercepat proses tersebut.

3. Meningkatkan produksi kolagen

Melakukan scrub untuk wajah pria dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen berfungsi membuat wajah tampak cerah dan bercahaya. Kandungan proteinnya juga dapat meningkatkan elastisitas kulit serta meminimalisir garis-garis halus dan penuaan.

4. Memudahkan proses mencukur janggut

Manfaat scrub wajah pria lainnya adalah membantu memudahkan proses mencukur janggut dengan membuka pori-pori kulit.Langkah ini dapat mencegah timbulnya rambut ke dalam kulit (ingrown hair).

5. Membersihkan kulit

Minyak alami pada kulit atau produksi minyak berlebih yang menumpuk dapat menyebabkan berbagai macam masalah untuk wajah, seperti pori-pori tersumbat hingga jerawat.Anda dapat mengurangi produksi minyak berlebih di kulit dengan melakukan scrub wajah sehingga mencegah timbulnya flek hitam hingga jerawat di wajah.

6. Melancarkan sirkulasi darah di area wajah

Manfaat scrub wajah pria yang tak kalah penting adalah melancarkan sirkulasi darah di area wajah. Hal ini karena cara scrub wajah biasanya diiringi melakukan pijatan ringan dengan gerakan memutar dari atas ke bawah.Langkah tersebut yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di area wajah sehingga wajah akan tampak lebih cerah dan sehat.

7. Membantu penyerapan produk perawatan kulit dengan maksimal

Penumpukan sel-sel kulit mati dapat menyebabkan proses penyerapan produk perawatan kulit tidak berjalan maksimal. Jika pria rutin melakukan eksfoliasi wajah, proses pengangkatan sel kulit mati bisa terjadi sehingga produk perawatan kulit yang Anda gunakan dapat menyerap lebih efektif.

8. Mengencangkan kulit wajah

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah pria akan kendur dan muncul keriput. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan kulit tampak kusam.Melakukan scrub wajah dapat membuat kulit wajah lebih kencang dan memperlambat tanda-tanda penuaan dini.

Bagaimana cara memilih produk scrub wajah pria?

Scrub wajah dilakukan menggunakan produk eksfoliasi berupa butiran scrub dan bantuan spons, sikat, atau tangan.Produk scrub sendiri mengandung zat eksfolian, seperti kristal, bahan kimia, ataupun asam yang dapat disesuaikan dengan jenis kulit wajah masing-masing orang.Akan tetapi, pastikan Anda berhati-hati saat memilih produk scrub wajah. Salah memilih produk scrub wajah pria dapat menyebabkan iritasi, kulit terasa kering, hingga berisiko menimbulkan jerawat.Oleh sebab itu, penting untuk memilih produk scrub wajah pria sesuai jenis kulit berikut ini.

1. Kulit wajah normal

Pria dengan kulit wajah normal termasuk cukup beruntung. Pasalnya, jenis kulit wajah ini tidak memiliki masalah kulit atau bisa dibilang mempunyai kulit yang sehat dan bersih.Selain itu, kulit wajah normal umumnya tidak sensitif, tidak terlalu kering, tidak terlalu berminyak, pori-pori wajah hampir tidak terlihat, dan kulit tampak cerah.Anda bisa mencoba-coba produk scrub wajah pria mana saja yang cocok di kulit Anda.

2. Kulit wajah berminyak

Kulit wajah berminyak biasanya disebabkan oleh produksi sebum berlebih yang berasal dari kelenjar minyak. Anda mungkin akan mengenali kulit wajah berminyak melalui produksi kelenjar minyak yang berlebih pada area T-zone (dahi, hidung, dan dagu).Bagi pria yang memiliki kulit wajah berminyak, pilihlah produk scrub wajah yang memiliki zat eksfolian dari bahan kimia yang kuat atau menggunakan produk scrub wajah dengan bantuan sikat.Anda juga bisa menggunakan produk scrub instan yang dijual di pasaran atau membuatnya sendiri di rumah dari bahan-bahan alami.

3. Kulit wajah kering

Kulit wajah kering umumnya hanya memiliki sedikit kelembapan di lapisan kulit terluar. Tipe kulit wajah kering ditandai dengan pori-pori dan garis-garis kulit wajah yang terlihat jelas. Tak hanya itu, kulit kering cenderung kasar, bersisik, kemerahan, dan terasa gatal.Anda membutuhkan produk eksfolian yang mengandung asam hidroksi alfa, seperti asam glikolat, yang bertujuan melembapkan dan menghidrasi sel-sel kulit secara efektif.

4. Kulit wajah kombinasi

Kulit wajah kombinasi adalah perpaduan antara jenis kulit wajah kering atau normal di beberapa area, termasuk pipi. Sedangkan, area wajah lainnya akan berminyak, terutama daerah T wajah.Kulit wajah kombinasi juga memiliki pori-pori yang besar, komedo, serta tampak berkilau di bagian wajah yang berminyak.Pria yang memiliki kulit kombinasi dapat melakukan scrub wajah dengan fokus pada area sisi wajah tertentu.Misalnya, hari ini Anda menggunakan scrub wajah dengan kandungan eksfolian zat kimia pada area wajah yang berminyak.Kemudian, gunakan scrub wajah dengan kadar alpha hydroxy acid (AHA) yang rendah pada area wajah yang kering pada keesokan harinya.

5. Kulit berjerawat

Jika Anda memiliki kulit berjerawat, pilihlah produk scrub wajah yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, atau retinoid.Namun, ingat, jangan melakukan scrub wajah jika sedang mengalami jerawat meradang, ya. Sebab, dapat menyebabkan iritasi hingga memperburuk kondisi jerawat itu sendiri. 

6. Kulit sensitif

Kulit wajah sensitif adalah jenis kulit yang ditandai dengan kemerahan, terasa gatal, kering, dan sensasi seperti terbakar. Anda bisa menggunakan produk scrub wajah yang mengandung beta hidroksi alfa.Namun, sebelum melakukan scrub wajah, pria dengan kulit berjerawat dan kulit sensitif sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dulu guna mengetahui apakah kondisi kulit wajah Anda boleh melakukan scrub wajah atau tidak.

Cara melakukan scrub untuk wajah dengan tepat

Cara scrub wajah pria dan wanita sebenarnya sama saja. Anda dapat melakukan scrub wajah pada pagi hari atau malam hari setelah beraktivitas untuk mengangkat minyak dan kotoran secara maksimal.Berikut adalah cara scrub wajah yang tepat:
  • Bersihkan permukaan wajah dengan sabun pembersih terlebih dahulu.
  • Gosokkan bahan scrub ke seluruh wajah seraya lakukan pijatan ringan dengan gerakan memutar dari atas ke bawah. Terutama bagian dahi, hidung, dan dagu sebaiknya lebih lama digosok karena area tersebut paling banyak ditumbuhi komedo. Lakukan langkah ini selama 30 detik.
  • Bilas wajah menggunakan air suam-suam kuku sampai bersih.
  • Lalu, keringkan dengan handuk.
  • Eksfoliasi wajah dapat membuat kulit wajah kering. Maka dari itu, penting untuk mengoleskan pelembap wajah pria agar kulit Anda tetap sehat dan terhidrasi dengan baik.
Jika Anda memiliki bekas luka atau luka terbuka, sebaiknya jangan lakukan scrub wajah.Kemudian, bagi Anda yang sedang menggunakan obat tertentu di wajah akibat suatu kondisi kulit (eksim, rosacea), sebaiknya beri jeda antara penggunaan obat tersebut dan scrub wajah.

Seberapa sering pria boleh melakukan eksfoliasi wajah?

Pada dasarnya, kondisi dan jenis kulit wajah setiap orang menentukan seberapa sering Anda harus melakukan scrub wajah.Pria dengan kulit berminyak bisa melakukan scrub wajah lebih sering, misalnya 2-3 kali dalam seminggu. Sementara, pria dengan jenis kulit wajah lainnya dapat melakukan eksfoliasi wajah 1-2 kali dalam seminggu.Cara scrub wajah yang paling baik adalah dengan tidak melakukan eksfoliasi wajah terlalu sering karena keefektifannya justru akan berkurang.Alih-alih membersihkan kulit wajah, scrub wajah berlebihan atau terlalu sering justru dapat menyebabkan kulit menjadi kering, peradangan yang menimbulkan ruam merah di kulit, dan jerawat.

Catatan dari SehatQ

Scrub wajah pria perlu dilakukan secara rutin untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati.Jika Anda merasa kebingungan atau kesulitan untuk menentukan perawatan scrub wajah pria yang tepat sesuai dengan kondisi kulit, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dulu.Dokter spesialis kulit akan memberikan rekomendasi perawatan scrub wajah pria sesuai kondisi kulit Anda beserta cara scrub wajah dan anjuran frekuensi penggunaannya dengan tepat.
perawatan kulitperawatan wajah
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/safely-exfoliate-at-home
Diakses pada 19 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/meaning-of-exfoliating
Diakses pada 19 Juni 2020
Mens XP. https://www.mensxp.com/grooming/skin-care/8916-benefits-of-exfoliating-your-face.html
Diakses pada 19 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/homemade-facial-scrub
Diakses pada 12 Agustus 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/homemade-skin-tightening-masks-you-should-definitely-try/
Diakses pada 12 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait