9 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil, Redakan Morning Sickness dan Stres


Manfaat pisang untuk ibu hamil tak boleh Anda abaikan. Selain menambah asupan zat besi, pisang juga dapat mencegah kelahiran prematur dan menambah energi.

(0)
03 Dec 2019|Azelia Trifiana
Manfaat pisang untuk ibu hamil yang morning sicknessBagi ibu hamil, aman-aman saja mengonsumsi satu atau dua buah pisang setiap harinya
Jika mengurutkan buah yang paling sering dikonsumsi ibu hamil, riset menempatkan pisang di urutan atas. Kandungan potasium, kalsium, dan nutrisi penting lainnya membuat manfaat pisang untuk ibu hamil sayang dilewatkan.Apalagi, pisang sangat mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau. Rasa pisang yang manis juga membuatnya disukai banyak orang. Bahkan pisang pun dapat diolah menjadi sajian lain seperti pisang kukus, pisang goreng, atau isian kolak.

Pisang aman dikonsumsi ibu hamil

Pantangan makan ibu hamil terkadang membuat ibu hamil harus berpikir dua kali sebelum menentukan apa yang masuk ke tubuhnya. Tentu saja, selama 9 bulan mengandung, ada janin yang harus dijaga betul kondisinya.Namun tenang saja karena pisang termasuk buah yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Justru, manfaat pisang untuk ibu hamil dapat menyehatkan tubuh sang ibu.Konsumsi pisang direkomendasikan langsung dalam bentuk buah ketika sudah matang. Jangan mengonsumsi pisang sebelum matang atau saat sudah terlalu matang.Mengonsumsi pisang dalam bentuk buah juga lebih baik ketimbang pisang yang sudah diproses seperti menjadi pisang goreng karena nutrisinya tidak lagi utuh.

Manfaat pisang untuk ibu hamil

Ibu hamil, tak ada salahnya menambah menu buah pisang dalam rangkaian makanan Anda sehari-hari karena manfaatnya yang baik untuk ibu maupun janin. Beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil adalah:

1. Menambah asupan zat besi

Terkadang kekurangan zat besi rentan menyebabkan anemia. Padahal bagi ibu hamil, janin harus mendapat aliran darah yang lancar untuk menjamin kesehatannya.Pisang mengandung zat besi yang dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh serta mengatasi anemia saat kehamilan. Artinya, pisang dapat membantu menjaga penghantaran nutrisi dan oksigen yang krusial bagi ibu hamil tetap terjaga.

2. Meredakan morning sickness

Trimester pertama kehamilan bisa jadi terasa melelahkan terutama bagi yang terus menerus merasakan morning sickness. Meski disebuh sebagai morning sickness, namun kenyataan tidak hanya terjadi di pagi hari saja. Rasa tidak nyaman yang ditandai mual, muntah, atau lemas ini bisa terjadi kapan saja.Ibu hamil yang kerap merasakan morning sickness bisa memilih pisang karena kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 dapat meredakan gejala morning sickness secara signifikan.

3. Mencegah kelahiran prematur

Kelahiran prematur hingga cacat lahir bawaan adalah momok bagi ibu hamil. Salah satu substansi yang mencegah kelahiran prematur dan cacat lahir bawaan adalah asam folat.Asam folat ini berperan dalam pembentukan otak serta sumsum tulang belakang bayi. Pisang sangat tinggi akan asam folat dan dapat mencegah masalah seperti kelahiran prematur hingga cacat lahir bawaan.

4. Saluran cerna lebih lancar

Kandungan serat dalam buah pisang juga sangat baik untuk pencernaan ibu hamil. Tak hanya itu, manfaat pisang untuk ibu hamil juga dapat membuang zat sisa karena mencegah terjadinya konstipasi atau buang air besar tidak lancar.Disarankan untuk mengonsumsi buah pisang satu kali sehari untuk menjaga lancarnya pencernaan, termasuk urusan ke toilet.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Memang ada paracetamol untuk ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi bila perlu. Namun jika bisa menjaga kekebalan tubuh dan tetap sehat, kenapa tidak?Buah pisang yang kaya akan vitamin C adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Mengonsumsi pisang secara berkala dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi.

6. Menambah energi

Jika Anda merasa lesu saat sedang hamil, coba konsumsi buah pisang. Bisa dibilang pisang adalah sumber energi instan berkat kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kandungan itu pula yang membuatnya terasa manis.

7. Meringankan kram kaki

Kalium di dalam pisang dapat membantu meringankan kram kaki yang kerap dikeluhkan oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Tak hanya itu saja, kalium juga berperan penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, serta membantu kinerja otot dan saraf.

8. Menangkal bahaya radikal bebas

Ibu hamil dianjurkan menerima asupan vitamin C sekitar 80-85 mg per hari. Kaya akan kandungan vitamin C, pisang dapat digunakan oleh ibu hamil sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, membentuk kolagen di dalam tulang, otot, tulang rawan, kulit dan pembuluh darah.Tak hanya itu saja, kandungan vitamin C dalam pisang juga bermanfaat untuk perbaikan jaringan dan penyembuhan luka.

9. Meredakan stres

Wajar jika bumil merasa stres karena ada begitu banyak perubahan yang dialaminya, mulai dari bentuk tubuh berubah, hormon berantakan, memikirkan persalinan, dan banyak lagi pemicunya.Terkait hal itu, manfaat pisang untuk ibu hamil berikutnya yang juga sayang dilewatkan adalah meredakan stres. Apalagi, pisang juga dapat mengurangi rasa cemas berlebih.Bagi ibu hamil, aman-aman saja mengonsumsi satu atau dua buah pisang setiap harinya. Anda bisa memakannya langsung atau untuk variasi yang sehat mengonsumsinya dengan oatmeal atau bersama yogurt dan madu.Meski demikian, ibu hamil yang menderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi pisang karena rentan meningkatkan kadar gula darah tubuh. Untuk amannya, konsultasikan dengan dokter kandungan.
makanan sehatmenjaga kehamilannutrisi ibu hamilmorning sickness
First Cry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-banana-during-pregnancy-health-benefits-and-more/
Diakses 26 November 2019
Huffington Post. https://www.huffingtonpost.ca/2013/01/24/pregnancy-foods_n_2536877.html
Diakses 26 November 2019
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/is-it-safe-to-eat-banana-during-pregnancy_00102368/#gref
Diakses 26 November 2019
Baby Center. https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/vitamin-c-in-your-pregnancy-diet_660
Diakses pada 30 Oktober 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant
Diakses pada 30 oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait