Manfaat Saffron untuk Anak yang Tidak Diduga-Duga


Tidak hanya untuk orang dewasa, ada banyak manfaat saffron untuk anak. Berbagai manfaat tersebut mulai dari menjaga kesehatan pencernaan, pernapasan, dan penglihatan, serta menurunkan demam dan mencegah insomnia.

(0)
28 Dec 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat saffron untuk anak adalah menjaga kesehatan pencernaanSaffron punya banyak manfaat bagi anak-anak
Saffron merupakan rempah termahal di dunia. Harga 450 gram saffron asli dapat berkisar antara 7 sampai 70 juta rupiah. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dan pewarna makanan, tahukah Anda kalau saffron memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Selain manfaat secara umum, ada sejumlah manfaat saffron untuk anak yang bisa dinikmati.Manfaat tersebut berasal dari nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalam saffron. Berikut adalah berbagai kandungan nutrisi dalam setengah sendok teh saffron:
  • 38 persen dari angka kecukupan gizi harian (AKG) vitamin C
  • 17 persen dari AKG harian zat besi
  • 18 persen dari AKG harian magnesium
  • 14 persen dari AKG harian vitamin B6 dan kalium.
Saffron juga mengandung lebih dari 150 senyawa lain yang bermanfaat bagi tubuh, misalnya crocin, picrocrocin, dan karotenoid. Zat-zat inilah yang membuat saffron sangat bermanfaat sebagai bumbu masakan sekaligus menjaga dan meningkatkan kesehatan.

Manfaat saffron untuk anak

Saffron dikenal dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anak. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari rempah ini, antara lain:

1. Memperkuat tulang

Konsumsi saffron dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan membantu tubuh untuk membangun tulang yang kuat pada anak-anak.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat saffron untuk anak lainnya adalah sebagai pembersih lambung. Ada kalanya makanan atau jajanan yang dikonsumsi anak kurang higienis sehingga berisiko mengganggu kesehatan pencernaan mereka.Konsumsi saffron mampu membersihkan racun dari pencernaan karena sifat astringennya. Rempah mahal ini juga dapat meredakan perut kembung dan gangguan asam lambung.

3. Menyehatkan pernapasan

Saffron dianggap mampu mengatasi masalah pernapasan dan meningkatkan fungsi pernapasan. Manfaat saffron untuk anak terkait kesehatan pernapasan, yakni dapat digunakan meringankan asma dan bronkitis.

4. Meningkatkan suasana hati

Saffron memiliki efek untuk meningkatkan suasana hati. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa saffron sama efektifnya seperti obat-obatan untuk mengatasi depresi.Mengonsumsi saffron dapat membantu mengatasi masalah depresi dan kecemasan pada anak. Rempah ini juga dianggap bermanfaat dalam mengatasi masalah sulit tidur atau insomnia pada anak.

5. Menyehatkan mata

Manfaat saffron untuk anak lainnya adalah menjaga kesehatan dan perkembangan matanya. Senyawa yang terkandung dalam saffron, seperti kretitin dan crocin, bermanfaat dalam meningkatkan aliran darah pada retina.Penggunaan saffron secara teratur dapat mengatasi konjungtivitis dan meningkatkan penglihatan mata anak. Selain itu, saffron juga membantu melindungi dari kerusakan retina dan mencegah degenerasi makula.

6. Memiliki sifat antiradang

Kandungan vitamin C, crocin, dan croetin membuat saffron memiliki sifat antiradang. Senyawa ini dapat membantu mempercepat penyembuhan anak yang mengalami peradangan karena infeksi atau luka.

7. Mengatasi demam

Demam termasuk gejala yang sering terjadi saat kondisi kesehatan anak menurun. Senyawa crocin pada saffron bermanfaat untuk membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi karena demam.

8. Menjaga kebersihan mulut

Memijat gusi bayi setiap hari dengan menggunakan saffron dipercaya dapat membantu menjaga kebersihan mulut dan lidah, serta mampu mencegah dan mengurangi peradangan sekaligus gangguan mulut.

9. Menyehatkan kulit

Kulit bayi dan anak-anak yang sensitif membuat mereka rentan mengalami kekeringan dan ruam. Manfaat saffron untuk anak dalam aspek ini adalah meredakan peradangan dan menenangkan kulit yang sensitif.

10. Menjaga kesehatan jantung

Tes pada hewan dan uji lab mengindikasikan bahwa senyawa antioksidan pada saffron sangat bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.Bagi anak-anak, saffron dapat menjaga fungsi kardiovaskuler (jantung dam pembuluh darah) dan menurunkan risiko berbagai masalah yang berhubungan dengan jantung.

Efek samping saffron

Pada dasarnya, penggunaan saffron secara wajar sebagai bumbu masakan hampir tidak memiliki efek samping sama sekali. Akan tetapi, penggunaan saffron secara berlebihan (5 gram atau lebih) dan dalam jangka waktu lama, dapat menimbulkan efek beracun dan menyebabkan:
  • Mulut kering
  • Kantuk
  • Gelisah
  • Sakit kepala
  • Kehilangan nafsu makan
  • Alergi
  • Pendarahan dari hidung
  • Diare berdarah
  • Muntah
  • Mati rasa
  • Keguguran pada ibu hamil.
Saffron dapat dimanfaatkan sebagai penambah rasa atau aroma makanan untuk dikonsumsi anak. Rempah ini juga bisa dikonsumsi dengan susu atau dioleskan sebagai pasta pada kulit.Jika Anda memutuskan untuk memberikan suplemen saffron pada anak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.Jika Anda punya pertanyaan lain seputar makanan sehat untuk anak, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait