Manfaat Quinoa yang Mungkin Belum Diketahui

(0)
23 Oct 2019|Anita Djie
Manfaat quinoa untuk kesehatan membuat quinoa disebut sebagai salah satu superfoodManfaat quinoa bagi kesehatan tidak hanya sebatas membantu menurunkan berat badan
Sekarang ini, masyarakat sudah mulai memperhatikan kesehatan dengan menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Pengaturan pola makan tidak hanya mengurangi kalori maupun mengatur asupan makanan agar sesuai dengan kalori harian, tetapi juga dalam hal pemilihan jenis makanan.Quinoa merupakan benih menyerupai biji-bijian yang sering dielu-elukan sebagai superfood yang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, manfaat quinoa tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi terdapat segudang manfaat quinoa bagi kesehatan Anda. Mari mengenal quinoa secara lebih jauh.

Berbagai macam manfaat quinoa untuk tubuh

Manfaat quinoa yang paling populer adalah sebagai makanan yang membantu penurunan berat badan. Akan tetapi, terdapat sederet manfaat quinoa lainnya yang penting untuk diketahui.
  • Membantu menurunkan berat badan

Manfaat quinoa yang paling populer tentunya adalah membantu menurunkan berat badan. Biji quinoa membantu  menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Namun, belum ada penelitian yang secara rinci meneliti efek quinoa terhadap penurunan berat badan.
  • Alternatif pilihan makanan penderita gluten-free

Bagi Anda yang menderita intoleransi gluten, Anda bisa menuai manfaat quinoa bebas gluten yang kaya nutrisi. Bahkan quinoa dapat menjadi pengganti karbohidrat yang tinggi gluten.
Manfaat quinoa adalah mampu meningkatkan metabolisme
  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Salah satu manfaat quinoa adalah membantu proses metabolisme dalam tubuh. Sebuah studi yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa penambahan quinoa dalam makanan tikus yang tinggi fruktosa membantu mencegah efek buruk dari fruktosa terhadap tikus. Meskipun demikian, riset lebih lanjut masih diperlukan.
  • Mengandung quercetin dan kaempferol

Quercetin dan kaempferol adalah dua senyawa antioksidan flavonoid yang membentuk salah satu manfaat quinoa bagi kesehatan. Kedua senyawa tersebut diyakini mampu mencegah peradangan berlebih, dan bahkan berpotensi mengatasi kanker.
  • Sumber serat

Quinoa mengandung kadar serat yang tinggi. Dalam 100 gram quinoa  terdapat kurang lebih 10-16 gram serat di dalamnya. Serat yang ada dalam quinoa dapat membantu membuat Anda lebih lama kenyang, mencegah diabetes, serta menurunkan berat badan.
Quinoa bisa menjadi alternatif makanan untuk penderita diabetes
  • Membantu mengontrol gula darah

Quinoa cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes karena memiliki kadar indeks glikemik yang rendah, yaitu 53. Meskipun demikian, kandungan karbohidrat dalam quinoa cukup tinggi dan karenanya kurang cocok untuk orang yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat.
  • Tinggi protein

Quinoa memiliki banyak kandungan asam amino yang lengkap yang berperan untuk membentuk protein. Quinoa bisa menjadi alternatif sumber protein bagi orang yang menerapkan pola makan vegetarian.Manfaat quinoa tidak hanya terletak pada kandungan asam aminonya, tetapi juga pada senyawa lysine yang berperan dalam sintesis protein. Selain itu, quinoa juga mengandung asam lemak omega-3.
  • Mengandung berbagai mineral

Manfaat quinoa bagi kesehatan tidak hanya karena kandungan serat dan protein yang tinggi, tetapi juga karena banyaknya senyawa mineral di dalamnya, seperti potasium, magnesium, zinc, mangan, dan zat besi. Senyawa-senyawa tersebut berperan penting dalam keseluruhan proses dalam tubuh.
Mengolah quinoa tidaklah sulit dan cepat dilakukan

Bagaimana mengolah quinoa?

Terdapat tiga jenis quinoa, yaitu quinoa merah, putih, dan hitam. Proses pengolahan yang tepat membantu Anda untuk bisa merasakan keseluruhan manfaat quinoa. Untungnya quinoa mudah untuk dimasak dan dicampurkan dengan hidangan lainnya. Memasak quinoa juga tidak memakan waktu yang lama, hanya sekitar 15-20 menit saja.Sebelum mengolah quinoa, Anda perlu mencuci quinoa untuk menghilangkan senyawa saponin yang berada di lapisan luar quinoa dan dapat memberikan rasa pahit pada quinoa. Namun, beberapa produk quinoa sudah mencucinya dari pabrik.Setelahnya, Anda dapat memanaskan dua cangkir atau 240 ml air di dalam panci sebelum memasukkan satu cangkir atau 170 gram quinoa dengan sejumput garam. Didihkan quinoa sekitar 15-20 menit. Setelahnya, Anda bisa mengonsumsi quinoa.

Bahaya di balik manfaat quinoa

Meskipun terdapat berbagai manfaat quinoa, tetapi terdapat lapisan saponin pada bagian luar quinoa yang tidak hanya membuat quinoa tidak terasa enak, tetapi juga berpotensi menimbulkan gangguan pencernaan atau iritasi pada perut dan pencernaan. Oleh karenanya, selalu cuci quinoa dengan air dingin sebelum dimasak dan dikonsumsi.
makanan sehatsuperfood
Ciencia e Tecnologia de Alimentos. http://www.scielo.br/pdf/cta/v31n1/35.pdf
Diakses pada 21 Oktober 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-quinoa
Diakses pada 21 Oktober 2019
Livescience. https://www.livescience.com/50400-quinoa-nutrition-facts.html
Diakses pada 21 Oktober 2019
Medical News Days. https://www.medicalnewstoday.com/articles/274745.php
Diakses pada 21 Oktober 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18448177
Diakses pada 21 Oktober 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2998641/
Diakses pada 21 Oktober 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10721886
Diakses pada 21 Oktober 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18467024
Diakses pada 21 Oktober 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18555853
Diakses pada 21 Oktober 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18287346
Diakses pada 21 Oktober 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait