Manfaat Sayuran Tak Ada Habisnya, Ini Pentingnya Dikonsumsi Setiap Hari

Manfaat sayuran untuk kesehatan seolah tak ada habisnya
Manfaat sayuran untuk kesehatan sangatlah beragam

Dari kecil, kita selalu mendengar bahwa kita harus makan sayur supaya sehat. Hingga kini, kita pun tahu bahwa sayur adalah makanan sehat. Namun secara spesifik, tahukah Anda apa sebenarnya manfaat sayur untuk kesehatan?Mengapa ia begitu penting untuk tubuh?

Sayur bersama dengan buah adalah makanan super yang bisa menjauhkan kita dari berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Ia juga memiliki berbagai kandungan yang sangat sehat, termasuk serat, vitamin dan antioksidan.

Bahkan saking sehatnya, kita disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 5 porsi sayur dan buah dengan total 400 gram setiap harinya. Dengan begitu, risiko munculnya penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker akan semakin berkurang.

Manfaat sayur untuk tubuh kita

Manfaat sayur salah satunya baik untuk diet
Salah satu manfaat sayur adalah untuk bantu turunkan berat badan

Secara rinci, berikut ini manfaat sayur yang akan didapatkan saat mengonsumsinya.

1. Baik untuk pencernaan

Seperti yang kita tahu, sayur merupakan sumber serat terbaik untuk tubuh. Serat merupakan komponen yang penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi serta gangguan pencernaan lainnya. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat pun akan menurunkan risiko Anda terkena kanker usus besar.

2. Mendapatkan berat badan ideal

Sayur juga merupakan sumber makanan yang rendah lemak serta kalori. Sehingga, makanan ini baik untuk Anda yang sedang menjalani diet dan mencoba membatasi asupan kalori ke tubuh.

Tentu, manfaat ini tidak bisa didapatkan jika sayur diolah dengan cara yang tidak sehat. Manfaat sayur akan tertutupi jika pengolahannya dilakukan dengan digoreng atau dibumbui dengan banyak minyak, garam, maupun bahan-bahan lain yang tinggi lemak.

3. Mencegah hipertensi

Sayuran hijau kaya akan kandungan nitrit dan nitrat, sehingga bisa melindungi Anda dari tekanan darah tinggi. Selain itu, lemak tak jenuh dari kacang-kacangan serta minyak zaitun juga dapat memberikan efek yang sama.

4. Menurunkan risiko kanker

Sayuran seperti kol, kembal kol, dan brokoli mengandung indoles dan isothiocynates. Keduanya merupakan komponen yang diyakini dapat melindungi tubuh dari kanker usus besar, kanker payudara, kanker kulit, dan beberapa jenis kanker lainnya.

Brokoli yang masih berbentuk tunas juga memiliki kandungan sulforaphane lebih tinggi dibandingkan dengan brokoli yang sudah besar. Komponen ini diketahui memiliki kemampuan dalam melindungi tubuh dari kanker.

Lagipula, hampir semua sayuran tinggi antioksidan, yang memang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berlebih. Paparan yang berlebih tersebut bisa merusak sel di tubuh dan memicu terbentuknya sel kanker.

Manfaat sayur untuk kesehatan salah satunya redakan stres
Konsumsi sayur bisa perbaiki suasana hati

5. Meredakan stres

Tidak banyak tahu manfaat sayur yang satu ini. Ya, sayur juga bisa membantu meredakan stres karena ia secara alami akan membantu memperbaiki suasana hati Anda. Selain itu, mengonsumsi sayur juga akan membuat Anda merasa lebih sehat dan segar. Bahkan, sayur juga dipercaya bisa membantu meredakan gejala depresi.

6. Membuat kulit jadi sehat

Sudah bukan rahasia jika sayur bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan terlihat lebih kencang, cerah, dan berkilau. Manfaat ini didapatkan dari kandungan sayur yang memang baik untuk kulit, seperti:

  • Vitamin C pada sayuran berwarna oranye dan hijau yang baik untuk memicu produksi kolagen sehingga kulit terlihat tetap kenyal dan kencang
  • Likopen pada sayuran berwarna merah yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • Antioksidan pada sayuran berwarna biru atau ungu seperti terong dan kol ungu, untuk bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas

7. Menyehatkan rambut

Ingin punya rambut indah berkilau? Perbanyaklah makan sayur. Sebab, asupan yang satu ini mengandung berbagai komponen yang dibutuhkan untuk memperkuat rambut dan mempertahankan kilaunya, seperti vitamin A, vitamin C, beta-caroten, likopen, hingga antioksidan.

Tips agar bisa makan sayur lebih banyak

Perbanyak makan sayur untuk dapatkan manfaatnya
Agar bisa dapatkan manfaat sayur, perbanyak konsumsinya

Meski sehat, sayangnya masih banyak orang yang sehari-harinya kurang banyak mengonsumsi sayur. Bagi Anda yang mulai ingin mengubah pola makan, berikut ini tips yang bisa dicoba.

1. Letakkan sayur di tempat yang mudah terlihat

Terkadang, kita jadi malas mengolah sayur apabila tidak menyediakannya di kulkas atau bahkan lupa kalau masih punya stok sayuran. Sehingga, agar kita lebih terpacu untuk memasak dan mengonsumsinya, taruhlah sayur di tempat yang mudah terlihat.

2. Pilih jenis sayur yang baru agar tidak bosan

Kita butuh sayur setiap hari. Sehingga, agar tidak bosan, jangan hanya makan sayur yang itu-itu saja. Pilihlah ragam jenis sayur yang memiliki berbagai warna dan bentuk, mulai dari sayuran hijau seperti bayam, hingga yang berwarna oranye seperti paprika.

3. Jangan memilih kentang sebagai sayuran

Meski memang sayuran, kentang juga kaya akan karbohidrat yang akan membuat Anda lebih mudah kenyang. Sehingga, keinginan Anda untuk makan sayur berkurang. Pilihlah sayuran berdaun hijau sebagai sasaran utama.

4. Masak sayur sebagai asupan utama

Cobalah jadikan sayur sebagai makanan utama. Mainkan resep-resep kreatif yang bisa membuat olahan sayur Anda lezat, sehat, dan tidak membosankan. Bereksperimenlah dengan banyak jenis sayur untuk membuat perubahan pola makan ini jadi hal yang menyenangkan.

Setelah mengetahui lebih jauh tentang manfaat sayur, Anda sebaiknya jangan lagi malas untuk mengonsumsi makanan sehat ini. Pastikan jumlahnya menutupi setidaknya setengah piring makan Anda. Jangan lupa, pola makan yang sehat juga harus disertai dengan olahraga teratur.

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/vegetable
Diakses pada 2 Maret 2020

NHS. https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/why-5-a-day/
Diakses pada 2 Maret 2020

Havard School of Public Health. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/what-should-you-eat/vegetables-and-fruits/
Diakses pada 2 Maret 2020

Artikel Terkait