Manfaat Pink Noise untuk Bantu Tidur Nyenyak Malam Ini


Pink noise membawa frekuensi suara yang dalam dan rendah untuk membantu Anda bisa tidur lebih nyenyak. Beberapa bunyi yang termasuk pink noise adalah suara hujan dan desis hembusan angin.

0,0
14 Jun 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pink noise merupakan suara latar yang terdengar konstan dalam waktu yang cukup lamaMendengarkan pink noise akan membantu tidur Anda lebih lelap
Masalah sulit tidur bisa terjadi pada siapa pun. Tentunya banyak penyebab yang bisa terjadi hingga seseorang menjadi sangat sulit terlelap di malam hari. Hal ini pun membuat sebagian orang mencari cara untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, salah satunya dengan pink noise.Pink noise memang tidak sepopuler dengan white noise yang sering digunakan untuk membuat bayi lebih cepat tidur. Namun, suara-suara yang dalam dan rendah ini diklaim bisa membangkitkan rasa kantuk. Untuk lebih jelasnya, simak informasinya di bawah ini.

Mengenal pink noise

Pink noise merupakan suara latar yang terdengar konstan dalam waktu yang cukup lama. Suara ini bisa ada di frekuensi yang bisa didengar oleh telinga manusia. Namun, energinya tidak disampaikan secara merata.Sumber suara akan hadir dalam frekuensi yang rendah dengan bunyi yang dalam. Biarpun sumber suara mungkin terkesan mengganggu, telinga tidak akan menganggapnya sebagai gangguan. Malahan, gelombang suara yang terdengar bisa sangat lembut dan menenangkan.Berikut beberapa suara yang terdengar sebagai pink noise:
  • Desir daun terkena angin
  • Hujan deras
  • Hembusan angin
  • Detak jantung

Pink noise membantu tidur lebih lelap

Pink noise bisa mengurangi suara-suara lain yang mungkin mengganggu telinga manusia. Anda bisa sengaja tidak mendengar suara nyaring seperti klakson mobil, dengkuran orang tidur, atau suara pintu yang terbanting.Sebuah studi menemukan bahwa pink noise bisa menurunkan aktivitas otak dan membuat Anda bisa tidur lebih lelap. Anda pun bisa tidur lebih panjang dan bangun lebih segar pada keesokan harinya.Selain itu, suara jenis ini mampu meningkatkan daya ingat seseorang. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pink noise bisa membuat seseorang bisa mengingat lebih banyak hal. Namun, butuh penelitian lebih lanjut untuk menyimpulkan pernyataan ini.

Perbedaan pink noise dengan jenis bunyi-bunyian lain

Ada banyak bunyi-bunyian yang ada di dunia dan mereka memiliki warna yang berbeda-beda. Warna suara tersebut dikelompokkan berdasarkan intensitas dan energi yang dibawanya. Simak sejumlah warna yang bisa Anda temukan:

1. White noise

Warna suara yang satu ini terdengar paling menenangkan. Energi yang dibawanya pun sangat merata dengan intensitas yang sama. White noise akan menstimulasi otak manusia untuk menutupi suara-suara bising lain yang terdengar. Contoh white noise adalah bunyi kipas yang berputar, radio statis, suara desis mesin, suara hair dryer, dan lain sebagainya.

2. Pink noise

Berbeda dengan white noise, pink noise membawa energi yang lebih dalam dan rendah. Suara-suara rendah ini yang membuat otak manusia lebih tenang dan mudah mengantuk.

3. Brown noise

Suara jenis ini memiliki energi yang lebih tinggi dengan frekuensi yang lebih rendah. Hal tersebut membuat brown noise punya suara yang lebih dalam lagi. Jenis suara yang termasuk brown noise adalah gemuruh air terjun, guntur, dan raungan. Biarpun begitu, belum ada penelitian yang membuktikan brown noise bisa menyebabkan tidur seperti white dan pink noise.

4. Black noise

Sebenarnya, black noise menandakan tidak ada suara sama sekali atau keheningan total. Beberapa orang mencari keheningan total ini untuk membuatnya bisa tertidur pulas. Namun, Anda akan sulit menemukan black noise saat tinggal di kota besar. 

Catatan dari SehatQ

Menggunakan pink noise mungkin bisa membantu Anda tidur lebih lelap. Anda bisa mendengarkan suara hujan atau desiran dedaunan yang terhembus angin untuk memanfaatkan pink noise. Jika masih menemukan gangguan tidur pada malam hari, Anda disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang pink noise, serta cara memanfaatkannya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gangguan tidurkurang tidur
Healthline https://www.healthline.com/health/pink-noise-sleep
Diakses pada 28 Mei 2021
WebMD https://www.webmd.com/sleep-disorders/pink-noise-sleep
Diakses pada 28 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait