Pijat punggung punya banyak manfaat bagi kesehatan
Ilustrasi pijat punggung yang dilakukan terapis profesional

Sebagian besar orang Indonesia pasti tidak asing dengan pijat punggung. Jenis pijat ini memiliki risiko cedera yang rendah sehingga Anda tidak perlu khawatir saat mencobanya.

Untuk mendapatkan manfaat pijat secara optimal, pastikan Anda dipijat oleh terapis dan profesional yang berpengalaman dan memiliki pendidikan khusus. Mereka dapat mengenal otot yang bermasalah dan cedera fisik yang Anda alami.

Manfaat pijat punggung

Selain dapat menghilangkan pegal, pijat punggung juga dapat memberikan efek relaksasi dan membuat Anda merasa nyaman. Tidak hanya itu, berikut manfaat pijat punggung yang bisa Anda dapatkan.

1. Melancarkan aliran darah

Pijat dapat melancarkan sirkulasi darah. Aliran darah yang lancar akan membawa nutrisi yang dibutuhkan otot dan jaringan tubuh. Proses tersebut akan membantu pemulihan nyeri otot dan cedera jaringan lunak akibat melakukan aktivitas tertentu.

2. Meredakan ketegangan di bagian atas punggung

Pijat punggung bermanfaat untuk merelaksasi dan meningkatkan fleksibilitas otot. Rasa sakit akibat otot-otot yang tegang pun ikut berkurang. Pijat punggung, terutama bagian atas, juga dapat meredakan sakit kepala akibat migrain.

Selain itu, aktivitas yang berulang-ulang dan otot bagian atas yang tidak terlalu kuat dapat menyebabkan iritasi dan ketegangan yang menyebabkan nyeri. Rasa sakit yang terjadi di bagian leher maupun bahu tersebut dapat dikurangi dengan pijat punggung.

3. Meredakan nyeri punggung bawah

Pijat punggung dapat membantu meringankan sakit punggung bagian bawah. Otot-otot punggung bagian bawah dapat mengalami ketegangan akibat aktivitas tertentu maupun gerakan mendadak yang bisa membahayakan otot, seperti berolahraga terlalu keras, duduk terlalu lama, maupun terjatuh.

Saat otot punggung bagian bawah tertarik atau sobek, area di sekitar otot mengalami peradangan sehingga menyebabkan otot punggung mengalami kejang dan menimbulkan rasa sakit di area punggung bawah. Pada kasus yang lebih parah, kondisi ini menyebabkan Anda kesulitan bergerak akibat nyeri yang ditimbulkan.

4. Mengatasi osteoarthritis tulang belakang

Radang sendi atau osteoarthritis pada tulang belakang merupakan kerusakan tulang rawan yang terjadi di antara sendi facet di bagian tulang belakang. Penyakit ini biasanya akan menyebabkan rasa nyeri di punggung.

Pijat punggung dapat membantu mengurangi nyeri osteoartritis tulang belakang tersebut dengan meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mengurangi stres dan ketegangan otot.

Sebagai catatan, tidak semua terapis dapat mengatasi permasalahan ini. Jika Anda memiliki permasalahan osteoartritis tulang punggung, carilah terapis profesional yang terlatih secara khusus dalam menangani penyakit radang sendi.

5. Mengatasi fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami nyeri di sekujur tubuh dan disertai rasa lelah, tubuh terasa kaku, hingga kesulitan tidur. Rasa nyeri akibat penyakit fibromyalgia umumnya berpusat pada satu titik tertentu sebelum akhirnya meluas ke seluruh tubuh.

Pijat punggung dapat mengatasi rasa nyeri dari titik pusat penyakit fibromyalgia dan di titik-titik di mana rasa sakit tersebut menyebar pada seluruh tubuh.

6. Mengurangi kecemasan

Tak hanya bermanfaat secara fisik, pijat juga berfungsi mengurangi gangguan kecemasan dan meningkatkan suasana hati. Produksi endorfin, yaitu hormon yang menimbulkan perasaan senang, akan semakin meningkat ketika dipijat.

Kondisi ini turut mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan, terutama pada mereka yang memiliki masalah punggung atau leher kronis.

Sekali lagi, manfaat di atas hanya bisa didapat melalui pijatan terapis profesional yang memang sudah terlatih dalam pijat punggung ini. Jika Anda ingin mencobanya, silakan kunjungi pusat-pusat pijat yang memiliki terapis-terapis tersebut.

Spine Health.
https://www.spine-health.com/wellness/massage-therapy/can-massage-help-your-back-problem
Diakses pada 17 April 2020

Spine Health.
https://www.spine-health.com/wellness/massage-therapy/massage-therapy-lower-back-pain
Diakses pada 17 April 2020

Leaf TV.
https://www.leaf.tv/4420998/back-massage-benefits/
Diakses pada 17 April 2020

Artikel Terkait