Manfaat Sabun Pepaya untuk Wajah, Bikin Kulit Jadi Awet Muda


Manfaat sabun pepaya untuk wajah sangatlah beragam, mulai dari menghilangkan jerawat, mengangkat sel kulit mati, mengurangi kerutan, hingga meredakan gejala yang diakibatkan gigitan serangga. Meski begitu, Anda yang memiliki alergi terhadap lateks atau kandungan nutrisi dalam pepaya sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan sabun ini.

(0)
Enzim papain dalam sabun pepaya dapat membantu mengangkat sel kulit matiPepaya memiliki banyak nutrisi yang menunjang kesehatan kulit sehingga cocok dijadikan bahan kandungan sabun
Memilih sabun yang tepat saat mandi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kulit. Jika salah pilih, sabun yang Anda gunakan bisa saja memicu masalah iritasi dan mengakibatkan minyak alami kulit. Salah satu sabun alami yang lembut dan aman digunakan di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah adalah sabun pepayaSelain itu sabun pepaya juga memiliki beragam manfaat bagi kulit. Manfaat sabun pepaya tak lepas dari kandungan nutrisi dan enzim yang ada di dalamnya.

Manfaat sabun pepaya untuk wajah

Pepaya memiliki banyak nutrisi yang menunjang kesehatan kulit, mulai dari vitamin C, vitamin A, dan enzim papain. Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu meningkatkan proses produksi kolagenSementara itu, vitamin A turut berperan dalam produksi sel kulit baru dan membantu meredakan sejumlah masalah kulit. Ada pula enzim papain yang bersifat sebagai antiinflamasi (anti-peradangan) dan berguna untuk membantu proses peremajaan kulit.Berikut ini sejumlah manfaat sabun pepaya untuk wajah:

1. Eksfoliasi

Enzim papain dalam sabun pepaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati, serta membuat wajah terlihat lebih cerah dan sehat. Melakukan eksfoliasi menggunakan sabun pepaya secara teratur membuat kulit Anda terasa lebih halus. Selain itu, eksfoliasi juga bisa membantu meratakan warna kulit.

2. Mencegah munculnya jerawat

Sabun pepaya dapat membantu mengangkat kotoran di wajah. Minimnya kotoran pada wajah tentunya mengurangi risiko kemunculan jerawat. Selain itu, enzim papain juga bisa membantu menghilangkan keratin, protein pada kulit yang memicu benjolan jika mengalami penumpukan.Kemampuan eksfoliasi dari sabun pepaya juga dapat membantu mencegah penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati yang menjadi pemicu munculnya jerawat.

3. Meredakan nyeri akibat gigitan serangga

Mengoleskan sabun pepaya dapat membantu meredakan nyeri, gatal, dan kulit kemerahan pada bekas luka akibat gigitan serangga. Manfaat sabun pepaya ini tak lepas dari kandungan enzim papain yang ada di dalamnya.Bersifat sebagai anti-peradangan, enzim papain dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, enzim papain juga dapat memecah protein peptida yang terdapat dalam racun gigitan serangga dan meredakan iritasi kulit.

4. Mencerahkan kulit

Sabun pepaya dapat membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi dengan mencerahkan warna kulit Anda. Hiperpigmentasi sendiri adalah penggelapan atau perubahan warna kulit akibat paparan sinar matahari.Kemampuan sabun pepaya dalam membantu mengangkat sel kulit mati dapat mengurangi bercak hitam secara bertahap. Selain itu, sabun pepaya juga dipercaya bisa membantu mengurangi produksi melanin yang berlebihan. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan klaim tersebut.

5. Mengurangi kerutan

Kaya akan kandungan antioksidan likopen, sabun pepaya dapat membantu melindungi Anda dari gejala-gejala penuaan dini. Menurut penelitian, likopen membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu kerusakan kulit dan menimbulkan kerutan pada wajah.Selain membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, likopen juga dapat membantu kulit Anda tetap halus dan terlihat awet muda. Tak hanya itu, penelitian lain di tahun 2012 menyebut bahwa pepaya dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan kemunculan kerutan.

6. Perawatan melasma

Melasma adalah kondisi yang mengakibatkan munculnya bercak kecokelatan pada wajah. Sabun pepaya dapat digunakan sebagai perawatan rumahan untuk melasma. Hal ini tak lepas dari kandungan enzim papain, beta-karoten, vitamin, dan fitokimia dalam pepaya yang mempunyai sifat sebagai pencerah kulit.

Adakah efek samping dari penggunaan sabun pepaya?

Sebelum merawat kulit dengan sabun pepaya, pastikan Anda tidak memiliki alergi
Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap buah pepaya
Sebelum menggunakan sabun pepaya, pastikan terlebih dahulu apakah Anda memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam buah tropis ini. Menurut laporan, beberapa orang disebut mengalami sensasi terbakar dan iritasi kulit setelah memakai sabun pepaya.Untuk melakukan pengujian, cobalah untuk mengoleskan sabun pepaya di sebagian kecil kulit Anda. Jika Anda mengalami reaksi alergi seperti timbul benjolan, gatal, bengkak, dan kulit jadi berwarna kemerahan, segera hentikan penggunaan sabun pepaya.Selain itu, Anda sebaiknya tidak menggunakan sabun pepaya apabila memiliki alergi terhadap lateks. Hal ini dikarenakan enzim papain yang terkandung dalam sabun pepaya diperoleh dari getah buah pepaya mentah.

Catatan dari SehatQ

Manfaat sabun pepaya untuk wajah sangatlah beragam, mulai dari proses eksfoliasi, mencegah jerawat, hingga membuat kulit terlihat lebih awet muda. Meski begitu, Anda yang punya alergi terhadap lateks atau bahan lain yang terkandung dalam buah tropis ini sebaiknya tidak menggunakan sabun pepaya.Apabila sabun pepaya memunculkan reaksi alergi, segera hentikan penggunaannya. Selain itu, segeralah konsultasikan kondisi Anda dengan dokter jika gejala alergi tak kunjung hilang atau malah bertambah parah dalam beberapa hari,Untuk berdiskusi lebih lanjut soal manfaat sabun pepaya untuk wajah, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitjerawatkulit keriputpenuaanpepayaperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/papaya-soap
Diakses pada 30 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/papaya-benefits-for-skin
Diakses pada 30 Oktober 2020
Steady Health. https://www.steadyhealth.com/medical-answers/what-is-papaya-soap
Diakses pada 30 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait