Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Manfaat roti gandung baik bagi kesehatan
roti gandum bermanfaat untuk kesehatan

Manfaat roti gandum bagi kesehatan membuat roti gandum menjadi pilihan makanan diet yang sering dipilih untuk sarapan, kudapan, ataupun pengganti roti putih dalam membuat sandwich.

Manfaat roti gandum tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga bagus untuk menjaga kesehatan secara umum. Akan tetapi, apakah manfaat roti gandum bagi kesehatan adalah sesuatu yang mutlak adanya atau hanya sebuah mitos belaka?

Fakta di balik manfaat roti gandum bagi kesehatan

Manfaat roti gandum bagi kesehatan sangat bergantung pada kandungan gandum yang terdapat dalam roti gandum. Manfaat kesehatannya baru bisa dirasakan jika roti gandum terbuat dari setidaknya 80 persen gandum.

Roti gandum mengandung lebih banyak serat daripada roti putih biasa. Serat dalam roti gandum mampu melindungi kesehatan jantung dan menghindarkan Anda dari masalah pencernaan, diabetes, dan kanker.

Kandungan serat dalam kurang lebih dua potong roti gandum juga sudah mampu memenuhi ? asupan serat harian Anda. Oleh karenanya, Anda bisa memanfaatkan roti gandum sebagai salah satu makanan tinggi serat yang bisa dikonsumsi.

Protein yang tinggi dalam roti gandum juga membentuk manfaat roti gandum bagi kesehatan. Anda akan merasa lebih berenergi dan kenyang saat mengonsumsi roti gandum daripada roti putih.

Selain protein dan serat, roti gandum juga mengandung lebih banyak senyawa zinc yang penting untuk sistem imun dan proses dicernanya karbohidrat.

Manfaat roti gandum juga terletak pada kandungan asam folat dan zat besi yang berperan dalam peredaran oksigen dan pertumbuhan sel darah merah, serta senyawa kromium yang berguna dalam proses pencernaan lemak dan gula.

Meskipun demikian, terdapat suatu riset yang justru menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan terhadap kesehatan saat mengonsumsi roti gandum ataupun roti putih dalam rentang waktu satu minggu.

Akan tetapi, Anda tetapi bisa mendapatkan kandungan vitamin dan mineral yang lebih banyak dari roti gandum daripada roti putih biasanya.

Menuai manfaat roti gandum seutuhnya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda baru bisa merasakan manfaat roti gandum bagi kesehatan bila Anda mengonsumsi roti gandum yang terbuat dari setidaknya 80 persen gandum. Oleh karenanya, Anda perlu memeriksa kandungan roti gandum yang akan dibeli dengan cermat.

Umumnya, roti gandum di pasaran hanya dibuat dari 25 persen tepung gandum dan 75 persen tepung putih biasa. Saat memilih roti gandum yang akan dikonsumsi, pastikan bahwa ‘tepung gandum’ adalah kandungan pertama yang tercetak di daftar komposisi.

Sebaiknya, pilih roti gandum yang hanya terdiri dari tepung gandum, air, garam, dan ragi. Anda juga bisa mengecek kandungan serat dalam roti gandum. Roti gandum yang terbuat dari setidaknya 80 persen roti gandum kurang lebih memiliki tiga gram serat per lembarnya.

Selain melihat kandungan gandum, serat, dan daftar komposisi, Anda juga perlu mengecek kandungan sodium dalam roti gandum. Belilah roti gandum yang memiliki maksimal 400 mg sodium dan per 100 gram rotinya.

Apakah roti gandum adalah pilihan satu-satunya? 

Manfaat roti gandum yang memang terbuat dari setidaknya 80 persen gandum untuk kesehatan bukanlah mitos belaka. Akan tetapi, hal tersebut tidak berarti bahwa roti gandum adalah satu-satunya pilihan roti sehat yang bisa dikonsumsi.

Selain roti yang terbuat dari gandum, Anda juga bisa membeli roti yang terbuat dari rye atau gandum hitam, oatmeal, dedak, dan sebagainya yang memiliki kandungan nutrisi dan serat yang tidak kalah dari roti gandum.

Manfaat roti gandum yang baik untuk kesehatan tidak boleh didewakan karena pada dasarnya, Anda tetap harus mengonsumsi berbagai macam makanan bernutrisi lainnya untuk bisa memenuhi asupan nutrisi harian Anda.

Cell Metabolism. https://www.cell.com/cell-metabolism/fulltext/S1550-4131(17)30288-7
Diakses pada 25 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health-news/bread-study-may-shed-light-on-diet-failure#2
Diakses pada 25 November 2019

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/325005-how-healthy-is-wheat-bread/
Diakses pada 25 November 2019

SFGate. https://healthyeating.sfgate.com/health-benefits-100-percent-wheat-bread-5469.html
Diakses pada 25 November 2019

State of Israel Ministry of Health. https://www.health.gov.il/English/Topics/FoodAndNutrition/Nutrition/Adequate_nutrition/Pages/whole_wheat_bread.aspx
Diakses pada 25 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed