Manfaat Playmat Bayi bagi Perkembangan Si Kecil

(0)
05 Aug 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Playmat bayi punya banyak manfaat bagi perkembangan bayiPlaymat bayi berbentuk potongan puzzle memiliki bentuk dan warna yang unik
Saat menjadi orangtua, pastinya Anda diharuskan untuk membuat berbagai pilihan yang terbaik bagi bayi Anda. Termasuk di antaranya adalah memilih berbagai barang atau perlengkapan yang dapat memberikan stimulasi dan merangsang perkembangan Si Kecil, baik untuk kemampuan fisik atau daya berpikirnya. Salah satu perlengkapan bayi yang dapat mendukung perkembangan tersebut adalah playmat bayi.

Apa itu playmat bayi?

Playmat bayi atau disebut juga sebagai play gym merupakan sejenis matras interaktif dengan warna-warni menarik yang digunakan bayi untuk bermain. Ada juga playmat yang dilengkapi dengan bermacam-macam benda atau peralatan untuk aktivitas bermain bayi.Alas bermain ini tersedia dalam berbagai jenis baik dari segi ukuran, bentuk, dan tema. Playmat dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman saat bayi bersantai, bermain, atau melakukan berbagai hal untuk mengembangkan kemampuan mereka.Berikut ini adalah sejumlah manfaat dari playmat bayi:

1. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata sekaligus keterampilan motorik

Playmat yang dibuat khusus untuk bayi kadang dilengkapi dengan berbagai benda yang dapat dijangkau Si Kecil. Beberapa di antaranya bahkan tersedia dalam bentuk yang lebih kecil, namun dilengkapi mainan di atasnya sehingga bayi Anda dapat menggunakan matras selama tummy time atau bermain dalam posisi tengkurap.Saat bayi mulai meraih, menggenggam, berbalik, dan menendang, mereka akan mengembangkan koordinasi tangan-mata dan keterampilan motorik mereka.

2. Merangsang indera bayi

Playmat bayi hadir dalam desain warna-warna yang kontras untuk menarik perhatian bayi. Pola ini dapat merangsang perkembangan visual mereka karena warna-warna yang cerah cerah akan terlihat menarik bagi mereka.Beberapa playmat bayi juga dilengkapi mainan yang dapat mengeluarkan suara dan musik yang dapat mengasah keterampilan indera pendengaran mereka. Demikian juga saat mendengar suara-suara yang dibuat ketika mereka memukul, meremas, menarik, atau menendang berbagai mainan, kain, atau barang-barang di sekitar mereka.Tekstur playmat bayi dan mainan yang terasa unik di tangan dan jari Si Kecil, juga akan memberikan stimulasi sensorik yang baik bagi mereka.

3. Menambah keberagaman dalam aktivitas harian

Playmat bayi dapat menyediakan permainan yang mengasyikkan dan menyenangkan dalam berbagai variasi. Hal ini memungkinkan bayi memiliki aktivitas yang beragam dan tidak membosankan sekaligus dapat meningkatkan perkembangan pada area yang digunakan untuk bermain.

4. Meningkatkan perkembangan kognitif

Selain mengembangkan indera bayi dan keterampilan motorik, bermain di playmat bayi juga dapat membantu perkembangan intelektual. Bayi akan memahami tentang sebab dan akibat dan meningkatkan pengetahuan mengenai pola, warna, bentuk, suara, imajinasi, dan penemuan diri.Hal Ini sangat penting untuk perkembangan kognitif bayi dan dapat membantu menjawab keingintahuan alami yang dimiliki bayi sehingga berguna bagi kemampuan pemecahan masalah dan pemikiran kritis saat mereka tumbuh dewasa.

Tips memilih playmat bayi

Dari sekian banyak jenis dan model playmat bayi, Anda harus memilih jenis playmat yang memiliki fitur keamanan yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan aktivitas bayi Anda. Tips dalam memilih playmat bayi yang aman adalah:
  • Busa atau playmat berlapis adalah pilihan yang bagus untuk bayi dan balita karena lembut, kenyal, dan cukup nyaman bagi mereka, baik saat bermain atau istirahat (tidur siang).
  • Playmat dari bahan kain adalah pilihan yang lebih baik untuk balita yang lebih tua karena bahannya yang lebih keras. Sebaiknya pilih jenis kain yang tidak mudah kusut atau bergeser saat diletakkan di lantai ketika digunakan oleh anak yang proaktif.
  • Pilih playmat bayi yang terbuat dari bahan organik dan tidak beracun. Jenis playmat ini sering kali menyertakan penutup katun dan memiliki interior berbahan dasar nabati, seperti gabus alami dan serat bambu.
  • Playmat harus bebas dari bahan-bahan berbahaya, seperti formamide, PVC, BPA, PBS, formaldehida, fire-retardant, phthalates, dan VOC.
Selain memperhatikan keamanannya, playmat bayi juga dapat dipilih berdasarkan modelnya sesuai dengan aktivitas bayi.Beberapa opsi playmat bayi yang dapat Anda pilih, antara lain playmat bayi yang dilengkapi mainan, playmat bayi berbentuk potongan puzzle, playmat bayi dengan tema tertentu (contohnya kolam bola atau hutan), playmat berbentuk tenda, playmat bayi yang dapat dibentuk menjadi bola, serta playmat bayi yang berfungsi sebagai bantalan perut atau selimut.
perlengkapan bayiperkembangan bayi
Babylist
https://www.babylist.com/hello-baby/best-playmats
Diakses 22 Juli 2020
Kippins
https://kippins.co/blogs/news/6-benefits-of-using-a-baby-play-gym
Diakses 22 Juli 2020
Foter
https://foter.com/how-to-choose-a-playmat
Diakses 22 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait