Manfaat Putri Malu bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

(0)
28 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu manfaat putri malu adalah meredakan batukPutri malu ternyata punya manfaat kesehatan
Tumbuhan putri malu mungkin dianggap sebagai tanaman yang mudah ditemui di pinggir jalan atau pekarangan rumah. Namun, tahukah Anda ada manfaat putri malu bagi kesehatan yang membuatnya berpotensi dijadikan obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit?Putri malu (Mimosa pudica Linn) identik dengan daunnya yang akan ‘tertidur’ atau menguncup ketika disentuh. Daunnya ini berukuran kecil, namun tersusun rapi secara majemuk dengan letak daun berhadapan. Bagian atas daun berwarna hijau tua atau kemerahan, sedang bagian bawahnya berwarna lebih pucat.Tanaman ini juga memiliki bunga yang berbentuk bulat seperti bola, warnanya merah muda atau keunguan, dan bunga berbentuk seperti rambut. Bunga akan menutup seakan layu dan mati pada petang hari, tapi akan kembali mekar ketika terkena sinar matahari pagi atau siang hari.

Kandungan dan manfaat putri malu

Meski terlihat sederhana, ternyata putri malu sudah banyak diteliti oleh para peneliti dari Indonesia, Tiongkok, hingga Amerika, lho. Dari situ diketahui bahwa tumbuhan yang biasanya tumbuh merambat di atas tanah ini memiliki kandungan berupa senyawa alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, dan fenolik.Sementara itu, bagian daun, batang, dan akar putri malu juga kaya akan mimosin, tanin, alkaloid, dan saponin. Mimosin sendiri ialah salah satu asam amino hasil biosintetik turunan dari lysin yang berpotensi dimanfaatkan sebagai obat untuk menunjang kesehatan manusia.Hasil penapisan fitokimia pada putri malu juga menunjukkan adanya senyawa golongan polifenol, monoterpenoid, dan steroid. Berdasarkan kandungan-kandungan tersebut, manfaat putri malu yang berpotensi dioptimalkan sebagai obat tradisional adalah sebagai berikut:

Mencegah kerusakan ginjal

Penelitian yang dilakukan pada tikus laboratorium menunjukkan bahwa pemberian ekstrak putri malu dapat mencegah peningkatan kadar urea nitrogen darah (blood urea nitrogen atau BUN) dan kreatinin. Semakin tinggi kadar kreatinin dalam darah (lebih dari 2mg/dL), semakin tinggi risiko Anda mengalami kerusakan ginjal.Manfaat putri malu untuk menjaga kesehatan ginjal ini datang dari kandungan senyawa antioksidan yang ada di dalamnya. Antioksidan yang dimiliki oleh putri malu adalah golongan flavonoid, alkaloid, glikosida, terpenoid, kuinin, dan saponin.Tingginya kadar kreatinin dalam darah sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya dengan mengonsumsi paracetamol berlebihan. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) menganjurkan konsumsi obat pereda nyeri maupun demam ini tidak boleh lebih dari 4.000 mg/hari bagi orang dewasa dan anak di atas 12 tahun.

Meredakan batuk

Salah satu cara sederhana untuk mendapatkan manfaat putri malu adlah dengan merebus bagian akar, daun atau batangnya, kemudian diminum. Langkah itu dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, salah satunya ialah meredakan batuk (antitusif), ekspektoran (meluruhkan dahak), meredakan peradangan di tenggorokan maupun di saluran napas (bronkitis).Air rebusan putri malu juga diyakini dapat menurunkan demam yang mungkin menyertai batuk, terutama pada anak-anak. Putri malu juga kerap dijadikan obat alternatif untuk menyembuhkan cacingan pada anak.Selain manfaat putri malu di atas, penelitian juga menyebut tanaman ini bisa mengatasi masalah kesehatan lain, seperti radang mata akut, kencing batu, imsonia, dan herpes. Meski demikian, klaim ini masih butuh pembuktian lebih lanjut sebelum bisa dikonsumsi oleh manusia sebagai pengobatan pengganti obat dari dokter.

Tidak semua orang aman mengonsumsi obat dari putri malu

Meski memiliki banyak manfaat, putri malu sebaiknya tidak dikonsumsi sebagai obat tanpa sepengetahuan dokter. Pasalnya, penggunaan tanaman putri malu (terutama bagian akarnya) dalam dosis tinggi bisa mengakibatkan keracunan dan muntah-muntah.Wanita hamil juga tidak boleh minum ramuan yang mengandung tanaman putri malu karena bisa membahayakan janin. Ibu menyusui pun sebaiknya tidak melakukan hal yang sama karena zat dalam putri malu dikhawatirkan masuk ke air susu ibu yang dikonsumsi bayi.
tanaman obat
Repository UMY. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/17893/Bab%20II.pdf?sequence=4&isAllowed=y
Diakses pada 20 Juli 2020
E-Prints Undip. http://eprints.undip.ac.id/7855/1/Arif_Syaiful_Haq.pdf
Diakses pada 20 Juli 2020
Jurnal Unej. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/view/498
Diakses pada 20 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait