Manfaat Renang Gaya Punggung dan Teknik Tepat Melakukannya

(0)
23 Jul 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Renang gaya punggun sehat untuk postur dan jantungRenang gaya punggung bisa bakar kalori sekaligus perbaiki postur
Berenang adalah salah satu olahraga paket komplet yang akan membantu Anda melatih seluruh bagian tubuh. Olahraga ini bahkan juga baik untuk jantung dan masuk sebagai salah satu olahraga kardio. Dengan berbagai gaya, termasuk renang gaya punggung, manfaat olahraga yang satu ini bisa Anda rasakan apabila dilakukan secara teratur.Pada renang gaya punggung, ada banyak otot di tubuh yang aktif, membuatnya menjadi salah satu gaya berenang yang unik karena memadukan kelebihan dari beberapa gaya yang lain. Lebih jauh, berikut ini manfaat renang gaya punggung yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat renang gaya punggung

Manfaat renang gaya punggung tidak jauh berbeda dengan gaya renang lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa Anda rasakan saat rutin melakukannya.

1. Melatih seluruh bagian tubuh secara komplit

Saat berenang, semua anggota tubuh Anda bergerak, mulai ujung kepala hingga ke ujung kaki. Pada renang gaya punggung, otot bagian dada, punggung, kaki, tangan, dan badan, akan aktif untuk membantu tubuh Anda bergerak lincah di atas air.

2. Menurunkan berat badan

Dibanding dengan gaya renang lainnya, kalori yang dibakar saat melakukan gaya punggung memang kalah banyak. Namunse, olahraga ini tetap saja baik untuk Anda yang sedang mencoba menurunkan berat badan.Berenang menggunakan gaya punggung selama 30 menit dapat membakar sekitar 250 kalori. Jika saat berenang Anda menggabungkannya dengan gaya renang lain yang bisa lebih membakar kalori, seperti gaya bebas dan kupu-kupu, maka kesempatan berat badan bisa turun pun lebih besar.

3. Memperbaiki postur tubuh

Saat berenang gaya punggung, posisi punggung Anda harus lurus. Dengan melakukannya secara rutin, maka lama-kelamaan tulang belakang Anda pun akan bisa lebih lurus dan tegak. Jadi, Anda tidak bungkuk sehingga terlihat lebih tinggi.

4. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Berolahraga renang gaya punggung dapat meningkatkan fleksibilitas pinggul Anda. Hal ini sangat bermanfaat untuk orang-orang yang banyak menghabiskan waktunya beraktivitas sambil duduk, seperti pekerja kantoran, agar tidak cepat lelah maupun mengalami sakit sendi pinggul maupun punggung.

5. Mengencangkan tubuh

Melakukan gerakan renang gaya punggung akan membantu bagian perut, kaki, lengan, bahu, dan bokong menjadi lebih kencang.

6. Baik untuk organ vital

Semua gaya renang, termasuk renang gaya punggung bisa membantu jantung bekerja lebih baik dan efektif. Tidak hanya itu, berenang juga baik untuk kesehatan paru-paru dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol kadar gula darah.

7. Memperbaiki kualitas tidur

Olahraga kardio atau aerobik sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur lebih nyenyak. Selama ini, orang-orang hanya mengaitkan kardio dengan jogging atau lari. Padahal, berenang juga termasuk sebagai olahraga kardio atau aerobik.

Tips untuk melakukan teknik renang gaya punggung yang tepat

Untuk Anda yang tertarik mempelajari renang gaya punggung, berikut ini tips dan teknik yang tepat untuk melakukannya.
  • Posisikan punggung selurus mungkin sehingga tubuh bagian depan bisa berada di atas permukaan air.
  • Posisi renang gaya punggung yang baik adalah saat hanya pinggul dan tubuh bagian belakang yang berada di bawah permukaan air.
  • Jangan biarkan pinggul berada terlalu dalam di bawah permukaan air, karena akan memperlambat pergerakan.
  • Posisi kepala harus stabil dan pastikan leher rileks.
  • Jangan posisikan kepala terlalu tinggi, karena akan membuat leher sakit.
  • Posisi kepala yang ideal adalah saat telinga tersejajar dengan permukaan air.
  • Saat melakukan gerakan tangan, lakukan secara bergantian. Saat satu tangan bergerak mengangkat, maka tangan yang lain sudah harus memulai pergerakannya di bawah permukaan air.
  • Saat menggerakkan kaki, pastikan kaki dalam posisi rapat.
  • Jangan gerakkan kaki dengan mengerahkan kekuatan lutut. Gerakkan kaki dengan kekuatan pinggul.
  • Posisikan pergelangkan kaki dalam kondisi rileks saat bergerak.
  • Saat berenang, jangan menahan napas terlalu lama. Waktu menahan napas harus diatur. Biasanya, satu kali napas yang ideal adalah saat satu gerakan tangan selesai.
Setelah mengetahui lebih banyak soal renang gaya punggung, Anda mungkin jadi tertarik untuk segera mempraktikkannya. Namun ingat, di masa pandemi seperti saat ini, kolam renang berisiko menjadi salah satu tempat penularan virus. Sehingga, Anda perlu lebih berhati-hati.
olahragatips olahragaberenang
Swim England Masters. https://www.swimming.org/masters/improving-your-backstroke-technique/
Diakses pada 9 Juli 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/525547-muscles-used-for-swimming-the-backstroke/
Diakses pada 9 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-swimming
Diakses pada 9 Juli 2020
Swimming England. https://www.swimming.org/justswim/best-swimming-stroke-for-weight-loss/
Diakses pada 9 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait