Manfaat Santan untuk Rambut dan Cara Aman Menggunakannya


Santan kelapa memang lebih banyak digunakan untuk memasak. Namun, tahukah Anda jika santan juga menyimpan sederet manfaat bagi kesehatan rambut? Manfaat santan untuk rambut dipercaya dapat melembapkan rambut, mengurangi ketombe, hingga mencegah rambut rontok.

0,0
Manfaat santan untuk rambut dipercaya dapat melembapkan rambutManfaat santan untuk rambut dipercaya dapat mengurangi ketombe hingga mencegah rambut rontok
Selama ini santan kelapa lebih banyak digunakan untuk memasak. Namun, tahukah Anda jika santan kelapa juga menyimpan sederet manfaat untuk kesehatan rambut? Penasaran ingin tahu apa saja manfaat santan untuk rambut? Simak uraian selengkapnya dalam artikel ini.

Manfaat santan untuk rambut

Adapun berbagai manfaat santan untuk rambut adalah sebagai berikut.

1. Melembapkan rambut dan kulit kepala

Manfaat santan untuk rambut bisa melembapkannya
Santan kelapa bisa berfungsi sebagai pelembap alami rambut
Santan kelapa mampu melembapkan rambut dan kulit kepala. Hal ini berkat kandungan asam lemak di dalamnya yang berfungsi sebagai pelembap alami rambut.Kandungan tersebut juga dapat memperbaiki rambut dan kulit kepala yang kering disertai gatal, serta berperan sebagai pelembap alami untuk rambut rusak.Jika rambut dan kulit kepala dalam kondisi lembap, maka pertumbuhan rambut juga akan lebih cepat terjadi. Dengan begitu, rambut Anda akan tumbuh sehat dan lebat.

2. Mengurangi ketombe

Santan kelapa tidak hanya dikenal memberi efek lembap pada rambut dan kulit kepala. Lebih lanjut, manfaat santan untuk rambut dapat mengurangi ketombe karena kandungan antiradangnya.Selain dari santan kelapa secara langsung, kamu juga bisa memperoleh manfaat ini melalui penggunaan sampo antiketombe yang mengandung santan kelapa dan zat lain, seperti pyrithione zinc.

3. Mencegah rambut rontok

Manfaat santan kelapa untuk rambut rontok
Santan kelapa disebut dapat memperkuat helaian rambut
Manfaat santan untuk rambut dapat mencegah rambut rontok dengan cara memperkuat kutikula. Manfaat ini tak terlepas dari kandungan asam laurat yang tinggi di dalamnya.Menurut studi pada jurnal Dermatology and Therapy, santan kelapa juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diyakini dapat mencegah kerontokan rambut.Dengan demikian, rambut Anda tampak lebih kuat dan tidak mudah rontok karena rusak.Kendati demikian, masih diperlukan lebih banyak studi untuk membuktikan manfaat santan kelapa untuk rambut rontok ini.

4. Mengatasi rambut bercabang

Sebuah studi yang dimuat dalam BMC Complementary Medicine and Therapies menyebutkan, kelapa dan seluruh ekstraknya, termasuk santan kelapa, dapat mengatasi rambut bercabang dan kerusakan rambut lainnya.Selain itu, ekstrak santan kelapa dipercaya dapat mengurangi hilangnya protein dari rambut sekaligus mencegah kerusakan rambut akibat paparan sinar UV.

5. Menutrisi rambut

Manfaat santan untuk rambut tebal dan terawat
Rambut jadi tampak sehat dan kuat berkat masker santan
Manfaat santan untuk rambut berasal dari berbagai kandungan zat yang baik untuk kulit.Santan kelapa kaya akan asam laurat atau asam lemak jenuh yang dikenal memiliki kemampuan untuk memperkuat kutikula rambut.Tak hanya itu, santan kelapa juga tinggi akan protein yang dapat membantu menjaga rambut Anda tetap kuat.Ada pula berbagai macam mikronutrien, seperti zinc, fosfor, kalium, serta ragam vitamin, termasuk vitamin C, E, B1, B5, dan B6, untuk menjaga rambut tetap sehat, kuat, dan lembap.

Cara menggunakan santan untuk rambut

Manfaat santan untuk rambut dan cara pakainya
Cara menggunakan santan kelapa bisa dicampur bahan alami lainnya
Penting diketahui bahwa keefektifan manfaat santan untuk rambut di atas mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.Bagi Anda yang ingin memperoleh manfaat santan kelapa untuk rambut di atas, tak ada salahnya untuk mencoba di rumah.Caranya, Anda perlu menyiapkan air dari perasan ½-1 buah kelapa. Lalu, simak cara menggunakannya berikut ini.

1. Santan kelapa murni

Cara menggunakan santan untuk rambut dan kulit kepala diawali dengan menghangatkan 60 ml santan kelapa terlebih dahulu.Jika sudah, oleskan pada permukaan kulit kepala seraya memijatnya perlahan selama 15 menit.Kemudian, oleskan rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Bungkus rambut menggunakan shower cap dan diamkan selama 45 menit.Selanjutnya, cuci bersih rambut dengan air dan sampo sampai bersih. Lakukan cara menebalkan rambut dengan santan ini tiap sekali seminggu.

2. Santan kelapa dan lidah buaya

Untuk memperoleh manfaat santan untuk rambut rontok dan ketombe, Anda bisa mencampurkannya dengan lidah buaya. Simak cara menggunakannya di bawah ini.
  • Siapkan 3 sendok makan santan kelapa dan 1 sendok makan gel lidah buaya.
  • Campurkan kedua bahan yang sudah disiapkan dalam sebuah mangkuk.
  • Aduk merata sampai tercampur merata dan teksturnya menjadi pasta masker.
  • Oleskan masker santan pada kulit kepala dan helaian rambut sampai merata.
  • Bungkus rambut menggunakan shower cap. Diamkan selama 30 menit.
  • Bilas rambut menggunakan air suam-suam kuku dan sampo.
  • Lakukan langkah ini 1-2 kali seminggu.

3. Santan kelapa dan air perasan lemon

Anda bisa menggunakan santan kelapa dan air perasan lemon untuk mengatasi ketombe dan membersihkan kulit kepala. Simak langkah menggunakan dan membuatnya berikut.
  • Siapkan 4 sendok makan santan kelapa dan 2 sendok teh air perasan lemon.
  • Campurkan kedua bahan yang sudah disiapkan dalam sebuah mangkuk.
  • Aduk merata, kemudian simpan dalam lemari pendingin selama kurang lebih 4 jam.
  • Oleskan pada kulit kepala dan helaian rambut secara merata.
  • Bungkus rambut menggunakan shower cap. Diamkan selama 45 menit.
  • Bilas rambut sampai bersih dengan sampo.
  • Gunakan masker santan tiap seminggu sekali.

4. Santan kelapa, minyak zaitun, dan madu

Menggunakan campuran santan kelapa dan minyak zaitun diyakini dapat membuat rambut lebih halus dan bebas kusut. Untuk membuatnya, berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.
  • Siapkan 4 sendok makan santan kelapa, 1 sendok makan minyak zaitun, dan 1 sendok makan madu.
  • Campurkan bahan-bahan yang sudah disiapkan dalam sebuah mangkuk. Aduk merata.
  • Panaskan campuran masker di atas kompor selama 2 menit.
  • Oleskan pada kulit kepala dan helaian rambut secara merata.
  • Bungkus rambut menggunakan shower cap. Diamkan selama 60 menit.
  • Bilas rambut sampai bersih dengan sampo dan gunakan kondisioner sesudahnya.
  • Gunakan masker santan tiap seminggu sekali.

Adakah efek samping santan kelapa untuk rambut?

Pada dasarnya, belum banyak hasil studi yang membahas risiko efek samping penggunaan santan kelapa untuk rambut. Ini artinya, manfaat masker santan untuk rambut cenderung aman asalkan digunakan dengan hati-hati.Perlu diketahui bahwa santan mengandung banyak lemak sehingga teksturnya cenderung berminyak.Jadi, rambut Anda mungkin akan terasa berminyak selama menggunakan masker santan ini, terutama bagi pemilik rambut dan kulit kepala berminyak.
Manfaat santan untuk rambut bisa diperoleh dengan buat masker
Santan kelapa untuk rambut mungkin bisa menimbulkan reaksi alergi
Untuk mencegah risiko alergi yang mungkin terjadi, alangkah baiknya Anda melakukan tes alergi pada kulit terlebih dahulu.Caranya, oleskan santan kelapa atau masker santan pada area kulit punggung tangan atau belakang telinga.Jika tidak ada tanda-tanda alergi, seperti gatal dan ruam, Anda tergolong aman untuk menggunakannya pada rambut dan kulit kepala.Apabila muncul reaksi alergi, jangan gunakan pada rambut dan kulit kepala Anda. Segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter jika reaksi alergi muncul sesaat setelah Anda mengoleskan masker santan untuk rambut ini.Masih punya pertanyaan seputar keefektifan manfaat santan kelapa untuk rambut? Tanyakan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh aplikasi dulu melalui App Store dan Google Play.
rambut rontokkulit dan kecantikankesehatan rambutpertumbuhan rambut kepala
Healthline. https://www.healthline.com/health/coconut-milk-for-hair#precautions
Diakses pada 8 September 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/coconut-milk-for-hair-growth/#benefits-of-coconut-milk-for-the-hair
Diakses pada 8 September 2021
Dermatology and Therapy. https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs13555-018-0278-6
Diakses pada 8 September 2021
BMC Complementary and Therapies Medicine. https://bmccomplementmedtherapies.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12906-017-1858-1
Diakses pada 8 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait