9 Manfaat Rebung, Si Tunas Bambu yang Lezat Dijadikan Sayur

Orang diet bisa mengambil manfaat rebung yang kaya serat dan rendah lemak
Manfaat rebung untuk kesehatan salah satunya baik untuk diet

Tidak sedikit orang yang menghindari rebung karena aroma dan rasanya yang “unik”. Padahal, di balik aroma dan penampilannya yang tidak menarik ada beragam manfaat rebung untuk kesehatan.

Tanaman yang satu ini dinilai baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, dapat menyeimbangkan kadar kolesterol, hingga meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut ini penjelasannya.

Manfaat rebung untuk kesehatan

Manfaat rebung untuk kesehatan memang berlimpah. Sehingga, jangan ragu lagi untuk mengonsumsinya. Lagipula, tidak semua sajian rebung beraroma menyengat, selama Anda mengolahnya dengan tepat. Berikut ini manfaat sayur rebung untuk kesehatan.

1. Mencegah berbagai penyakit

Rebung mengandung berbagai fitokimia (senyawa kimia alami dalam tanaman) yang bersifat antibakteri dan antivirus. Hal ini membuatnya bermanfaat untuk membantu mencegah masuknya penyakit ke tubuh.

2. Menjaga tekanan darah tetap sehat

Kalium atau yang dapat disebut juga dengan potasium, merupakan komponen penting dalam menjaga dan menurunkan tekanan darah. Kalium ini cukup banyak terkandung pada rebung.

3. Baik untuk diet

Jika melihat kandungan nutrisinya di atas, manfaat rebung yang satu ini sudah cukup jelas terlihat. Kandungan lemak, gula, dan sodiumnya yang rendah, menjadikan sebagai makanan diet yang ideal. Belum lagi kandungan seratnya yang bisa membantu Anda merasa lebih cepat kenyang, sehingga mengurangi porsi makan.

4. Melindungi jantung

Beberapa kandungan yang ada di dalam rebung, seperti fitosterol dan fitonutrien juga dinilai ideal untuk melarutkan kolesterol jahat (LDL) di tubuh. Dengan demikian, tumpukan kolesterol di pembuluh darah dan risiko terjadinya serangan jantung pun akan berkurang.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam sayur rebung membuatnya bisa memperkuat daya tahan tubuh. Rebung bambu juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berlebih.

6. Menyehatkan pencernaan

Manfaat rebung yang satu ini didapatkan dari kandungan seratnya yang cukup banyak. Serat sangatlah dibutuhkan untuk memperlancar proses pencernaan yang lancar dan sehat. Sehingga, makanan ini baik dikonsumsi saat Anda sedang susah buang air besar atau sembelit.

7. Meredakan masalah pernapasan

Secara tradisional, air rebusan rebung yang dicampur madu dipercaya dapat meredakan gangguan pernapasan. Namun, tidak ada penelitian yang dapat memastikan manfaat ini secara ilmiah. Sehingga, Anda tetap perlu berhati-hati.

Apabila Anda mengalami gangguan pernapasan, lebih baik hubungi dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

8. Menurunkan kolesterol

Kemampuannya dalam melarutkan kolesterol jahat, membuat sayur rebung dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan cara mengolahnya.

Apabila rebung diolah dengan bahan lain yang tinggi lemak, seperti santan atau jeroan sapi serta minyak yang banyak, maka manfaat ini bisa berkurang.

9. Mencegah kanker

Kandungan fitosterol di dalam rebung dinilai memiliki sifat antikanker, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya beberapa jenis kanker, seperti kanker paru, kanker lambung, kanker payudara, dan kanker ovarium. Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan manfaat rebung yang satu ini.

Nutrisi dalam sayur rebung

Mengapa rebung bisa begitu bermanfaat bagi kesehatan? Sayur yang berasal dari tunas bambu tersebut mengandung berbagai nutrisi berikut ini, dalam setiap 100 gramnya.

  • Lemak: 0,3 mg
  • Lemak jenuh: 0,1 mg
  • Natrium: 4 mg
  • Gula: 3 g
  • Kalori: 27
  • Protein: 2,6 g
  • Serat: 2,2 g
  • Kalsium: 13 mg
  • Zat besi: 0,5 mg
  • Kalium: 533 mg

Catatan dari SehatQ

Rebung memang makanan yang sehat dan dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Anda bisa mengonsumsinya sebagai makanan kaya serat yang baik untuk diet dan mengatasi sembelit, hingga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya dan jangan sampai makan rebung berlebihan. Sebab, bahan alami tetap saja bisa menyebabkan alergi pada beberapa orang. Selain itu, ada risiko-risiko kesehatan lainnya yang muncul apabila rebung tidak diolah dengan baik.

Jangan jadikan rebung sebagai satu-satunya solusi masalah kesehatan Anda. Jadikan pengetahuan di atas sebagai kemungkinan pendamping perawatan, di bawah pengawasan dokter.

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/other/health-benefits-of-bamboo-shoots.html
Diakses pada 23 Januari 2020

Better Health Channel. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ingredientsprofiles/Bamboo-shoots
Diakses pada 23 Januari 2020

Nutritional Value. https://www.nutritionvalue.org/Bamboo_shoots%2C_raw_nutritional_value.html
Diakses pada 23 Januari 2020

Artikel Terkait