Manfaat Pijat Shiatsu, Apa yang Membedakan dengan Pijat Lainya?

Pijat shiatsu merilekskan otot-otot Anda
Pijat shiatsu membantu otot-otot tegang di tubuh Anda menjadi rileks

Jika aktivitas sehari-hari membuat Anda merasa stress, pegal dan membuat otot-otot menjadi tegang, pijat shiatsu mungkin bisa menjadi solusinya. Jenis pijat yang berasal dari Jepang ini dapat membuat Anda merasa rileks, menghilangkan stres, mengatasi kecemasan, depresi, dan dapat mengatasi ketegangan pada otot.

Pijat shiatsu bekerja ke seluruh tubuh dan memfokuskan pada area tubuh yang mudah terasa pegal. Selama proses pijat, terapis menggunakan telapak tangan dan ibu jari untuk memijat titik-titik tertentu di tubuh Anda. Tekanan dan pijatan yang hasilkan membuat Anda merasa rileks saat proses pemijatan berlangsung. Pijat shiatsu biasanya berlangsung selama 60 hingga 90 menit.

Manfaat pijat shiatsu:

  • Membuat Anda merasa tenang dan rileks

Pijat shiatsu merupakan jenis pijat yang bersifat tarapeutik (terapi) yang bagus untuk menghilangkan rasa cemas, sehingga saat proses pemijatan berlangsung Anda akan merasa tenang dan rileks karena tekanan dan denyut jari yang terapis lakukan membuat Anda merasa nyaman.

  • Menghilangkan rasa stres dan depresi

Jenis pijat asal Jepang ini memang terkenal untuk mengatasi stres. Hal ini dikarenakan pijat shiatsu mampu menyeimbangi, mempertahankan, dan memulihkan keseimbangan energi tubuh. Sehingga saat dan setelah melakukan pijat ini dapat menurunkan stres dan depresi.

  • Dapat meringankan sakit kepala

Menurut praktisinya, pijat shiatsu bertujuan untuk meningkatkan kesehatan seluruh tubuh dan dapat mempengaruhi sistem energi dalam tubuh. Ketika pijatan difokuskan ke titik-titik akupresur, maka sumbatan-sumbatan yang terjadi di sekitar kepala akan terbuka, sehingga dapat meringankan sakit kepala.

  • Mengatasi ketegangan pada otot

Pijat shiatsu terfokus pada aliran saraf dari ujung kaki hingga ujung kepala. Proses pemijatan ini didominasi dengan gerakan stretching, sehingga sangat cocok dilakukan untuk orang yang memiliki aktivitas yang dapat sehingga badan cepat merasa pegal. Gerakan pijatan ini dapat meredakan rasa sakit di bagian otot yang kaku atau tegang.

Jenis-jenis pijat lainnya yang baik untuk kesehatan

1. Pijat batu panas

Pijat batu panas merupakan jenis pijat yang sangat cocok untuk orang yang mengalami nyeri otot. Terapis menggunakan batu yang dipanaskan sebagai pengganti tangan untuk menciptakan sensasi hangat. Jenis pijatan ini dapat meredakan ketegangan otot, meningkatkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit dengan batu yang dipanaskan tersebut.

Selama proses pemijatan, batu yang dipanaskan diletakan di seluruh titik-titik tubuh Anda. Pijatan dilakukan dengan tekanan yang lembut dan proses pemijatan ini biasanya berlangsung kurang lebih 90 menit.

2. Pijat aromaterapi

Pijat aromaterapi adalah jenis pijat yang sangat cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan mood dan mengurangi stres. Pijatan ini menggabungkan tekanan lembut dengan penggunaan minyak esensial yang wangi untuk memberikan sensasi tenang. Pijatan ini dilakukan ke seluruh tubuh sambil menghirup minyak esensial melalui diffuser dan menyerap melalui kulit Anda. Pijatan ini dapat meredakan ketegangan otot dan meringankan rasa sakit.

3. Pijatan jaringan dalam

Jenis pijatan ini adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda yang memiliki masalah nyeri otot, pegal, cedera atau untuk menjaga keseimbangan tubuh. Selama pijatan jaringan dalam, terapis akan memijat dengan perlahan dan tekanan jari yang dalam untuk meredakan ketegangan dari lapisan otot. Pijatan ini akan berlangsung selama 60 hingga 90 menit.

4. Pijat refleksi

Pijat refleksi merupakan jenis pijatan yang paling banyak peminatnya. Jenis pijat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai atau memulihkan energi pada tubuh. Pijat refleksi menggunakan tekanan yang lembut untuk mengencangkan titik tekanan pada area tubuh, tangan hingga kaki. Pijatan ini berlangsung selama 30 hingga 60 menit sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda sedang nyeri otot, pegal, atau stres, pijat shiatsu atau jenis-jenis pijat di atas bisa Anda coba untuk mengatasi nyeri otot akibat beraktivitas. Sebelum melakukan pijat, Anda perlu cari tahu terlebih dahulu jenis pijat apa yang sesuai dengan permasalah tubuh Anda, karena semua pijatan memiliki manfaat dan proses yang berbeda-beda.

Catatan dari SehatQ

Pijat adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi otot tegang. Beberapa pijat seperti shiatsu dan refleksi dapat memberikan rasa rileks. Namun ada beberapa kondisi di mana seseorang tidak boleh menerima pijat, misalnya saat cedera tulang atau pengapuran tulang. Pastikan dengan dokter Anda bahwa Anda tidak memiliki gangguan tersebut ketika ingin melakukan pijat. Selamat mencoba.

Healthline. https://www.healthline.com/health/types-of-massage

Diakses 19 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/deep-tissue-massage

Diakses 19 Maret 2020

Artikel Terkait