Manfaat Punya Banyak Teman dan Hubungannya dengan Kebahagiaan


Punya banyak teman mendatangkan berbagai manfaat bagi kesehatan mental. Namun, memiliki banyak teman tak selamanya berkaitan dengan kebahagiaan. Asalkan memilih orang yang tepat, teman bisa membawa kebaikan dalam hidup.

0,0
25 Jun 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Punya banyak teman mendatangkan berbagai manfaat bagi kesehatan mentalBersama teman, Anda bisa melakukan banyak hal menyenangkan
Punya banyak teman tentu menyenangkan. Bisa jalan-jalan bareng, upload konten Instagram, sampai staycation di tempat yang belum pernah Anda kunjungi. Teman juga ada ketika Anda butuh bantuan maupun tempat berbagi cerita. Manusia memang makhluk sosial yang membutuhkan keberadaan manusia lain di sekitarnya. Namun benarkah memiliki banyak teman belum tentu bahagia?

Manfaat memiliki banyak teman

Kebanyakan orang menganggap teman adalah bagian terpenting dalam hidup. Padahal tidak semua teman itu baik. Teman yang baik berkomunikasi secara terbuka, tidak segan mengatakan yang sebenarnya, meskipun  mereka berpikir Anda mungkin tidak menyukainya.Persahabatan yang sehat juga melibatkan dukungan timbal balik. Mereka mengharapkan bantuan Anda di saat membutuhkan dan juga sebaliknya.  Selain saling membantu, manfaat memiliki banyak teman di antaranya:

1. Tidak merasa kesepian

Kesepian dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik. Untuk itulah Anda harus fokus pada kualitas hubungan. Pertemanan biasa atau dangkal sering kali tidak memberikan banyak dukungan emosional. Teman yang baik akan membuat Anda terhindar dari rasa kesepian. Ketika Anda merasa sepi, Anda bisa tahu cara mengatasinya yaitu dengan berbicara, bercanda, dan menghabiskan waktu dengan teman.

2. Mengurangi stres

Setiap orang pasti memiliki masalahnya sendiri. Stres yang muncul akibat suatu masalah bisa saja ringan maupun berat. Jika Anda mengalami gangguan suasana hati, seperti cemas, depresi maupun mudah tersinggung, bisa jadi itu adalah gejala stres.Untungnya menurut penelitian, persahabatan yang kuat dapat membantu Anda mengatasi stres. Persahabatan yang baik juga efektif menurunkan peluang Anda menghadapi beberapa jenis stres.Ketika Anda tahu memiliki teman yang peduli dan selalu membantu, pemicu stres sering kali tidak memiliki kesempatan untuk berkembang dan memengaruhi Anda.

3. Punya dukungan emosional

Dengan memiliki teman yang selalu mendengarkan, artinya Anda dapat memvalidasi perasaan Anda. Validasi perasaan ini penting dalam hubungan antar manusia. Meskipun Anda memiliki pasangan romantis, tapi sebaiknya jangan memusatkan dukungan emosional hanya dari satu sumber saja. Mempertahankan persahabatan dengan orang selain pasangan bermanfaat bagi kesehatan emosional Anda juga. 

4. Pengembangan diri

Jika Anda ingin membuat perubahan positif dalam hidup atau memiliki kebiasaan yang ingin Anda hentikan, teman dapat membantu Anda melakukannya. Bisa jadi inilah alasan mengapa pertemanan dapat memperpanjang hidup. Salah satu cara teman membantu Anda berubah menjadi lebih baik adalah memberikan contoh yang baik. Misalnya, bersama-sama mengikuti challenge untuk olahraga 30 menit setiap hari. Dukungan dari teman ini dapat meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan peluang untuk sukses dan mencapai tujuan.

5. Punya rasa saling memiliki

Kita ingin semua orang tahu bahwa kehadiran kita penting bagi orang lain dan bahwa hidup kita memiliki tujuan. Faktanya, kebutuhan akan rasa memiliki menempati urutan ketiga dalam hierarki kebutuhan Maslow, tepat setelah kebutuhan dasar (makanan dan tempat tinggal) dan kebutuhan akan rasa aman.Memelihara persahabatan dapat membantu menumbuhkan perasaan memiliki. Pada saat yang sama, mengetahui bahwa Anda memiliki teman yang mendukung akan membuat Anda merasa lebih aman dalam hidup.

Punya banyak teman, apakah menjamin kebahagiaan?

Punya banyak teman dan interaksi sosial memang penting, tapi menemukan teman yang tepat juga penting. Interaksi sosial memengaruhi kualitas dan intensitas hubungan tersebut.Kita perlu berinteraksi satu sama lain tapi jangan sampai ketergantungan. Rasanya memang menyenangkan memiliki hubungan sosial yang kuat, tapi tak perlu menjadi sumber kelangsungan hidup atau bahkan kebahagiaan kita. Sederhananya, manusia tak perlu punya banyak teman.Selama ini, orang-orang menilai negatif terhadap orang yang terlihat tak memiliki teman. Apalagi ketika Anda merasa tak memiliki teman, pikiran negatif terhadap diri sendiri akan menyelimuti. Padahal masih banyak aspek positif yang bisa disikapi dalam hidup selain pertemanan.Anda bisa mendapatkan semua manfaat terkait dengan hubungan sosial hanya dengan memiliki kemampuan berinteraksi dengan orang lain, tapi tak perlu menjadi sahabat.
Untuk tahu lebih banyak tentang interaksi sosial dan hubungan pertemanan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
persahabatanmenjalin hubungan
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/friendships/art-20044860
Diakses pada 27 Mei 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-friendship
Diakses pada 27 Mei 2021.
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/comparatively-speaking/201905/why-you-dont-need-friends
Diakses pada 27 Mei 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait