logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Saffron untuk Pria yang Tidak Diduga-Duga

open-summary

Manfaat saffron untuk pria secara umum berhubungan dengan fungsi alat kelamin dan gairah seksual. Manfaat yang bisa didapatkan dari rempah ini adalah mengobati disfungsi ereksi, meningkatkan libido, dan mencegah nyeri otot


close-summary

16 Des 2020

| Aby Rachman

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Salah satu manfaat saffron untuk pria adalah membantu mengobati disfungsi ereksi

Saffron membawa banyak manfaat bagi pria

Table of Content

  • Manfaat saffron untuk pria
  • Manfaat saffron lainnya

Pernahkah Anda mencoba saffron? Popularitas rempah-rempah yang jadi primadona di Iran ini tengah melambung tinggi karena beragam manfaatnya bagi kesehatan. Dilansir dari verywellfit, saffron bahkan telah digunakan pada berbagai negara untuk mengobati penyakit kulit, gangguan pernapasan, masalah penglihatan, nyeri, gangguan mental, hingga infeksi.

Advertisement

Tidak hanya itu, saffron juga dikenal memberikan banyak manfaat bagi pria. Rempah yang diambil dari bunga kuma-kuma (crocus) ini bahkan diklaim mampu membantu pengobatan disfungsi ereksi atau impotensi. Untuk mengenal lebih jauh seputar manfaat saffron untuk pria, berikut adalah penjelasan yang bisa Anda simak.

Manfaat saffron untuk pria

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat saffron untuk pria umumnya berkaitan dengan fungsi alat kelamin dan gairah seksual. Berikut adalah sejumlah manfaat yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu mengobati disfungsi ereksi

Saffron diklaim dapat membantu mengobati disfungsi ereksi atau impotensi pada pria. Sebuah uji klinis melaporkan bahwa sekitar 20 pasien disfungsi ereksi mengonsumsi tablet saffron sebanyak 200 mg selama 10 hari beruntun.

Laporan tersebut menyimpulkan bahwa pasien yang menjalani perawatan dengan tablet saffron menunjukkan perbaikan kondisi impotensi yang cukup positif.

Sebuah studi tinjauan di tahun 2018 juga melaporkan bahwa saffron bermanfaat dalam memperbaiki lima dimensi pada disfungsi ereksi, yakni fungsi ereksi, gairah seksual, fungsi orgasme, kepuasan hubungan seksual, dan kepuasan secara keseluruhan.

2. Meningkatkan libido

Masih berkaitan dengan manfaat sebelumnya, saffron terbukti secara ilmiah mengandung komponen afrodisiak yang dapat membantu meningkatkan libido. Komponen ini bahkan telah terbukti khasiatnya dalam memberikan dampak positif terhadap disfungsi ereksi dan gairah seksual.

Peningkatkan gairah seksual akan memberikan kepuasan yang lebih baik pada pria saat melakukan hubungan seksual.

Manfaat saffron untuk pria ini juga dapat dinikmati oleh orang-orang yang mengalami disfungsi ereksi karena efek samping obat-obatan antidepresan.

3. Mencegah nyeri otot dan meningkatkan kekuatan otot

Sebuah studi yang dirlis dalam Clinical Journal of Sport Medicine mengungkapkan, konsumsi saffron secara rutin dianggap lebih efektif dalam mencegah kelemahan dan nyeri otot setelah olahraga berat ketimbang obat-obatan antiradang. Tidak sampai di situ, saffron bahkan terbukti mampu meningkatkan kekuatan otot.

Studi yang dilakukan di Iran ini melibatkan 39 pria dengan rata-rata usia 18 tahun, yang sebelumnya tidak pernah melakukan olahraga berat secara rutin. 39 pria tersebut kemudian dibagi menjadi tiga kelompok.

12 orang pria mengonsumsi kapsul berisi 200 gram bubuk saffron setiap harinya, selama seminggu sebelumnya dan tiga hari setelah sesi olahraga berat. 12 pria lainnya mengonsumsi obat antiradang indomethacin dan 15 sisanya menerima kapsul placebo.

Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi saffron tidak mengalami masalah otot selama tiga hari setelah sesi olahraga berat. Sementara itu, kelompok yang diberikan indomethacin justru merasakan sedikit nyeri otot dalam 24 jam, dan sepenuhnya menghilang setelah 72 jam.

Terakhir, kelompok kontrol yang menerima placebo mengalami nyeri otot selama tiga hari, yang memuncak pada 48 jam pertama.

Kelompok yang mendapatkan saffron bahkan mengalami peningkatan kekuatan otot sebsar 64 persen, jauh berbeda ketimbang kelompok kontrol yang turun 20 persen dan kelompok indomethacin yang tidak mengalami apa-apa.

Baca Juga

  • Quercetin, Senyawa Flavonoid dengan Ragam Manfaat Kesehatan
  • Jadikan Gaya Hidup, Inilah 4 Cara Sehat Menurunkan Berat Badan
  • Menilik Ragam Manfaat Seledri untuk Ginjal dan Kandungan Berkhasiatnya

Manfaat saffron lainnya

Tidak hanya untuk pria, saffron juga membawa banyak manfaat kesehatan bagi seluruh kalangan. Berikut adalah sejumlah manfaat saffron yang paling populer:

1. Meredakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS)

Tahukah Anda kalau saffron juga bisa meredakan gejala-gejala PMS? Konsumsi 30 mg saffron setiap harinya terbukti secara ilmiah dapat meredakan gejala-gejala PMS, seperti mudah marah, sakit kepala, mengidam makanan, dan nyeri.

TIdak hanya itu, sebuah studi menemukan bahwa menghirup saffron selama 20 menit dianggap mampu meredakan gejala PMS seperti kecemasan dan menurunkan kadar hormon stres (kortisol).

2. Kaya akan antioksidan

Saffron mengandung sejumlah antioksidan yang dapat membantu tubuh Anda melawan stres oksidatif dan radikal bebas.

Antioksidan seperti crocin dan crocetin bahkan memiliki fungsi luar biasa, yakni memiliki komponen antidepresan, melindungi sel otak dari kerusakan proresif, meredakan peradangan, mengurangi nafsu makan, dan membantu menurunkan berat badan.

3. Membantu mengobati depresi

Konsumsi 30 mg saffron setiap harinya terbukti secara ilmiah memiliki efek yang sama efektifnya dengan obat-obatan untuk depresi, seperti fluoxetine, imipramine, dan citalopram. Efek samping yang dialami juga lebih sedikit ketimbang obat-obatan konvensional.

Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.

Advertisement

makanan sehatherbal

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved