Segudang Manfaat Prenatal Yoga yang bisa Didapatkan oleh Ibu Hamil

Ada banyak manfaat prenatal yoga yang bisa diraih ibu hamil
Prenatal yoga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil

Menginjak trimester ketiga kehamilan, ibu hamil dapat melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi persalinan. Salah satunya adalah prenatal yoga, yang dipercaya dapat memperlancar proses persalinan. Prenatal yoga juga dianggap memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh ibu hamil. Manfaat-manfaat apa saja yang bisa didapat dari yoga ini?

Manfaat prenatal yoga untuk ibu hamil

Prenatal yoga merupakan bentuk latihan yoga dan meditasi yang dirancang khusus untuk ibu hamil, di mana napas dan posisi tertentu digunakan untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Latihan yoga ini dipastikan aman dan memberikan banyak manfaat.

Berbeda dengan yoga biasa yang banyak melakukan posisi sulit, prenatal yoga menekankan pada gerakan pernapasan, peregangan, dan penguatan dalam membantu tubuh mempersiapkan kelahiran. Selain itu, prenatal yoga juga bisa membantu fisik Anda tetap aktif selama masa kehamilan. Adapun manfaat prenatal yoga untuk ibu hamil, yaitu:

  • Menurunkan tekanan darah

Jika Anda memiliki tekanan darah yang tinggi dalam masa kehamilan, maka prenatal yoga menjadi langkah yang tepat untuk Anda lakukan karena bisa membantu menurunkan tekanan darah. Detak jantung dan tekanan darah usai melakukan prenatal yoga bisa menjadi lebih rendah ketimbang latihan-latihan ringan lainnya, seperti berjalan kaki.

  • Mengurangi risiko keguguran dan kelahiran prematur

Prenatal yoga dapat membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik dan mencegah stres. Stres mampu meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur. Namun, dengan melakukan prenatal yoga, Anda bisa mencegah munculnya stres sehingga terhindar dari kedua risiko tersebut.

  • Menstabilkan suasana hati

Prenatal yoga yang mengombinasikan olahraga, meditasi, relaksasi, dan pernapasan mendalam secara signifikan dapat menurunkan tingkat depresi pada calon ibu. Suasana hati Anda menjelang persalinan pun akan menjadi lebih stabil sehingga membuat diri lebih tenang saat proses persalinan.

  • Menjaga berat badan

Seperti aktivitas fisik lainnya, prenatal yoga membuat ibu hamil tetap aktif dan membantu menjaga kenaikan berat badan dengan baik sebelum melahirkan. Kenaikan berat badan yang berlebih pada masa kehamilan, terutama menjelang persalinan, tentu bukan hal yang baik karena bisa menyulitkan proses persalinan. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena dengan melakukan prenatal yoga kenaikan berat badan akan menjadi lebih terkontrol.

  • Mempersiapkan kemampuan bersalin

Latihan pernapasan dalam prenatal yoga dapat menenangkan Anda ketika tiba saatnya bayi Anda akan keluar. Selain itu, gerakan peregangan dan penguatan juga dapat meningkatkan kemampuan persalinan dan pemulihan Anda karena setelah melakukan prenatal yoga, otot-otot menjadi lebih kuat dan lebih kencang untuk mendorong bayi keluar.

Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa ibu hamil yang melakukan prenatal yoga lebih sedikit merasakan sakit saat melahirkan ataupun setelahnya. Selain itu, proses kelahiran juga cenderung lebih cepat daripada ibu hamil yang tidak melakukan yoga ini.

Manfat-manfaat lain yang bisa didapat dari prenatal yoga, yaitu membuat kualitas tidur lebih baik, menurunkan nyeri punggung bagian bawah, menurunkan mual, mengurangi sakit kepala, dan menurunkan risiko janin lambat berkembang.

Apabila Anda tertarik melakukan yoga ini, namun tidak pernah yoga sebelumnya, Anda tidak perlu takut. Jika dokter kandungan Anda telah mengizinkan, tentu Anda bisa melakukannya. Gerakan-gerakannya pun cenderung tidak sulit. Oleh sebab itu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan Anda sebelum memutuskan untuk mengikuti prenatal yoga.

[[artikel-terkait]]

Tempat prenatal yoga

Anda tidak dianjurkan untuk melakukan prenatal yoga sendiri di rumah karena ada risiko salah gerakan sehingga malah jadi membahayakan bagi Anda dan janin. Oleh karena itu, Anda disarankan mengikuti kelas yoga dengan bantuan instruktur profesional yang akan memberi petunjuk mengenai posisi atau gerakan prenatal yoga.

Carilah program pelatihan prenatal yoga yang diajarkan oleh seorang instruktur. Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya Anda mengamati kelas prenatal yoga itu terlebih dahulu untuk memastikan kenyamanan Anda dengan kegiatan, gaya instruktur, ukuran kelas, dan lingkungan.

Lakukanlah prenatal yoga selama kurang lebih 30 menit. Jangan terlalu menekan diri Anda untuk terus melakukan latihan karena dapat menyebabkan kelelahan. Tujuan dari prenatal yoga adalah untuk membuat Anda rileks, jadi jangan terlalu keras dalam melakukannya.

Terlalu banyak gerakan peregangan perut dalam yoga juga tidak baik untuk wanita hamil. Jadi, Anda harus benar-benar memerhatikan hal ini. Jangan lupa pula untuk selalu berkonsultasi pada dokter mengenai kelas prenatal yoga yang Anda ambil.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/prenatal-yoga/art-20047193.
Diakses pada Juli 2019

What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/prenatal-yoga/
Diakses pada Juli 2019

American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/prenatal-yoga/
Diakses pada Juli 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed