7 Manfaat Sarapan Pagi bagi Anak Sekolah

(0)
01 Apr 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah tidak boleh diremehkan.Manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah dipercaya penting untuk performanya di sekolah.
Manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah lebih dari sekadar memberikan energi untuk beraktivitas dan belajar di kelas saja. Ada banyak keuntungan lainnya yang bisa dinikmati anak jika ia melahap sarapan pagi terlebih dahulu sebelum menimba ilmu.Mulai dari meningkatkan kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental, hingga mengasah daya ingat, berikut adalah berbagai manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah.

Manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah

Sebagai orangtua, Anda perlu tahu kalau sarapan dianggap sebagai waktu makan yang paling penting. Sebab, setelah berpuasa semalaman penuh, tubuh membutuhkan glukosa untuk meningkatkan energi, kewaspadaan, serta nutrisi untuk mengoptimalkan kesehatan.Oleh karena itu, Anda perlu memastikan anak selalu sarapan sebelum ia berangkat ke sekolah. Di samping itu, beberapa manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Meningkatkan daya ingat dan perhatian anak

Sebuah riset mencoba membuktikan pentingnya sarapan pagi bagi anak sekolah. Dalam riset ini, sejumlah ahli membagi tiga kelompok yang berisikan anak-anak sekolah.Kelompok pertama diminta untuk sarapan, sedangkan kelompok kedua tidak sarapan. Kelompok yang terakhir hanya diminta untuk mengonsumsi minuman berenergi.Hasilnya, anak-anak yang mengonsumsi sarapan pagi lebih mampu mengingat dan memerhatikan pelajaran di kelas, dibandingkan anak-anak yang hanya mengonsumsi minuman berenergi atau tidak sarapan sama sekali.

2. Terhindar dari pola makan yang buruk

Ada anggapan bahwa tidak sarapan dapat membantu menurunkan berat badan. Anggapan ini salah dan harus dikoreksi.Selain dapat mengganggu kesehatan, melewatkan sarapan pagi dapat merangsang otak untuk makan berlebihan dan cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat yang berkalori tinggi.Sejumlah studi juga mengungkapkan, orang-orang yang mengaku jarang sarapan terbukti mengonsumsi nutrisi, serat, dan kalsium lebih sedikit, dan melahap lemak lebih banyak. Inilah alasan mengapa anak sekolah disarankan untuk sarapan pagi dulu sebelum berangkat ke sekolah.

3. Menjaga kesehatan mental anak sekolah

Melewatkan sarapan pagi dapat menyebabkan gula darah rendah. Hal ini bisa menyebabkan anak sekolah mengalami gangguan suasana hati, cepat marah, dan kelelahan.Sementara itu, sebuah studi mengungkapkan bahwa partisipan yang mengonsumsi sereal untuk sarapan paginya cenderung lebih jarang murung dan terganggu emosinya.

4. Meningkatkan konsentrasi

Sarapan sehat untuk anak sekolah dapat meningkatkan konsentrasi saat sedang belajar. Anda dapat memberikan anak-anak sarapan berupa buah-buahan atau smoothie untuk mendapatkan manfaat ini.

5. Mencegah berbagai penyakit

Melewatkan sarapan pagi dapat mengundang berbagai macam penyakit. Selain obesitas, tidak sarapan di pagi hari juga bisa meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.Kebiasaan melewatkan sarapan pagi sering dikaitkan dengan peningkatkan kadar kolesterol sehingga dapat menyempitkan pembuluh darah hingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

6. Meningkatnya performa akademis

Tahukah Anda bahwa manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah dapat meningkatkan performa akademisnya?Anak-anak yang melewatkan sarapan pagi cenderung merasa kesulitan untuk menguasai tugas-tugas yang ada di sekolah.Perlu diketahui juga, anak-anak yang mengonsumsi sarapan di sekolah (dekat dengan jam masuk kelas dan jam ulangan), memiliki performa yang lebih baik saat mengerjakan ulangan.

7. Terhindar dari perilaku buruk di sekolah

Anak sekolah yang melewatkan sarapan paginya dapat merasa lapar di sekolah. Rasa lapar ini dipercaya dapat membuat mereka kesulitan bergaul, menjalin persahabatan, dan meningkatkan kemungkinan diskors. Tidak hanya itu, sarapan pagi juga dapat meningkatkan semangat anak untuk hadir ke sekolah dan terhindar dari keterlambatan. 

Jenis sarapan sehat untuk anak sekolah

Resep sarapan anak sekolah tidak perlu yang mewah atau berlebihan. Anda hanya memerlukan pilihan makanan sehat untuk bisa meraih berbagai manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah.Berikut adalah beberapa makanan sehat yang cocok dijadikan sarapan.
  • Telur

Menurut sebuah studi, telur dapat meningkatkan perasaan kenyang, menurunkan kadar kalori yang dikonsumsi pada waktu makan selanjutnya.
  • Greek yoghurt

Greek yoghurt mengandung protein yang bisa membantu anak sekolah agar tidak merasa lapar berlebihan. Selain itu, produk olahan susu seperti yoghurt juga mampu menjaga berat badan ideal.
  • Oatmeal

Jika anak Anda menyukai sereal, oatmeal dapat menjadi sarapan sehat untuk anak sekolah. Oatmeal mengandung serat bernama oat beta-glucan, yang terbukti mampu menurunkan kolesterol. Serat ini juga bisa mengundang perasaan kenyang yang berkualitas.
  • Buah-buahan berry

Tidak hanya lezat, buah-buahan berry, seperti blueberry, raspberry, stroberi, hingga blackberry, juga mengandung antioksidan. Selain itu, buah-buahan berukuran kecil ini juga tergolong rendah gula dan dilengkapi dengan serat yang melimpah.
  • Keju cottage

Kalau anak Anda menyukai keju, cobalah berikan ia keju cottage. Jenis keju ini mengandung protein tinggi sehingga bisa meningkatkan metabolisme. Hal ini mampu meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi perasaan lapar.Faktanya, sebuah studi mengungkapkan bahwa keju cottage bisa memberikan rasa kenyang yang sama seperti mengonsumsi telur.Berbagai sarapan sehat untuk anak sekolah di atas hanyalah contoh. Masih banyak resep sarapan anak sekolah lainnya yang juga menyehatkan dan bisa dicoba, misalnya sayur-mayur.

Catatan dari SehatQ

Manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah tidak boleh diremehkan. Maka dari itu, Anda dapat menjelaskan berbagai manfaat di atas kepada anak-anak Anda agar mereka lebih semangat untuk sarapan sebelum menimba ilmu.Jika Anda ingin bertanya mengenai kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
sarapan sehattips parentingsarapananak sekolah
Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/breakfast
Diakses pada 18 Maret 2021
Innerdrive. HTTPS://BLOG.INNERDRIVE.CO.UK/THE-7-PSYCHOLOGICAL-BENEFITS-OF-STUDENTS-EATING-BREAKFAST
Diakses pada 18 Maret 2021
Unicaf. https://www.unicaf.org/benefits-of-eating-breakfast-for-students/
Diakses pada 18 Maret 2021
Frac. https://frac.org/programs/school-breakfast-program/benefits-school-breakfast
Diakses pada 18 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/12-best-foods-to-eat-in-morning#TOC_TITLE_HDR_2
Diakses pada 18 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait