Manfaat Saffron untuk Promil, Bantu Percepat Dapat Momongan


Manfaat saffron untuk keberhasilan program hamil ternyata cukup besar. Selain bisa meningkatkan kualitas sperma, rempah ini bisa meningkatkan libido dan meringankan gangguan fungsi seksual pada wanita.

(0)
14 Dec 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat saffron untuk promil adalah dengan meningkatkan kualitas spermaManfaat saffron untuk mendukung program kehamilan ternyata beragam
Sebagai salah satu rempah paling mahal di dunia, saffron ternyata bisa memberikan manfaat yang sepadan untuk kesuburan. Sebab, manfaat saffron untuk promil alias program hamil, ternyata bukan hanya mitos. Menurut beberapa penelitian, rempah ini terbukti bermanfaat untuk membantu meningkatkan peluang mendapatkan memiliki momongan. Berikut ini penjelasannya.

Manfaat saffron untuk program hamil

Manfaat saffron untuk promil adalah meningkatkan kualitas sperma
Saffron bisa meningkatkan kualitas sperma
Manfaat saffron untuk program hamil telah terbukti secara ilmiah. Rempah ini, jika dikonsumsi secara teratur dalam dosis tertentu, bisa memberikan manfaat kesuburan bagi perempuan maupun laki-laki dengan gangguan reproduksi.Berikut ini manfaat saffron yang membuatnya baik untuk ditambahkan ke dalam menu harian bagi Anda yang sedang program hamil.

1. Meningkatkan kualitas sperma

Dalam usaha mencapai kehamilan, yang dibutuhkan selain sel telur sehat adalah sperma yang berkualitas. Jika pergerakan dan bentuk yang dihasilkan tidak baik, maka sperma akan kesulitan mencapai sel telur dan membuahinya.Menurut penelitian, saffron dengan kandungan antioksidan yang dimilikinya, dapat membantu meningkatkan kualitas sperma dari sisi bentuk dan pergerakannya. Namun rempah ini tidak berpengaruh pada jumlah sperma yang diproduksi.

2. Memperbaiki fungsi seksual pada wanita

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 69 orang wanita berusia 18-39 tahun, menunjukkan bahwa konsumsi saffron sebanyak 15 mg setiap harinya selama delapan minggu bisa meningkatkan performa seksual.Pada empat minggu pertama, para responden mengalami peningkatkan gairah seksual, meski kepuasan seksual, frekuensi orgasme, dan lubrikasi yang keluar dari vagina belum mengalami perubahan berarti.Lalu pada minggu kedelapan, semua faktor yang berkaitan dengan kepuasan seksual termasuk gairah atau libido, frekuensi orgasme, kepuasan seksual, hingga produksi cairan lubrikasi saat berhubungan seks, juga meningkat signifikan.

3. Bersifat afrodisiak (menambah gairah seks)

Bagi pasangan yang ingin memiliki momongan namun memiliki kesulitan dalam meningkatkan libido atau gairah dalam bercinta, mengonsumsi makanan afrodisiak bisa menjadi salah satu solusinya.Bunga saffron, merupakan salah satu rempah yang didapuk memiliki sifat afrodisiak, terutama jika dikonsumsi oleh orang-orang yang rutin mengonsumsi obat antidepresan.

Manfaat saffron lainnya

Manfaat saffron antara lain bisa meredakan gejala PMS dan menurunkan berat badan
Saffron bisa membantu meredakan gejala PMS dan menurunkan berat badan
Selain bermanfaat untuk program hamil, saffron juga dapat memberikan manfaat lain untuk kesehatan, seperti:

1. Meredakan gejala PMS

Gejala PMS kerap dialami para wanita menjelang waktu datangnya menstruasi. Selain menimbulkan gejala fisik seperti nyeri, masa-masa PMS juga bisa berpengaruh pada kondisi psikologis, sehingga sangat mengganggu keseharian.Untuk menghilangkannya, Anda bisa memanfaatkan saffron. Dengan mengonsumsi rempah ini, maka gejala PMS seperti sakit kepala, nyeri, ngidam, dan mudah marah, bisa mereda.

2. Meningkatkan suasana hati

Saffron terbukti dapat meningkatkan produksi zat kimia di otak yang berperan dalam menimbulkan rasa senang dan bahagia, yaitu dopamine. Peningkatan produksi dopamine ini pun tidak berpengaruh pada kadar zat kimia lain di otak.

3. Mencegah penyakit saraf

Kandungan antioksidan yang ada pada saffron, dapat membantu mencegah terjadinya penyakit saraf degeneratif seperti Alzheimer.

4. Menurunkan berat badan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan membatasi ngemil di luar jam makan. Saffron memiliki kemampuan untuk mengurangi nafsu makan, sehingga menjauhkan godaan untuk makan lebih banyak dari yang seharusnya.

5. Mencegah kanker

Antioksidan yang ada pada saffron juga berperan besar untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas bisa merusak sel-sel di tubuh dan memicu timbulnya berbagai penyakit kronis berbahaya, termasuk kanker.

Cara mengolah bunga saffron

Bunga saffron bukanlah rempah yang umum digunakan dalam masakan Indonesia. Jadi mungkin masih banyak orang yang bingung soal cara mengolahnya. Namun sebenarnya, ada cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk Anda yang ingin mulai mengonsumsi rempah ini, yaitu menjadikannya sebagai teh. Ini caranya.
  • Tuangkan saffron ke dalam air mendidih.
  • Biarkan selama 5-8 menit.
  • Tambahkan bahan lain seperti daun teh, lemon, maupun madu untuk membantu menghilangkan rasa pahit alami dari saffron.
  • Teh saffron bisa dinikmati selagi hangat maupun dingin dengan es batu.

Efek samping mengonsumsi saffron

Saffron secara umum memang aman dikonsumsi. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa menggunakannya secara sembarangan. Terlalu banyak mengonsumsi saffron bisa menimbulkan reaksi keracunan. Batas konsumsi saffron per harinya adalah 1,5 gram. Oleh karena itu, perhatikan jumlah yang telah Anda konsumsi per harinya.Rempah ini juga bisa berbahaya bagi ibu hamil apabila dikonsumsi lebih dari 5 gram per hari, karena berisiko memicu gangguan di rahim.Bagi beberapa orang, saffron dapat memicu alergi. Jadi, apabila beberapa saat setelah Anda mengonsumsinya timbul gejala seperti gatal-gatal, bentol, bengkak di wajah dan tenggorokan, hingga sesak napas, segera periksakan diri ke dokter.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat saffron bagi kesuburan dan keberhasilan program hamil, Anda juga bisa menanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilanherbaltanaman obat
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/320409136_The_effect_of_saffron_on_sexual_dysfunction_in_women_of_reproductive_age_ARTICLE_INFO_ABSTRACT
Diakses pada 2 Desember 2020
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19101900/
Diakses pada 2 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327017
Diakses pada 2 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/saffron
Diakses pada 2 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/saffron-tea-benefits
Diakses pada 2 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait