Mengenal Berbagai Manfaat Sari Kacang Hijau untuk Kesehatan


Sari kacang hijau memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan kolesterol, menyehatkan janin, hingga mencegah diabetes bisa Anda dapatkan.

(0)
03 Feb 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat sari kacang hijau untuk kesehatanKacang hijau dapat diolah dan diambil sarinya
Sari kacang hijau dikenal sebagai salah satu minuman yang paling banyak penggemarnya di Indonesia. Nah, apakah Anda bisa menyebutkan apa saja manfaat sari kacang hijau bagi kesehatan?Seperti namanya, sari kacang hijau adalah minuman yang didapat dari ekstrak kacang hijau yang mengandung protein tinggi dan bermutu. Sari kacang hijau juga sering disebut susu kacang hijau karena memang didapat lewat proses yang sama dengan pembuatan susu kacang-kacangan lainnya, misalnya susu kedelai.

Apa saja manfaat sari kacang hijau untuk kesehatan?

Kacang hijau sendiri termasuk kacang-kacangan yang tinggi protein. Di dalamnya juga mengandung asam amino esensial, asam folat, dan serat yang sangat bagus untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.Ketika dikonsumsi, sari kacang hijau bukan hanya dapat menyegarkan tubuh dan melepas dahaga. Sesuai kandungannya tersebut, manfaat sari kacang hijau yang baik bagi kesehatan adalah sebagai berikut.
  • Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat sari kacang hijau yang pertama adalah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan timbunan lemak di arteri sehingga menganggu aliran darah ke jantung dan otak yang menyebabkan serangan jantung dan stroke.Meski demikian, efek ini masih sebatas ditemukan dalam penelitian pada hewan. Efektivitas sari kacang hijau dalam menurunkan kadar kolesterol pada manusia masih harus diteliti lebih dalam lagi.
  • Mencegah heat stroke

Heat stroke adalah kondisi tubuh yang mengalami kenaikan temperatur sangat tinggi akibat sengatan matahari dan disertai dengan rasa haus yang berlebihan. Untuk mencegahnya, Anda dapat meminum sari kacang hijau yang juga berfungsi menghidrasi tubuh agar tidak mengalami serangan panas ini.Manfaat sari kacang hijau ini juga dipengaruhi oleh kandungan antioksidan berupa viteksin dan isoviteksin. Keduanya mampu melawan pengaruh radikal bebas yang dapat menyebabkan tubuh terkena heat stroke.
  • Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat sari kacang hijau ini datang dari kandungan seratnya. Secara spesifik, kacang hijau mengandung serat larut (pektin) yang dapat membantu kerja saluran cerna sehingga makanan yang Anda konsumsi tidak akan memiliki masalah hingga tiba di saluran pembuangan.
  • Menyehatkan janin

Bagi wanita hamil, kandungan asam folat sangat dibutuhkan karena dapat melindungi janin dari kerusakan saraf janin, mencegah kelahiran prematur, keguguran, dan berat badan lahir rendah. Satu cangkir kacang hijau menyediakan sekitar 10 persen kebutuhan asam folat harian dan 6 persen zat besi.
  • Sumber antioksidan

Kacang hijau mengandung banyak antioksidan, termasuk asam fenolik, flavonoid, asam kafeat, dan asam sinamat. Antioksidan dapat membantu menetralkan molekul berbahaya atau radikal bebas.Berdasarkan sejumlah penelitian, antioksidan di dalam kacang hijau dapat menetralkan kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat mencegah pertumbuhan kanker pada sel-sel paru-paru dan lambung.
  • Mencegah diabetes

Manfaat sari kacang hijau lainnya adalah membantu menjaga kadar gula darah tetap rendah. Menurut ahli, kacang hijau kaya serat dan protein yang membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga dapat mencegah diabetes atau membantu penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah.Untuk mendapatkan manfaat ini, jangan menambahkan gula pada olahan sari kacang hijau Anda. Tambahan gula malah akan menambah kadar gula darah dalam tubuh sehingga menyebabkan peningkatan risiko diabetes.

Jangan berlebihan minum sari kacang hijau

Dengan banyaknya manfaat sari kacang hijau di atas, bukan berarti kacang ini dapat digunakan sebagai pengganti obat dokter. Selain itu, terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya juga bisa berdampak negatif bagi tubuh, salah satunya menimbulkan alergi.Alergi kacang hijau mirip dengan alergi kacang-kacangan pada umumnya, yakni ditandai dengan pilek, gatal-gatal, muncul bercak merah pada kulit, hingga masalah pencernaan, seperti diare dan muntah. Pada kasus alergi berat, Anda juga dapat mengalami kondisi gawat darurat yang dinamakan anafilaksis.
kolesterolantioksidan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/mung-beans
Diakses pada 1 Februari 2020
UIN Suska. http://repository.uin-suska.ac.id/6015/3/BAB%20II.pdf
Diakses pada 1 Februari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19016804
Diakses pada 1 Februari 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/peanut-allergy/symptoms-causes/syc-20376175
Diakses pada 1 Februari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait